Sukses

Contoh Daftar Riwayat Hidup yang Simpel dan Menarik, Simak Pula Unsur-Unsurnya

Daftar riwayat hidup merupakan salah satu dokumen yang dibutuhkan saat akan melamar pekerjaan.

Liputan6.com, Jakarta Mengetahui contoh daftar riwayat hidup dapat menjadi acuan anda menulis daftar riwayat hidup yang simpel dan menarik. Daftar riwayat hidup merupakan salah satu dokumen yang dibutuhkan saat akan melamar pekerjaan atau magang. Biasanya daftar riwayat hidup digunakan untuk menyertai surat lamaran kerja.

Secara sederhana, daftar riwayat hidup atau curriculum vitae adalah dokumen yang menginformasikan tentang kualifikasi dan informasi pribadi seorang pencari kerja. Informasi yang dimasukan dalam daftar riwayat hidup meliputi data pribadi, tingkat pendidikan, prestasi, keterampilan, pengalaman kerja, dan lain-lain.

Daftar riwayat hidup merupakan dokumen yang fungsinya untuk mengenalkan diri terhadap pihak pemberi kerja atau perusahaan. Untuk itu, daftar riwayat hidup harus dibuat dengan semenarik mungkin dan menulis detail mengenai kualifikasi anda.

Berikut ini ulasan mengenai contoh daftar riwayat hidup dan unsur-unsurnya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (15/2/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengenal Daftar Riwayat Hidup

Seperti yang telah dijelaskan di atas, daftar riwayat hidup adalah dokumen yang berfungsi untuk mengenalkan diri atau memberikan gambaran tentang diri Anda dan biasanya digunakan sebagai alat mempromosikan diri pada sebuah perusahaan. Biasanya daftar riwayat hidup atau CV dilampirkan bersamaan dengan surat lamaran kerja.

Daftar riwayat hidup berbeda dengan resume. Perbedaan daftar riwayat hidup atau CV dengan resume terletak pada isi dan tujuan penulisannya. Untuk itu, Anda perlu membaca dengan teliti ketentuan persyaratan dokumen melamar kerja yang diminta oleh perusahaan tempat Anda melamar. Sebab CV merupakan riwayat hidup secara lengkap, maka isi informasi yang tertuang di dalamnya lebih banyak ketimbang resume. Isi resume juga disesuaikan dengan posisi pekerjaan yang akan dilamar. Sementara pada CV, karena CV adalah daftar riwayat hidup, maka konten yang ada di dalamnya harus lengkap dan berurutan, yakni mulai dari riwayat akademis hingga pencapaian pekerjaan.

3 dari 3 halaman

Contoh Daftar Riwayat Hidup dan Unsur-Unsurnya

Setelah mengenal apa itu daftar riwayat hidup, berikut ini terdapat beberapa contoh daftar riwayat hidup dan unsur-unsurnya yang dapat anda jadikan acuan, antara lain:

1. Data Diri

Hal pertama yang dicantumkan dalam daftar riwayat hidup ada data diri. Data diri ini berisi:

a. Nama lengkap;

b. Tempat tanggal lahir;

c. Alamat;

d. Umur;

e. Agama;

f. Status;

g. Jenis kelamin;

h. Surat elektronik atau email;

i. dan nomor telepon genggam.

Tulis dengan jelas dan lengkap agar perusahaan dengan mudah dapat mengenal dan menghubungi kamu.

2. Riwayat Pendidikan

Unsur berikutnya tak kalah penting, yaitu berisi riwayat pendidikan. Tulisan riwayat pendidikan dari jenjang paling rendah ke paling tinggi. Jangan lupa, cantumkan tahun masuk dan tahun lulus, pada setiap jenjang pendidikan.

3. Pengalaman Bekerja

Kemudian pengalaman kerja, hal ini cukup vital dan boleh dibilang akan menjadi perhatian utama sebuah perusahaan. Pasalnya, perusahaan akan melihat sejauh mana pengalaman si pelamar dalam dunia kerja. Semakin banyak pengalaman dicantumkan, impresi yang didapat akan positif. Serupa dengan riwayat pendidikan, jangan lupa untuk mencantumkan tahun yang menerangkan waktu awal dan akhir bekerja. Lebih baik lagi, jika ditambah keterangan waktu bulan.

4. Keterangan Lain-Lain

Umumnya, keterangan lain ini adalah informasi yang tidak dapat dimuat pada ketiga unsur sebelumnya. Misalnya, pendidikan non formal, seminar, organisasi yang pernah diikuti, sampai kemampuan yang dikuasai. Namun, usahakan unsur ini diisi pada contoh daftar riwayat hidup anda dengan keterangan relevan sesuai bidang pekerjaan yang hendak dilamar.

5. Tambahkan profile media sosial dan LinkedIn

Tidak lupa menambahkan link media sosial dan profil LinkedIn ke dalam contoh daftar riwayat hidup anda. Sayangnya, masih banyak orang yang melewatkannya. Banyak perekrut yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang diri anda, selain dari contoh daftar riwayat hidup yang telah dikirimkan. Faktanya, sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa memiliki profil LinkedIn yang komprehensif dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan wawancara kerja sebesar 71%.

6. Keterangan Tempat, Waktu Surat, dan Tanda Tangan

Terakhir, isi daftar riwayat hidup dengan keterangan tempat dan waktu ketika surat ditulis. Serta tanda tangan si pelamar. Hal ini menujukkan bukti bahwa anda secara sah sudah menulis contoh daftar riwayat hidup ini secara jujur dan tanpa ada paksaan.Setelah mengetahui unsur-unsur daftar riwayat hidup, berikut ini ada salah satu contoh daftar riwayat hidup yang dapat menjadi acuan untuk anda sebagai pemula, yaitu:

                                                  DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

1. Nama lengkap:

2. Tempat tanggal lahir:

3. Alamat:

4. Umur:

5. Agama:

6. Status:

7. Jenis kelamin:

8. Email:

9. Nomor HP:

Pendidikan formal:

1. SD:

2. SMP:

3. SMA:

4. Universitas:

Pengalaman Organisasi:

1. Anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kreasistik tahun 2003 sampai dengan sekarang (misal)

Minat dan Bakat:

1. Membaca

2. Menulis

3. Desain Grafis

4. Mengelola Web Blog  

 

Hormat Saya 

(Nama Lengkap)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.