Sukses

7 Penyebab Kulit Kering yang Perlu Diwaspadai, Ketahui Cara Mengatasinya

Penyebab kulit kering terjadi karena perubahan cuaca, faktor usia, penuaan, dan iritasi.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab kulit kering dapat terjadi karena beberapa faktor. Kulit kering atau xerosis mudah dikenali dari gejalanya, seperti kulit terasa gatal, merah, kasar, dan mudah mengelupas. Pada gejala yang lebih parah, kulit kering bisa menimbulkan retakan yang dalam dan mungkin mengeluarkan darah. 

Dalam beberapa kasus, kulit kering dapat disebabkan oleh faktor lingkungan yang menghilangkan kelembapan dari kulit. Misalnya saja, udara kering saat cuaca dingin dapat menyebabkan kelembapan kulit menghilang, sehingga kulit menjadi pecah dan retak-retak. Sayangnya, daerah kulit yang pecah atau merekah dan retak-retak itu kadang kala dapat mengalami iritasi dan terasa gatal.

Selain itu, banyak faktor yang menyebabkan seseorang memiliki kulit kering yaitu penuaan maupun penyakit tertentu Selain terlihat kusam, kondisi ini dapat memicu beberapa bagian kulit menjadi kemerahan, terkelupas, dan menyebabkan kerusakan kulit. Agar kulit kering dapat diatasi dengan tepat maka penting untuk mengetahui penyebabnya.

Berikut ini beberapa penyebab kulit kering beserta cara mengatasinya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (13/9/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyebab Kulit Kering

Berikut ini ada beberapa penyebab kulit kering yang perlu diwaspadai, yaitu:

1. Iritasi Kulit

Penyebab kulit kering yang pertama adalah iritasi pada kulit. Pemicunya bisa beragam, mulai dari paparan debu dan polusi, antiseptik pada sabun mandi, alkohol pada parfum, hingga deterjen pada sabun cuci. Terutama alkohol, deterjen, dan antiseptik, ketiga bahan kimia ini juga dapat mengurangi produksi sebum atau minyak alami yang berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit.

2. Kebiasaan Menggosok Kulit

Penyebab kulit kering yang berikutnya adalah kebiasaan menggosok kulit yang terlalu kencang. Terlalu sering menggosok kulit dengan spons atau scrub saat mandi atau terlalu kencang menggosok badan dengan handuk setelahnya juga dapat menyebabkan kulit kering. Pasalnya, ketika digosok terlalu sering dan kencang, kelembapan di permukaan kulit akan berkurang. Guna mencegah kulit kering, cobalah untuk tidak terlalu sering menggosok kulit dan keringkan tubuh secara lembut dengan handuk setelah mandi.

3. Penuaan

Penyebab kulit kering selanjutnya adalah penuaan. Saat usia semakin tua, kulit seseorang akan menjadi lebih tipis sehingga mudah menjadi kering. Hal ini bisa terjadi akibat berkurangnya kolagen dan sebum pada kulit.

4. Perubahan Cuaca

Penyebab kulit kering yang lainnya adalah perubahan cuaca. Perubahan cuaca juga berpengaruh terhadap tingkat kelembapan udara. Makin rendah kelembapan udara, biasanya terjadi jika suhu dingin, kulit makin terasa kering.

5. Sering Mandi Air Panas

Penyebab kulit kering yang selanjutnya adalah sering mandi air panas. Mandi air panas dan sauna memang bisa membuat tubuh lebih rileks. Namun, jika terlalu sering dilakukan atau terlalu lama, kebiasaan ini justru bisa membuat kulit menjadi kering. Ini karena suhu panas bisa mengurangi kelembapan alami kulit. Tak hanya mandi air panas dan sauna, terlalu lama beraktivitas di bawah terik matahari juga bisa menyebabkan kulit kering.

6. Kondisi Kesehatan Tertentu

Ada banyak penyakit atau kondisi medis yang bisa menyebabkan seseorang memiliki kulit yang kering, bersisik, dan kemerahan, misalnya dermatitis atopik, eksim, atau psoriasis. Penyakit tersebut juga bisa membuat kulit terasa gatal. Selain itu, kulit kering juga bisa disebabkan oleh penyakit ginjal, iktiosis, kelainan tiroid, kurang gizi, dan diabetes.

7. Efek Samping Obat-obatan

Konsumsi obat-obatan tertentu dapat menimbulkan efek samping berupa kulit kering. Contohnya adalah obat diuretik, obat penurun kolesterol seperti statin, obat retinoid seperti isotretinoin, dan obat-obatan kemoterapi.

3 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Kulit Kering Secara Alami

Kulit dapat mengalami perubahan seiring dengan bertambahnya usia manusia. Selain itu, kulit manusia juga cenderung lebih tipis dan kering, sehingga akan dengan sangat mudah terkena gangguan. Berikut ini cara mengatasi kulit kering yang dapat dilakukan secara alami, di antaranya:

1. Menggunakan Pelembap

Usahakan setiap hari Anda menggunakan pelembap, hal ini dilakukan agar kulit tidak mengalami iritasi dan kekeringan. Anda bisa menggunakan body lotion di bagian tangan dan tubuh. Kemudian untuk area wajah gunakan pelembap khusus wajah.

2. Rutin Membersihkan Kulit

Selain menggunakan pelembap, cara mengatasi kulit berikutnya ialah rutin membersihkan di beberapa bagian tubuh. Dalam membersihkan kulit ini sebaiknya dilakukan dua kali dalam sehari menggunakan sabun atau pembersih yang sesuai.

3. Minyak Zaitun

Cara mengatasi kulit kering secara alami berikutnya ialah menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun memiliki banyak manfaat untuk perawatan kulit, salah satunya untuk mengatasi gatal-gatal di wajah. Hal ini dikarenakan minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E yang dapat membantu menyembuhkan dan meningkatkan regenerasi pada kulit. Selain itu, kandungan antioksidan di dalam minyak zaitun juga dapat mengurangi rasa gatal dan menenangkan kulit.

4.  Jangan Mandi Menggunakan Air Panas

Mandi menggunakan air panas bisa membuat kulit malah semakin kering. Pasalnya, mandi dengan air yang terlalu panas dapat menghilangkan minyak alami yang berfungsi menjaga kelembapan kulit. Sebagai solusi, hindari penggunaan air panas untuk mandi untuk mencegah dan mengatasi kulit kering. Akan lebih baik, jika Anda mandi dengan menggunakan air dingin atau air hangat.

5. Penuhi Kebutuhan Asupan Air

Memiliki kulit yang kering membuat Anda harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan benar. Minum cukup air putih dapat membuat Anda tetap terhidrasi sehingga kulit akan lebih lembap. Sesuai anjuran, minumlah sekitar 2 liter atau 8 gelas air putih setiap hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.