Sukses

15 Macam-Macam Pengangguran dan Contohnya, Lengkap Penjelasannya

Macam-macam pengangguran yang dapat menyebabkan masalah sosial, menurunkan aktivitas ekonomi, menurunkan pendapatan nasional, dan memicu kemiskinan.

Liputan6.com, Jakarta Macam-macam pengangguran lebih kurang ada lima belas. Dari macam-macam pengangguran ini dapat dipahami bahwa tidak semua masalah pengangguran disebabkan oleh kurangnya lapangan pekerjaan dan minimnya keahlian.

Pengangguran adalah istilah yang mengarah pada kondisi seseorang yang tidak bekerja, sedang mencari pekerjaan yang layak, memiliki waktu khusus untuk bekerja misal setiap minggu tiga kali. Inilah mengapa mayoritas macam-macam pengangguran tidak menimbulkan kemiskinan dan berbagai masalah sosial.

Meski demikian, macam-macam pengangguran pasti menyebabkan menurunnya masalah produktivitas dan pendapatan. Fenomena inipun membuat aktivitas perekonomian menurun dan pendapatan nasional dari sektor pajak berkurang.

Berikut Liputan6.com ulas macam-macam pengangguran dan contohnya dari berbagai sumber, Senin (31/5/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Macam-Macam Pengangguran dan Contohnya

Macam-Macam Pengangguran yang Terbuka

Macam-macam pengangguran berdasarkan cirinya yang pertama adalah pengangguran terbuka. Macam-macam pengangguran terbuka ini yang paling menjadi sorotan masalah di Tanah Air.

Pengangguran terbuka adalah keadaan sesorang yang sama sekali tidak bekerja dan sedang berusaha mencari pekerjaan. Pengangguran terbuka disebabkan oleh lapangan kerja yang tidak tersedia atau tidak sesuai antara lowongan kerja dan latar belakang pendidikan.

Macam-macam pengangguran juga dapat terjadi akibat dari kegiatan ekonomi yang menurun, dari kemajuan teknologi yang mengurangi penggunaan tenaga kerja, atau sebagai akibat dari kemunduran perkembangan suatu industri.

Contoh macam-macam pengangguran yang terbuka, seorang lulusan S1 teknik mesin, belum mendapat pekerjaan karena lapangan kerja yang belum tersedia sesuai dengan kualifikasinya.

Macam-Macam Pengangguran yang Musiman

Macam-macam pengangguran ini terutama terdapat di sektor pertanian dan perikanan. Ketika musim hujan penyadap karet dan nelayan tidak dapat melakukan pekerjaan mereka dan terpaksa menganggur. Di samping itu, pada musim kemarau para petani tidak dapat mengerjakan tanahnya.

Apabila dalam masa tersebut para penyadap karet, nelayan dan petani tidak melakukan pekerjaan lain maka mereka terpaksa menganggur. Macam-macam pengangguran seperti ini digolongkan sebagai pengangguran bermusim.

Macam-Macam Pengangguran yang Setengah Menganggur

Macam-macam pengangguran ini terjadi ketika ada tenaga kerja yang tidak bekerja dengan maksimal. Biasanya macam-macam pengangguran ini memiliki jam kerja yang sedikit atau tidak seusai sehingga penghasilan mereka pun kadang tidak mencukupi. Pekerja-pekerja yang mempunyai masa kerja seperti yang dijelaskan ini digolongkan sebagai setengah menganggur.

3 dari 6 halaman

Macam-Macam Pengangguran dan Contohnya

Macam-Macam Pengangguran yang Terselubung

Macam-macam pengangguran yang terselubung adalah pengangguran yang pada orang yang mempunyai pekerjaan tapi produktivitasnya rendah. Entah itu karena ketidaksesuaian latar belakang pendidikan dengan pekerajaan ataupun lainnya. Pengangguran jenis ini menyebabkan produktivitas kerja yang rendah.

Beberapa alasan yang adanya macam-macam pengangguran tersebulung ialah kurang terampil dalam pekerjaannya karena pendidikannya rendah. Selain itu, baru mulai bekerja atau kurang pengalaman dalam bekerja dan keterpaksaan seseorang  yang membuat bekerja tidak sesuai dengan bakat dan keterampilannya.

Contoh macam-macam pengangguran terselubung adalah seseorang dengan gelar sarjana hukum bekerja sebagai guru, padahal seharusnya seorang dengan gelar hukum bekerja menjadi hakim, pengacara, atau jaksa.

Macam-Macam Pengangguran yang Siklus

Macam-macam pengangguran yang siklis diakibatkan oleh perubahan dalam tingkat kegiatan perekonomian yang menyebabkan penghentian tenaga kerja akibat menurunnya permintaan barang dan jasa. Contoh macam-macam pengangguran siklis akibat turunnya permintaan busana menyebabkan berkurangnya jumlah tenaga kerja yang bekerja di pabrik tersebut.

Macam-Macam Pengangguran yang Struktural

Tidak semua industri perusahaan akan terus berkembang maju, adakalanya juga mengalami kemunduran. Kemerosotan itu akan menyebabkan kegiatan produksi dalam industri tersebut menurun, dan sebagian pekerja terpaksa diberhentikan dan menjadi penganggur.  Orang yang mengangur akibat hal tersebut disebut macam-macam pengangguran yang struktural.

Kemerosotan ini ditimbulkan oleh salah satu atau beberapa faktor berikut: adanya barang baru yang lebih baik, kemajuan teknologi yang mengurangi permintaan atas barang tersebut, biaya pengeluaran yang melambung tinggi hingga tidak mampu bersaing, dan kegiatan ekspor produksi industri yang sangat menurun karena persaingan ketat dari negara-negara lain.

Contoh macam-macam pengangguran struktural ialah, ketika peralihan perekonomian dari sektor perkebunan ke sektor industri. Masyarakat yang ingin bekerja di sektor industri sulit bekerja karena mereka terbiasa bekerja di sektor perkebunan sehingga harus menyesuaikan diri bila ingin bekerja di sektor industri.

 

4 dari 6 halaman

Macam-Macam Pengangguran dan Contohnya

Macam-Macam Pengangguran yang Teknologi

Macam-macam pengangguran yang teknologi adalah pengangguran yang cukup sering terjadi di era saat ini. Pengangguran ini  ditimbulkan oleh adanya penggantian tenaga manusia oleh mesin-mesin dan bahan kimia.

Seperti sebuah mesin telah mengurangi kebutuhan tenaga kerja untuk membuat lubang, memotong rumput, membersihkan kawasan. Sedangkan di pabrik- pabrik, ada kalanya robot telah menggantikan kerja-kerja manusia. Macam-macam pengangguran yang ditimbulkan oleh penggunaan mesin dan kemajuan teknologi lainnya dinamakan pengangguran teknologi.

Macam-Macam Pengangguran yang Friksional

Macam-macam pengangguran yang friksional adalah fenomena sementara. Ini dapat terjadi dengan berbagai cara. Misalnya hal ini terjadi ketika beberapa pekerja sementara keluar dari pekerjaan saat ingin berganti pekerjaan, itu disebut "pengangguran friksional."

Demikian pula, pemogokan dan penutupan dapat mengakibatkan penangguhan pekerjaan, dan mungkin ada beberapa pengangguran friksional untuk saat ini. Hingga taraf tertentu, pengangguran friksional juga disebabkan oleh mobilitas tenaga kerja yang tidak sempurna. 

Menurut para ekonom seperti Keynes dan Lerner, pengangguran friksional adalah jenis pengangguran yang cukup konsisten dengan kondisi lapangan kerja penuh dalam suatu ekonomi. Pengangguran friksional disebabkan oleh kesulitan dalam mendapatkan pekerja dan lowongan bersama.

Oleh karena itu masalah pengangguran friksional harus ditangani oleh beberapa alat khusus untuk mengatasi mobilitas tenaga kerja seperti penyebaran informasi tentang peluang kerja, pengaturan pekerjaan melalui pertukaran pekerjaan, peningkatan fasilitas transportasi dll, dapat membantu mengurangi besarnya gesekan pengangguran.

Macam-Macam Pengangguran yang Regional

Macam-macam pengangguran yang regional adalah masalah besar juga. Pertanian, perikanan, pariwisata, dan industri lainnya bergantung pada batasan geografis, cuaca, dan permintaan konsumen. Tidak diragukan lagi, Florida Selatan mengalami penurunan dari wisatawan setelah pertengahan April, ketika cuaca mulai membaik di negara bagian Utara. Itu mengarah pada penurunan permintaan untuk pekerja musiman, dan tingkat pengangguran yang lebih tinggi untuk karyawan regional.

5 dari 6 halaman

Macam-Macam Pengangguran dan Contohnya

Macam-Macam Pengangguran yang Sukarela

Beberapa pekerja, karena berbagai alasan, memilih untuk tidak berpartisipasi dalam angkatan kerja. Pikirkan pekerja industri perangkat lunak yang mengambil paket pesangon besar dari perusahaan terakhirnya, dan dapat hidup dengan nyaman selama enam bulan dengan uangnya. 

Dia mungkin mengambil cuti 90 hari, dan menghabiskan 90 hari berikutnya mencari pekerjaan. Atau, seseorang yang sejahtera dapat memutuskan bahwa mereka lebih suka mengumpulkan tunjangan pemerintah seperti kesejahteraan yang memasuki dunia kerja. Adil atau tidak adil, itu terjadi, dan itu tercermin dalam kategori macam-macam pengangguran yang sukarela.

Macam-Macam Pengangguran yang Santai

Dalam industri seperti konstruksi bangunan, katering atau pertanian, di mana pekerja dipekerjakan sehari-hari, ada kemungkinan pengangguran kasual terjadi karena kontrak jangka pendek, yang dapat dihentikan kapan saja. 

Jadi, ketika kontrak pekerja berakhir setelah penyelesaian pekerjaan, ia harus mencari pekerjaan di tempat lain, yang kemungkinan besar akan ia dapatkan tergantung pada keadaan atau ia mungkin mendapatkan kontrak baru dengan perusahaan yang sama ketika beberapa pekerjaan baru dimulai. Demikian pula, mungkin ada pekerjaan kausal pekerja tambahan di beberapa tempat seperti galangan kapal selama terburu-buru memuat atau membongkar. 

Setelah pekerjaan selesai, para pekerja tambahan ini menjadi pengangguran. Macam-macam pengangguran yang kasual juga ditemukan di industri film di mana artis junior bekerja secara kasual. Solusi spesifik untuk masalah pengangguran lepas sangat sulit untuk diberikan.

Macam-Macam Pengangguran yang Kronis

Ketika pengangguran cenderung menjadi fitur jangka panjang suatu negara itu disebut " macam-macam pengangguran yang kronis."  Negara-negara terbelakang menderita pengangguran kronis karena lingkaran setan kemiskinan.

Kurangnya sumber daya yang dikembangkan dan kurang pemanfaatannya, pertumbuhan populasi yang tinggi, terbelakang, keadaan teknologi yang primitif, pembentukan modal yang rendah, dll. Ini merupakan macam-macam pengangguran kronis di negara-negara terbelakang.

6 dari 6 halaman

Macam-Macam Pengangguran dan Contohnya

Macam-Macam Pengangguran yang Kiknikal

Macam-macam pengangguran yang kiknikal adalah pengangguran yang disebabkan kemunduran ekonomi yang menyebabkan perusahaan tidak mampu menampung semua pekerja yang ada. Contoh macam-macam pengangguran kiknikal adalah adanya perusahaan lain sejenis yang beroperasi atau daya beli produk oleh masyarakat menurun.

Macam-Macam Pengangguran yang Keahlian

Macam-macam pengangguran yang keahlian adalah pengangguran yang disebabkan karena tidak adanya lapangan kerja yang sesuai dengan bidang keahlian. Pengangguran jenis ini disebut juga pengangguran tidak kentara dikarenakan mempunyai aktivitas berdasarkan keahliannya tetapi tidak menerima uang.

Contoh macam-macam pengangguran yang keahlian adalah anak sekolah (siswa) atau mahasiswa. Mereka adalah ahli pencari ilmu, tetapi mereka tidak menghasilkan uang dan justru harus mengeluarkan uang atau biaya. Pengangguran tidak kentara ini, juga bisa disebut sebagai pengangguran terselubung.

Macam-Macam Pengangguran yang Total

Macam-macam pengangguran yang terakhir adalah pengangguran total. Jenis ini merupakan pengangguran yang benar-benar tidak mendapat pekerjaan, karena tidak adanya lapangan kerja atau tidak adanya peluang untuk menciptakan lapangan kerja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini