Sukses

Contoh Teks Pidato Persuasif, Pahami Strukturnya

Salah satu contoh teks pidato persuasif adalah pidato yang disampaikan oleh para politisi yang maju di pemilu.

Liputan6.com, Jakarta Melihat secara langsung contoh teks pidato persuasif tentunya akan dapat memberikan gambaran tentang apa saja yang perlu disampaikan agar dapat meyakinkan audiens. Sebab contoh teks pidato persuasif bertujuan untuk memengaruhi audiens agar mau melakukan sesuatu sebagaimana yang telah kita sampaikan.

Salah satu contoh teks pidato persuasif adalah pidato yang disampaikan oleh para politisi yang maju di pemilu. Apa yang disampaikan para politisi ini jelas untuk meyakinkan para audiens agar mau memberikan suaranya ketika pemilu.

Pidato dalam acara-acara penyuluhan juga dapat dijadikan sebagai salah satu contoh teks pidato persuasif. Misalnya saja dalam acara penyuluhan terkait dengan kesehatan, dalam pidatonya, penyuluh pasti akan berusaha untuk meyakinkan audiens agar mau melakukan upaya-upaya untuk menjaga kesehatan atau mencegah penyakit tertentu.

Sebenarnya ada banyak sekali contoh teks pidato persuasif yang bisa kita temukan. Contoh teks pidato persuasif bisa digunakan untuk keperluan apa saja baik untuk politik, donasi, kampanye lingkungan, dan ajakan-ajakan lainnya.

Berikut adalah sejumlah contoh teks pidato persuasif, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (2/6/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Pidato Persuasif

Sebelum membahas lebih jauh mengenai contoh teks pidato persuasif, tentu penting bagi kita untuk memahami pengertian pidato persuasif.

Pidato persuasif adalah jenis pidato yang berisi paparan berdaya bujuk, berdaya ajak, ataupun berdaya imbau. Pidato persuasif bertujuan untuk membangkitkan ketergiuran audiens untuk meyakini dan menuruti imbauan implisit maupun eksplisit yang dilontarkan penulis.

Imbauan implisit adalah ajakan yang dilakukan secara tersirat, terkandung halus, dan tidak dinyatakan secara jelas atau terang-terangan. Sedangkan, imbauan eksplisit adalah ajakan yang dilakukan secara gamblang, tegas, terus terang, tidak berbelit-belit sehingga orang menangkap maksudnya dengan mudah dan tidak mempunyai gambaran yang kabur atau salah.

Contoh teks pidato persuasif tentu banyak menggunakan teks persuasif atau paragraf persuasif di dalamnya. Menurut Muhammad Yunus dan Suparno, teks persuasif adalah karangan yang ditujukan untuk memengaruhi sikap dan pendapat pembaca mengenai sesuatu hal yang disampaikan penulisnya.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pidato persuasif adalah teks apa pun di mana tujuan utamanya adalah untuk menyajikan sudut pandang dan berupaya membujuk audiens.

3 dari 5 halaman

Struktur Pidato Persuasif

Secara umum, pidato persuasif disusun atas empat bagian, yakni pengenalan isu, argumen, ajakan, dan penegasan kembali.

Pengenalan isu

Pengenalan isu ini berupa pengantar atau awalan pada teks di paragraf pertama, yang mengenalkan isu atau permasalahan yang akan menjadi pembahasan teks persuasif.

Argumen

Di bagian selanjutnya terdapat argumen. Argumen ini berisi tentang pendapat atau teori mengenai isu yang telah diangkat sebelumnya. Jika teks persuasif digunakan dalam iklan, biasanya bagian ini juga bisa digunakan untuk memaparkan keunggulan produk dibandingkan produk lain serupa.

Ajakan

Paragraf ini berisi pernyataan ajakan berupa kalimat-kalimat dorongan kepada para pembaca untuk melakukan sesuatu. Pernyataan ajakan ini dapat berupa tersirat maupun tersurat pada teks. Jika teks persuasif merupakan sebuah iklan, bagian ini bisa digunakan untuk mengajak calon pelanggan untuk membeli, berlangganan, atau mengikuti akun media sosial.

Penegasan Kembali

Penegasan kembali ini bertujuan untuk memperkuat pernyataan dan argumen-argumen sebelumnya. Tujuannya agar audiens semakin yakin.

 

4 dari 5 halaman

Contoh Teks Pidato Persuasi 1

Untuk lebih memahami teks persuasif, berikut adalah contoh teks pidato persuasif yang pertama:

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh,

Salam sejahtera bagi kita semua,

Yang terhormat Bapak dan Ibu tamu undangan serta para hadirin

Kehidupan orang Banjar di Kalimantan Selatan lekat dengan budaya sungai, sebagaimana tergambar pada permukiman tradisional Banjar yang berada di pinggiran sungai dan aktivitas pasar terapung (floating market).

Permukiman tradisional orang Banjar dapat ditemui di daerah yang dilewati oleh sungai besar maupun kecil. Di antara sekian banyak sungai itu, maka daerah aliran sungai terpenting dalam sejarah Banjar adalah Sungai Tabalong dan Sungai Martapura. Konsentrasi pemukiman penduduk terdapat di sepanjang sungai itu mulai dari Tabalong, Kelua, Alabio, Sungai Banar, Amuntai, Babirik, Nagara, Muara Rampiau, Muara Bahan sampai dengan Banjarmasin (Saleh, 1986).

Pada permukiman di tepian sungai, antara rumah satu dengan yang lain dihubungkan dengan titian, dan setiap rumah memiliki batang, yaitu sejenis rakit yang ditempatkan di sungai depan rumah yang berfungsi sebagai tempat mandi, cuci, dan jamban (MCK), serta sekaligus tempat menambatkan jukung.

Karena sungai bagi masyarakat Banjar, khususnya yang tinggal di tepian sepanjang sungai, tidak hanya sebagai tempat arus transportasi atau mobilisasi manusia, tetapi tempat pemasaran komoditas perdagangan dan pemenuhan kebutuhan rumah tangga, seperti air minum, mandi, dan lain-lain.

Oleh karena itu sungai perlu dijaga kebersihannya, yaitu tidak membuang sampah ke sungai, dan tidak membuat MCK di pinggiran sungai yang menyumbang tercemarnya air sungai. Pencemaran tidak hanya bakteri koli, berbagai limbah yang secara langsung maupun tidak langsung dapat membahayakan kesehatan bagi masyarakat, sebab pemenuhan kebutuhan rumah tangga seperti air minum bersumber pada air sungai.

Diharapkan bagi mereka yang tinggal di bantaran sungai diharapkan membuat kamar mandi permanen agar tinja sebagai biang bakteri koli tidak merembes ke sungai dan tidak membuang sampah pada aliran sungai. Marilah kita bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kita, khususnya menjaga kebersihan air sungai dengan menghindari kebiasaan membuang sampah, termasuk kebiasaan buang air besar di sungai, dengan membuat jamban di rumah.

Jadi, mari kita jaga kebersihan sungai kita, karena dengan sungai yang bersih, hidup menjadi sehat!

Demikianlah yang saya sampaikan. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Dan jika ada tutur kata yang salah, saya mohon maaf. Sekian terima kasih. Wassalamualaikum.

5 dari 5 halaman

Contoh Teks Pidato Persuasif 2

Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai teks persuasif dan pidato persuasif, berikut contoh teks pidato persuasif yang kedua:

Assalamualaikum wr.wb

Yang terhormat Bapak Ketua Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Permata, yang saya hormati Bapak Ibu Tutor, dan teman-teman semua yang saya cintai. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat limpahan rahmat dan karunia-Nya kita dapat berkumpul pada siang hari ini dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup. Maka dari itu, perkenankanlah saya menyampaikan sedikit ulasan mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan PKBM kita dan menjadikan budaya bersih dalam kehidupan sehari-hari.

Kebersihan lingkungan merupakan hal yang sangat penting guna menjaga kesehatan diri sendiri dan lingkungan sekitar. Lingkungan yang sehat akan meminimalisir penyebaran penyakit dan akan memberikan kenyamanan saat berada di lingkungan tersebut.

Oleh karena itu, lingkungan juga merupakan faktor pendorong keberhasilan proses belajar-mengajar di kelas. Warga belajar dan tutor akan melaksanakan kegiatan pembelajaran secara efektif karena didukung oleh keadaan lingkungan yang nyaman. Maka dari itu, marilah kita sebagai warga belajar Paket B dapat menjaga kebersihan lingkungan PKBM dimulai dari diri sendiri, seperti membuang sampah pada tempatnya dan tidak meninggalkan barang-barang di laci karena dapat menjadi sarang nyamuk. Dengan demikian, menjaga kebersihan lingkungan menjadi sangat penting guna menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman.

Saya rasa cukup sekian pidato yang dapat saya sampaikan, semoga warga PKBM Permata kita semua dapat menjadi partisipan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan dan budaya bersih. Terima kasih atas perhatian yang hadirin berikan, apabila ada salah kata ataupun hal-hal kurang berkenan. saya mohon maaf. Wasalamualaikum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.