Sukses

10 Jenis Model Sepatu Pria, Gunakan Sesuai Kebutuhan

Ada berbagai macam model sepatu pria yang dipilih untuk berbagai macam acara.

Liputan6.com, Jakarta Ada berbagai macam cara untuk membuat penampilan maksimal guna tampak keren dan penuh percaya diri. Salah satunya adalah mengenakan sepatu. Ada berbagai macam jenis model sepatu pria yang bisa dipilih.

Tidak hanya sebatas dijadikan alas kaki yang melindungi kaki. Jenis model sepatu pria kini telah menjadi bagian dari fashion yang bisa mencerminkan gaya hidup seseorang. Oleh karena itu, beberapa orang kerap menyesuaikan sepatu dengan kebutuhan atau acara. 

Ada beberapa jenis model sepatu pria yang bisa dipilih sesuai dengan selera dan kebutuhan. Berikut telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber jenis macam sepatu pria yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, Jumat (11/10/2019). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jenis Model Sepatu Pria untuk Bersantai

Ada banyak jenis model sepatu pria kasual dengan berbagai macam variasi. Kamu bisa menggunakan sepatu model kasual untuk liburan, bersantai, dan lain sebagainya. Berikut model sepatu kasual untuk pria.

Sneakers

Buat kamu yang menyukai penampilan trendi yang sporty, kamu bisa menggunakan sneakers untuk beberapa momen. Sneakers dirancang khusus untuk kegiatan yang berhubungan dengan olahraga atau latihan fisik.

Namun, tidak menutup kemungkinan digunakan untuk kegiatan santai. Karena memang sneakers enak dan nyaman digunakan serta cocok dipakai dalam suasana santai. Selain itu, jenis sepatu ini dilengkapi dengan sol karet yang nyaman.

Sepatu Slip-On

Sepatu model ini mirip dengan sneakers, namun tampilannya tanpa tali. Selain sederhana, sepatu slip-on juga sangat modis. Kamu bisa menjadikan sepatu ini untuk bersantai.

Sepatu Boots

Konon, sepatu boots sering dipakai untuk tetara militer untuk latihan. Namun, seiring berkembangnya dunia fashion, sepatu boots dapat dikenakan oleh siapa saja. Model-modelnya pun juga mengalami perkembangan dengan aneka variasi bentuk, ukuran, dan warna.

Sepatu boots bisa dikenakan oleh pria dewasa maupun anak muda. Kamu bisa menggunakannya untuk kegiatan semi formal atau waktu santai sekalipun. Ketika mengenakan sepatu boots, akan memberikan kesan maskulin, gagah, dan macho.

3 dari 4 halaman

Jenis Model Sepatu Pria untuk Acara Formal

Berbeda dengan sepatu untuk menghadiri acara formal, ada jenis model sepatu pria khusus yang bisa dikenakan. Kamu bisa mengenakan beberapa pilihan sepatu ini ketika mengenakan tuksedo, jad, dan blazer.

Mengenakan sepatu ini, kamu akan terlihat formal dan berkelas. Berikut beberapa sepatu yang bisa kamu kenakan untuk acara formal.

Derby

Sepatu Derby cocok digunakan pada pria yang memiliki kaki besar. Sepatu ini cocok dikenakan untuk acara formal. Namun, sepatu ini juga bisa digunakan dengan pakaian kasual.

Mengenakan sepatu ini akan memberikan kamu kesan nyaman dan elegan. Sepatu ini juga tidak terpaut oleh zaman. Ya, walaupun banyak perkembangan model sepatu, sepatu derby tetap selalu cocok untuk digunakan dalam berbagai momen.

Brogue

Jenis model sepatu pria selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk acara formal adalah Brogue. Sepatu ini memiliki ciri khas desain lubang pada sepatunya, sehingga dikenal dengan brogueing.

Model sepatu ini berasal dari Irlandia dan Skotlandia merupakan jenis sepatu yang digunakan sebagai sepatu pada kondisi tanah yang basah. Namun, seiring berkembangnya zaman, sepatu ini bisa digunakan sebagai sepatu kasual bahkan untuk acara formal sekalipun.

Oxford

Sepatu Oxford dikenal sebagai sepatu elegan. Menggunakannya untuk acara-acara formal tertentu, akan memberikan kesan berkelas bagi yang mengenakannya.

Sepatu ini awal mulanya bernama Barmorals yang berasal dari Skotlandia dan Irlandia. Namun, pada tahun 1800-an menjadi populer di Universitas Oxford. Inilah yang menjadikan sepatu ini lebih dikenal dengan nama sepatu Oxford.

Monk

Monk merupakan sepatu untuk acara formal yang bisa kamu pilih. Ada berbagai macam jenis sepatu Monk, salah satunya yang terkenal adalah Monkstrap.

Monkstrap merupakan sepatu yang tidak memiliki tali sepatu. Untuk pengeratnya, ada pengait yang berada di sisi sampingnya.

Sepatu ini tergolong ke dalam jenis sepatu formal, sehingga cocok untuk dijadikan alternatif untuk dress shoe selain sepatu Oxford. Mengenakan sepatu ini akan memberikan penampilan formal pada penggunanya, dengan kesan yang terlihat simpel.

Loafers

Sepatu Loafers bisa dijadikan pilihan yang tepat untuk dikenakan acara formal sekaligus acara santai. Kalau kamu ingin menggunakan sepatu Loafers untuk acara semi formal, kamu bisa memilih yang berbahan kulit agar terlihat lebih elegan.

Sedangkan untuk memberikan kesan kasual dan santai, kamu bisa memilih sepatu Loafers yang berbahan suede.

4 dari 4 halaman

Jenis Model Sepatu Pria Boots

Chelsea Boots

Jenis model sepatu pria yang bisa kamu pilih lainnya adalah Chelsea Boots. Sepatu ini memiliki bentuk yang ramping dan tinggi sampai menutupi mata kaki.

Sepatu ini snagat mudah untuk dikenakan dan dilepas, karena Chelsea Boots tidak memiliki tali sepatu dan bagian sampingnya sangat elastis.

Chukka Boots

Berbeda dengan Chelsea Boots, Chukka Boots memiliki tali. Chukka memiliki tali yang lebih pendek dan lubang tali yang ada di sepatu Chukka hanya sekitar 2 sampai 3 saja.

Bahan yang digunakan sepatu Chukka boots biasanya adalah kulit. Mengenakan sepatu ini akan memberikan kesan kasual. Sepatu ini kebanyakan memiliki warna cokelat, sehingga sangat cocok dipadukan dengan celana berwarna muda atau pucat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini