Sukses

Kumpulan Doa Ketika Berada di Kota Mekkah, Jemaah Haji dan Umrah Wajib Tahu

Simak beberapa doa-doa berikut ini ketika berada di Mekkah saat melaksanakan haji atau umrah.

Liputan6.com, Jakarta Doa ketika masuk kota Mekkah dianjurkan dibaca sebagai permohonan terhadap tanah yang disucikan oleh Allah SWT. Doa ini dapat dibaca saat para jemaah haji maupun umrah memasuki perbatasan kota Mekkah.

Ada beragam doa ketika berada di Mekkah, mulai dari doa ketika memasuki kota Mekkah, Masjidil Haram, melihat Ka’bah, melintasi makam Ibrahim, hingga doa setelah Adzan. Doa-doa tersebut sebaiknya dihafalkan oleh para jemaah haji atau umrah.

Kota Makkah merupakan kota yang suci dan mulia. Tanah suci Mekkah ini menjadi tempat berdirinya Masjidil Haram sebagai masjid terbesar umat Islam. Di dalamnya ada Ka’bah sebagai kiblat serta tempat berkumpulnya umat Muslim di seluruh dunia.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai doa-doa ketika masuk kota Mekkah yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (26/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Doa Masuk Kota Mekkah

Berikut ini bacaan doa ketika masuk kota Mekkah, yakni:

اَللّٰهُمَّ هٰذَا حَرَمُكَ وَأَمْنُكَ فَحَرِّمْ لَحْمِيْ وَدَمِيْ وَشَعْرِيْ وَبَشَرِيْ عَلَى النَّارِ وَاٰمِنِّيْ مِنْ عَذَابِكَ يَوْمَ تَبْعَثُ عِبَادَكَ وَاجْعَلْنِيْ مِنْ أَوْلِيَآئِكَ وَأَهْلِ طَاعَتِكَ.

Arab Latin: Allaahumma hadzaa haramuka wa amnuka fahharrim lahhmii wa damii wa sya’rii wa basyarii ‘alaa-naari wa aaminnii min ‘adzaabika yauma tab’atsu ‘ibaadaka waj’alnii min auliyaa’ika wa ahli thaa’atika.

Artinya: “Ya Allah, kota ini adalah Tanah Haram-Mu dan tempat aman-Mu, maka hindarkanlah daging, darah, rambut dan kulitku dari neraka. Dan selamatkan diriku dari siksa-Mu pada hari Engkau membangkitkan kembali hamba-Mu, dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang selalu dekat dan taat kepada-Mu.”

3 dari 6 halaman

2. Doa Masuk Masjidil Haram

Berikut ini bacaan doa ketika memasuki Masjidil Haram, yakni:

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ السَّلَامُ وَمِنْكَ السَّلَامُ فَحَيِّنَا رَبَّنَا بِالسَّلَامِ وَأَدْخِلْنَا الْجَنَّةَ دَارَالسَّلَامَ تَبَارَكْتَ وَتَعَالَيْتَ يَا ذَاالْجَلَالِ وَاْلإِكْرَامِ. اَللّٰهُمَّ افْتَحْ لِيْ أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ وَمَغْفِرَتِكَ وَأَدْخِلْنِيْ فِيْهَا. بِسْمِ اللهِ وَالْحَمْدُ ِللهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلٰى رَسُوْلِ اللهِ

Arab Latin: Allaahumma antas-salaamu wa minkas-salaam wa’ilaika ya’uudus-salaam fahhayyinaa rabbanaa bis-salaami wa adkhilnaal-jannata daaras-salaam tabaarakta rabbanaa wa ta’aalaita yaa dzal-jalaali wal-ikhraam. Allaahummaftahhlii abwaaba rahmatika bismillaahi walhamdulillaahi was-shalaatu was-salaamu ‘alaa rasuulillah.

Artinya: “Ya Allah, Engkau sumber kesalamatan dan dari pada-Mu lah datangnya keselamatan dan kepada-Mu kembalinya keselamatan. Maka hidupkanlah kami wahai Tuhan dengan selamat sejahtera dan masukkanlah ke dalam surga negeri keselamatan. Mahabanyak anugerah-Mu dan Mahatinggi Engkau. Wahai Tuhan yang memiliki keagungan dan kehormatan. Ya Allah, bukakanlah untukku pintu rahmat-Mu, aku masuk masjid ini dengan nama Allah disertai dengan segala puji bagi Allah serta sholawat dan salam untuk Rasulullah SAW.”

4 dari 6 halaman

3. Doa Ketika Melihat Ka’bah

Bisa melihat Ka’bah dan beribadah di dalamnya merupakan sebuah keinginan oleh sebagian besar umat Islam. Melihat Kabah secara langsung akan memberikan kebahagiaan tersendiri. Sebab Kabah telah dijaga langsung oleh Allah Swt, sehingga terjaga kesuciannya. Ketika melihat Ka’bah tersebut, anda sebagai jemaah haji atau umrah bisa membaca doa. Doa ketika melihat Kabab ini dibaca dengan maksud agar kemuliaan Kabah semakin besar seiring berjalannya waktu. Berikut ini bacaan doa ketika para jemaah haji dan umrah melihat Ka’bah, yakni:

اللَّهُمَّ زِدْ هَذَا الْبَيْتَ تَشْرِيفًا وَتَعْظِيمًا وَتَكْرِيمًا وَمَهَابَةً وَزِدْ مَنْ شَرّفَهُ وَكَرّمَهُ مِمَّنْ حَجَّهُ وَاعْتَمَرَهُ تَشْرِيفًا وَتَكْرِيمًا وَتَعْظِيمًا وَبِرًّ

Arab Latin: Allaahumma zid hadzaal-baita tasyriifan wa ta’dhiiman wa takriiman wa mahaabatan wa zid man syarraafahu wa ‘adhamahu wa karramahu mimman hajjahu awi’tamarahu tasyriifan wa ta’dhiiman wa takriiman wa birraan.

Artinya: “Ya Allah, tambahkanlah kemuliaan, keagungan, kehormatan dan wibawa pada Bait (Ka’bah) ini. Dan tambahkanlah pula pada orang-orang yang memuliakan, mengagungkan dan menghormatinya di antara mereka yang berhaji atau yang berumrah dengan kemuliaan, keagungan, kehormatan dan kebaikan.”

5 dari 6 halaman

4. Doa Ketika Melintasi Makam Ibrahim

Berikut ini bacaan doa ketika para jemaah melintasi makam Ibrahim, yang berbunyi:

رَبِّ أَدْخِلْنِي مُدْخَلَ صِدْقٍ وَأَخْرِجْنِي مُخْرَجَ صِدْقٍ وَاجْعَلْ لِي مِنْ لَدُنْكَ سُلْطَانًا نَصِيرًا وَقُلْ جَاءَ الْحَقُّ وَزَهَقَ الْبَاطِلُ إِنَّ الْبَاطِلَ كَانَ زَهُوُقًا

Arab Latin: Rabbi adkhilnii mudhala sidqin wa akhrijnii mukhraja shidqin waj’alli min ladunka sulthaanan nashiiraa wa qul jaa;al-haqqu wa zahaqal-baathilu innal-baathila kaana zahuuqaa.

Artinya: “Ya Tuhan-ku, masukkanlah aku secara masuk yang benar dan keluarkanlah (pula) aku secara keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisi Engkau kekuasaan yang menolong. Dan katakanlah: yang benar telah datang dan yang bathil telah lenyap. Sesungguhnya yang bathil itu adalah sesuatu yang pasti lenyap.”

6 dari 6 halaman

5. Doa Setelah Mendengar Adzan di Mekkah

Bagi para jemaah haji atau umrah yang sedang mendengar lafal Adzan di Mekkah, hendaknya setelah adzan membaca doa. Begini bacaan doa setelah mendengar adzan di Mekkah, yakni:

اَللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةْ وَالصَّلاةِ القَائِمَةْ آتِ سَيِّدَنَا مُحَمَّدَنِ اْلوَسِيْلَةَ وَاْلفَضِيْلَةْ وَابْعَثْهُ مَقَاماً مَحْمُوْدًا اَّلذِيْ وَعَدْتَهْ

Arab Latin: Allahumma rabba hadzihid da'watit tammah, washshalatil qa-imah, ati sayyidana muhammadanil washilata wal fadhilah, wab'atshu maqamam mahmudanil ladzi wa'adtah.

Artinya: Wahai Tuhanku, yang memiliki seruan sempurna ini serta sholat yang segera akan dilaksanakan, berilah kepada junjungan kami Nabi Muhammad kedudukan sebagai wasilah serta kemuliaan dan bangkitkanlah ia dalam kedudukan yang terpuji sebagaimana telah Engkau janjikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.