Sukses

10 Kebiasaan Buruk Penyebab Jerawat Makin Banyak, Segera Hindari

Hindari beberapa kebiasaan buruk yang justru membuat kondisi jerawat semakin banyak.

Liputan6.com, Jakarta Jerawat merupakan masalah kulit yang terjadi ketika folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Kondisi ini umumnya ditandai dengan munculnya bintik-bintik pada beberapa bagian tubuh seperti wajah, leher, punggung, dan dada. 

Jerawat dapat merusak penampilan seseorang. Tak heran, banyak orang yang ingin menghilangkannya segera agar kondisi kulit wajah kembali normal. Berbagai tindakan cara menghilangkan jerawat pun dilakukan tanpa memerhatikan benar dan salahnya.

Tanpa disadari, ada beberapa kebiasaan buruk yang justru membuat kondisi jerawat semakin banyak. Hal ini dikarenakan kebiasaan salah yang sering dilakukan, baik untuk menghilangkan jerawat atau kebiasaan sehari-hari yang tanpa sadar dapat membuatnya semakin parah.

Tak ingin kondisi jerawat semakin banyak dan parah, maka kamu perlu mengetahui kebiasaan buruk yang dapat membuat jerawat semakin banyak. Berikut kebiasaan buruk penyebab jerawat makin banyak yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (13/3/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Kebiasaan Buruk Penyebab Jerawat Makin Banyak

Tidak Mencuci Wajah dengan Bersih

Kebiasaan buruk penyebab jerawat makin banyak pertama adalah tidak mencuci wajah dengan bersih. Wajah dengan makeup perlu dibersihkan ketika kamu sudah selesai dengan aktivitas mu.

Pastikan kamu selalu membersihkan wajah setelah beraktivitas atau mengenakan makeup pada wajah. Bersihkan wajah secara maksimal. Kamu bisa menghilangkan riasan di wajah terlebih dahulu untuk menghilangkan makeup, lalu mencuci wajah dengan sabun wajah yang cocok untuk mengangkat kotoran-kotoran yang masih menempel.

Memegang Area Wajah yang Berjerawat

Orang dengan jerawat kerap merasa tidak nyaman dengan keberadannya. Kondisi ini membuat sebagian orang sering menyentuh jerawat yang ada di wajah. Padahal, tanpa disadari sepanjang hari tangan bersentuhan dengan ribuan bakteri dan tidak bisa mencuci tangan setiap saat.

Tangan kotor yang menyentuh wajah terutama jerawat, akan mentransfer bakteri, minyak, dan partikel kotoran ke wajah, sehingga jerawat akan muncul lebih banyak.

3 dari 6 halaman

Kebiasaan Buruk Penyebab Jerawat Makin Banyak

Menggunakan Makeup yang Tidak Sesuai

Jenis kulit wajah setiap orang berbeda-beda, mulai kering, berminyak, lembap, sensitif, dan lain sebagainya. Pemilihan jenis makeup yang sesuai dengan jenis kulit akan memperkecil risiko jerawat semakin parah.

Kebalikannya, penggunaan produk makeup yang tidak sesuai dengan jenis kulit wajah justru akan memperparah kondisi jerawat. Untuk itu, penting mengenali jenis kulit agar tak salah memilih produk makeup.

Mengeringkan Wajah Tidak dengan Handuk yang Berbeda

Setelah mandi dan cuci muka, kebiasaan buruk yang sering dilakukan adalah mengeringkan wajah dengan handuk yang sudah dipakai sebelumnya. Hindari kebiasaan buruk tersebut dengan memisahkan handuk wajah dengan handuk badan. Hal ini berguna agar wajahmu tetap bersih dan tidak membuat jerawat makin banyak.

 

4 dari 6 halaman

Kebiasaan Buruk Penyebab Jerawat Makin Banyak

Jarang Keramas

Jarang keramas merupakan salah satu kebiasaan buruk yang dapat membuat jerawat makin banyak. Jangan sampai melewatkan keramas, terutama bagi kamu yang memiliki rambut berminyak.

Sebab minyak pada kulit rambut dapat meresap ke wajah, sehingga membuat jerawat semakin banyak. Usahakan kamu mencuci rambut setiap hari untuk mencegah kelebihan minyak pada wajah, terumata pada bagian dahi.

Tidak Membersihkan Wajah yang Berkeringat

Ada beragam aktivitas yang membuat kamu memproduksi keringat lebih banyak dari biasanya. Bukan hanya tubuh, wajah sering kali juga berkeringat. Ketika wajah berkeringar, pastikan kamu tidak membiarkan keringat begitu saja. Terlebih bagi kamu yang sedang berjerawat. Keringat yang mengering di wajah akan membuat jerawat semakin banyak.

 

5 dari 6 halaman

Kebiasaan Buruk Penyebab Jerawat Makin Banyak

Mencuci Wajah dengan Kasar

Kebiasaanmu bersemangat ingin menghilangkan jerawat di wajah, membuatmu sering mencuci wajah secara kasar. Padahal menggosok kulit wajahmu dengan keras bisa menyebabkan iritasi yang signifikan dan dapat memperburuk wajah yang berjerawat.

Mencuci Wajah Terlalu Sering

Mencuci wajah dengan sabun pembersih merupakan salah satu cara untuk membersihkannya secara maksimal. Tak jarang orang kerap membersihkan wajah terlalu sering untuk menghilangkan jerawat.

Namun, kebiasaan terlalu sering mencuci wajah dengan sabun pembersih terlalu sering justru dapat memperburuk jerawat yang sudah ada. Sebaiknya kamu mencuci wajah tidak lebih dari tiga kali dalam sehari. Waktu yang baik untuk mencuci wajah adalah pagi hari saat bangun tidur dan malam hari sebelum tidur.

6 dari 6 halaman

Kebiasaan Buruk Penyebab Jerawat Makin Banyak

Memencet Jerawat

Apabila wajah muncul jerawat, hindari kebiasaan memencet untuk menghilangkannya. Kebiasaan ini dapat menyebabkan peningkatan kemerahan karena mengeluarkan nanah lebih dalam pada wajah. Jauhkan kebiasaan buruk ini. Pastikan jauhkan tangan kotormu dari wajah berjerawat.

Mengoleskan Krim Jerawat

Ketika ada jerawat di wajah, sebagian orang kerap ingin menghilangkannya dengan mengoleskan krim khusus. Ada yang berpikiran bahwa dengan hanya mengoleskan krim atau obat anti-jerawat pada bagian jerawatnya saja akan menghilangkannya dengan maksimal.

Namun, ternyata cara tersebut adalah kesalahan. Untuk mencegah jerawat menyebar, alangkah baiknya kamu mengikuti pola saat mengoleskan krim anti jerawat. Pola mengoleskan krim pada wajah gunakan telunjuk membuat lingkaran pada mata, untuk wajah kamu bisa melakukan gerakan ke atas melawan gravitasi, jangan tarik wajahmu ke bawah.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.