Sukses

Pengertian Hipotesis adalah Dugaan Awal atau Prediksi, Pahami Fungsi dan Manfaatnya

Hipotesis memiliki peranan penting dalam sebuah penelitian.

Liputan6.com, Jakarta Apa itu hipotesis? Memahami pengertian hipotesis adalah sesuatu yang dianggap benar tetapi masih membutuhkan pembuktian. Hipotesis memiliki peranan penting dalam sebuah penelitian.

Dalam buku berjudul Metode Penelitian untuk Bisnis oleh Dorothy Rouly H. Pandjaitan dan Aripin Ahmad, hipotesis adalah harus sesuai fakta, bisa diuji, memiliki hubungan, sederhana, dan sesuai dengan ilmu pengetahuan.

“Hipotesis harus bisa diuji dengan nalar, baik dengan memberi alasan sesuai fakta ataupun menggunakan alat-alat yang berkaitan,” dijelaskan.

Pada pemaknaan yang sederhana, hipotesis adalah dugaan awal atau prediksi. Dalam buku berjudul Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif oleh Darwin, dkk mengutip dari Fraenkel dan Wallen, pengertian hipotesis adalah prediksi atas kemungkinan hasil dari suatu penelitian.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang pengertian hipotesis, pengertian hipotesis menurut para ahli, fungsi, dan manfaatnya, Kamis (10/2/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Hipotesis

Memahami hipotesis adalah memiliki bentuk tidak baku “hipotesa.” Pengertian hipotesis adalah sesuatu yang dianggap benar tetapi masih membutuhkan pembuktian. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan pengertian hipotesis adalah sesuatu yang dianggap benar untuk alasan.

“Pengertian hipotesis adalah sesuatu yang dianggap benar untuk alasan atau pengutaraan pendapat (teori, proposisi, dan sebagainya) meskipun kebenarannya masih harus dibuktikan atau anggapan dasar,” dijelaskan.

Pada pemaknaan yang sederhana, hipotesis adalah dugaan awal atau prediksi. Dalam buku berjudul Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif oleh Darwin, dkk mengutip dari Fraenkel dan Wallen, pengertian hipotesis adalah prediksi atas kemungkinan hasil dari suatu penelitian.

Asal usul istilah hipotesis adalah berasal dari kata hypo dan thesis. Istilah “hipo” memiliki arti kurang dari dan istilah “thesis” memiliki arti pendapat. Ahli dalam bidang ini, Margono menyimpulkan pengertian hipotesis adalah pendapat atau kesimpulan yang bersifat sementara.

3 dari 5 halaman

Pengertian Hipotesis Menurut Para Ahli

1. Pengertian Hipotesis Menurut Dantes (2012)

Pengertian hipotesis adalah praduga atau asumsi yang harus diuji melalui data atau fakta yang diperoleh dengan melalui penelitian.

2. Pengertian Hipotesis Menurut Prof. Dr. S. Nasution

Pengertian hipotesis adalah dugaan tentang apa yang kita amati dalam upaya untuk memahaminya.

3. Pengertian Hipotesis Menurut Best, John W, Kahn, James V (2003: 11)

Pengertian hipotesis adalah pernyataan afirmatif formal yang memprediksi hasil penelitian tunggal, penjelasan sementara atau hubungan antara dua atau lebih variabel”.

4. Pengertian Hipotesis Menurut Sudjana (2005)

Pengertian hipotesis adalah asumsi atau dugaan sementara mengenai hal yang dibuat guna menjelaskan suatu hal yang sering dituntut untuk melakukan pengecekan.

5. Pengertian Hipotesis Menurut Suharsimi Arikunto

Pengertian hipotesis adalah jawaban yang sifatnya masih sementara terhadap suatu permasalahan penelitian sampai terbukti melalui data-data yang terkumpul.

6. Pengertian Hipotesis Menurut Sugiyono (2009)

Pengertian hipotesis adalah jawaban yang masih bersifat sementara terhadap rumusan masalah penelitian, yang mana rumusan masalah penelitian sudah dinyatakan dalam bentuk pertanyaan.

7. Pengertian Hipotesis Menurut Nanang Martono (2010: 57)

Pengertian hipotesis adalah jawaban sementara yang kebenarannya harus diuji atau rangkuman kesimpulan secara teoritis yang diperoleh melalui tinjauan pustaka.

8. Pengertian Hipotesis Menurut James E Greighton

Pengertian hipotesis adalah dukungan tentative atau sementara yang memprediksi situasi yang akan diamati.

9. Pengertian Hipotesis Menurut Good & Scates (1954)

Pengertian hipotesis adalah taksirani yang dirumuskan dan diterima untuk sementara serta bisa menerangkan fakta-fakta atau kondisi-kondisi yang diamati dan dipakai sebagai petunjuk untuk langkah-langkah selanjutnya.

10. Pengertian Hipotesis Menurut Lungberg

Pengertian hipotesis adalah generalisasi yang bersifat tentative, sebuah generalisasi tentative yang valid yang masih arus diuji.

11. Pengertian Hipotesis Menurut Goode dan Han

Pengertian hipotesis adalah proposisi yang harus dimasukan untuk menguji dan menentukan validitas, sebuah hipotesis menyatakan apa yang akan dicari.

 

4 dari 5 halaman

Pengertian Hipotesis Menurut Para Ahli Selanjutnya

12. Pengertian Hipotesis Menurut Nachmias

Pengertian hipotesis adalah jawaban tentative terhadap masalah-masalah penelitian. Jawaban itu dinyatakan dalam hubungan dalam bentuk variabel bebas dan terikat.

13. Pengertian Hipotesis Menurut Kerlinger (1973)

Pengertian hipotesis adalah pernyataan dugaan hubungan antara 2 variabel bahkan lebih. Pengertian hipotesis adalah pernyataan yang masih lemah tingkat kebenaran yang masih perlu diuji dengan menggunakan teknik atau penelitian tertentu.

14. Pengertian Hipotesis Menurut Gay, Mills, Airasian (2009: 71)

Pengertian hipotesis adalah proposisi atau dugaan belum terbukti bahwa tentatif menjelaskan fakta atau fenomena, serta kemungkinan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan penelitian.

15. Pengertian Hipotesis Menurut Erwan Agus Purwanto dan Dyah Ratih Sulistyastuti (2007: 137)

Pengertian hipotesis adalah pernyataan atau tuduhan bahwa sementara masalah penelitian yang kebenarannya masih lemah (belum tentu benar) sehingga harus diuji secara empiris.

16. Pengertian Hipotesis Menurut Mundilarso

Pengertian hipotesis adalah pernyataan yang masih lemah tingkat kebenaran yang masih harus diuji dengan menggunakan teknik tertentu.

17. Pengertian Hipotesis Menurut Kerlinger (1973)

Pengertian hipotesis adalah pernyataan dugaan hubungan antara dua variabel atau lebih.

18. Pengertian Hipotesis Menurut Bruce W. Tuckman (1972: 75)

Pengertian hipotesis adalah ekspektasi tentang berdasarkan generalisasi dari hubungan yang diasumsikan antara variabel.

19. Pengertian Hipotesis Menurut Suryabrata (2000)

Pengertian hipotesis adalah deduksi dari teori ilmiah (penelitian kuantitatif) dan merupakan kesimpulan sementara sebagai hasil observasi untuk menghasilkan teori baru (penelitian kualitatif).

20. Pengertian Hipotesis Menurut Zikmund (1997: 112)

Pengertian hipotesis adalah proposisi atau dugaan belum terbukti bahwa tentatif menjelaskan fakta atau fenomena, serta kemungkinan jawaban atas pertanyaan dari penelitian.

21. Pengertian Hipotesis Menurut Mundilarso

Pengertian hipotesis adalah pernyataan yang masih lemah (belum dapat di buktikan secar signifikan) tingkat kebenaran yang masih perlu diuji dengan menggunakan teknik tertentu.

22. Pengertian Hipotesis Menurut A Muri Yusuf (2005: 163)

Pengertian hipotesis adalah kesimpulan sementara yang belum final; suatu jawaban sementara; suatu dugaan sementara; yang merupakan konstruk peneliti terhadap masalah penelitian, yang menyatakan hubungan antara dua variabel atau lebih. Kebenaran dugaan tersebut harus dibuktikan melalui penyelidikan ilmiah.

5 dari 5 halaman

Fungsi dan Manfaat Hipotesis

Apa saja fungsi dan manfaat dari hipotesis? Fungsi hipotesis adalah paling utama sebagai petunjuk arah dalam sebuah penelitian. Dalam buku berjudul Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas, dan Studi Kasus oleh Muh. Fitrah dan Luthfiyah, ada empat fungsi hipotesis. Ini penjelasannya:

1. Fungsi hipotesis adalah sebagai arahan dalam penelitian, berguna untuk mencegah pengumpulan data yang tidak relevan atau berkaitan dengan hal yang sedang diteliti.

2. Fungsi hipotesis adalah untuk menambah kepekaan peneliti terhadap permasalahan penelitian.

3. Fungsi hipotesis adalah memungkinkan peneliti untuk lebih memahami permasalahan yang diteliti.

4. Fungsi hipotesis adalah digunakan sebagai sebuah kerangka untuk meyakinkan peneliti.

Lalu apa manfaatnya? Dalam buku berjudul Hipotesis dan Variabel Penelitian oleh Dodiet Aditya Setyawan, ada empat manfaat hipotesis. Ini penjelasannya:

1. Fungsi hipotesis adalah untuk memberi batasan serta memperkecil jangkauan penelitian.

2. Fungsi hipotesis adalah untuk membantu mengarahkan peneliti pada kondisi fakta serta hubungan antarfakta.

3. Fungsi hipotesis adalah sebagai alat untuk memfokuskan fakta menjadi satu kesatuan utuh.

4. Fungsi hipotesis adalah sebagai panduan untuk menguji serta menyesuaikan fakta dan antarfakta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.