Sukses

12 Penyebab Benjolan di Ketiak yang Sering Disepelekan, Bisa Tandakan Penyakit

Benjolan di ketiak bisa menandakan masalah kesehatan, ketahui penyebabnya.

Liputan6.com, Jakarta Benjolan di ketiak merupakan kondisi yang cukup umum ditemui. Benjolan di ketiak memiliki beragam ukuran mulai dari kecil yang tidak terasa hingga besar hingga bisa terlihat. Benjolan di ketiak dapat disebabkan oleh kista, infeksi, atau iritasi.

Benjolan di ketiak bisa terjadi pada pria dan wanita dari segala usia. Kebanyakan benjolan tidak berbahaya dan biasanya disebabkan oleh pertumbuhan jaringan yang tidak normal. Namun, benjolan di ketiak juga dapat dikaitkan dengan masalah kesehatan mendasar yang lebih serius.

Maka dari itu penting mengetahui tanda lain yang menyertainya. Kamu perlu mencari pertolongan medis jika memiliki benjolan di ketiak yang secara bertahap membesar, nyeri, atau tidak kunjung hilang. Berikut penyebab benjolan di ketiak yang berhasil Liputan6.com rangkum, Kamis(14/1/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Penyebab Benjolan di Ketiak

Kelenjar getah bening membesar

Benjolan di ketiak sangat umum dan biasanya disebabkan oleh pembengkakan kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening adalah struktur kecil berbentuk oval yang terletak di seluruh sistem limfatik tubuh. Mereka memainkan peran penting dalam sistem kekebalan tubuh.

Ini bisa terasa seperti benjolan di bawah kulit ketiak dan merupakan tanda tubuh sedang melawan penyakit sistemik seperti penyakit bakteri atau virus.

Peradangan kelenjar keringat

Ketika kelenjar penghasil keringat atau folikel rambut tersumbat, bakteri dapat masuk dan menghasilkan kista yang kemudian pecah, menginfeksi lebih banyak folikel. Jika siklus ini berulang, ini dapat berkembang menjadi kondisi kulit kronis yang disebut hidradenitis. Jaringan kista ini mungkin terasa gatal dan nyeri.

3 dari 7 halaman

Penyebab Benjolan di Ketiak

Fibroadenoma

Fibroadenoma adalah benjolan padat dan non-kanker yang terjadi paling sering pada wanita berusia antara 15 dan 35 tahun. Fibroadenoma lebih sering muncul di bagian payudara, namun juga bisa muncul di bawah lengan. Biasanya finroadenoma terasa seperti kelereng dan memiliki ukuran yang bervariasi, dan dapat membesar atau menyusut dengan sendirinya.

Reaksi alergi

Kontak alergi dapat menyebabkan ketiak bengkak dan menimbulkan satu atau lebih benjolan. Pemicu alergi bisa disebabkan oleh berbagai hal. Ini termasuk deodoran, antiperspiran, sabun, parfum, atau produk detergen.

4 dari 7 halaman

Penyebab Benjolan di Ketiak

Infeksi

Infeksi bakteri, virus, jamur, dan parasit lainnya bisa menjadi salah satu penyebab benjolan pada ketiak. Bakteri yang bisa menyebabkan pembengkakan di ketiak seperti streptokokus, serta Mycobacterium dan Bartonella. Virus seperti flu juga berperan mengembangkan kondisi ini. Sementara untuk jamur, jamur kandida dapat menyebabkan kumpulan pembengkakan kecil di bawah lengan. Ada juga organisme parasit bersel tunggal seperti Toxoplasma gondii dapat menyebabkan gejala mirip flu dan pembengkakan kelenjar getah bening.

Jerawat

Jerawat di ketiak bukanlah hal yang aneh. Kulit di bawah ketiak tipis dan halus. Ia mengandung banyak kelenjar keringat dan folikel rambut yang bisa tersumbat. Akibatnya, ketiak rentan terhadap jerawat.

Mereka biasanya tidak berbahaya dan menghilang dengan sendirinya. Mereka mungkin muncul sebagai benjolan kecil berwarna daging tanpa gejala, atau merah, benjolan yang meradang disertai rasa gatal dan ketidaknyamanan.

5 dari 7 halaman

Penyebab Benjolan di Ketiak

Bisul

Sama seperti jerawat, bisul juga bisa muncul di ketiak. Ini karena ketiak memiliki banyak folikel rambut atau kelenjar minyak. Infeksi biasanya disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus, menumpuk di folikel dalam bentuk nanah dan kulit mati. Ketiak akan menjadi merah dan menonjol, dan perlahan akan tumbuh saat nanah tambahan menumpuk di dalam lesi.

Kista

Jika kamu mencukur ketiak secara teratur, iritasi pada kulit dan folikel rambut yang lembut ini dapat menyebabkan kista. Kista adalah kantung atau benjolan kecil, berisi cairan, udara, lemak, atau bahan lain, yang mulai tumbuh di suatu tempat di tubuh.

6 dari 7 halaman

Penyebab Benjolan di Ketiak

Lipoma

Lipoma adalah tumor lemak yang terletak tepat di bawah kulit. Ini bukan kanker dan biasanya tidak berbahaya. Lipoma adalah benjolan lemak yang tumbuh lambat yang paling sering terletak di antara kulit dan lapisan otot di bawahnya. Lipoma, yang terasa pucat dan biasanya tidak lunak, mudah bergerak dengan sedikit tekanan jari. Lipoma dapat terjadi hampir di mana saja di tubuh, tetapi paling sering ditemukan di batang tubuh, bahu, leher, dan ketiak.

Kanker payudara

Benjolan di ketiak terjadi baik pada pria maupun wanita dari segala usia dan banyak di antaranya tidak berbahaya. Namun, wanita harus sangat waspada terhadap benjolan di ketiak karena dapat menandakan kanker payudara.

Lakukan pemeriksaan payudara sendiri sekitar satu hingga tiga hari setelah menstruasi Anda berakhir. Gejala kanker payudara bisa berupa benjolan, penebalan, atau nyeri di bagian payudara atau ketiak; kulit payudara atau puting merah, bersisik, atau teriritasi; keluarnya cairan dari puting; dan area kulit yang tidak teratur.

7 dari 7 halaman

Penyebab Benjolan di Ketiak

Hidradenitis suppurativa

Hidradenitis suppurativa adalah kondisi kulit yang menyebabkan benjolan kecil yang menyakitkan terbentuk di bawah kulit. Kondisi ini sebagian besar memengaruhi area di mana kulit saling bergesekan, seperti ketiak, selangkangan, bokong, dan payudara.

Penyebab pasti hidradenitis suppurativa tidak diketahui. Ini berkembang ketika folikel rambut di kulit tersumbat. Para ahli berspekulasi kondisi ini bisa terkait dengan hormon, gen yang diturunkan, dan masalah sistem kekebalan.

Limfoma

Limfoma adalah kanker yang menyerang sel-sel yang melawan infeksi pada sistem kekebalan, yang disebut limfosit. Sel-sel ini berada di kelenjar getah bening, limpa, timus, sumsum tulang, dan bagian tubuh lainnya.

Gejala limfoma yang paling umum adalah pembengkakan di leher, ketiak, atau selangkangan. Pembengkakan biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, meskipun beberapa orang merasa nyeri. Pembengkakan ini disebabkan oleh kelebihan limfosit yang terkena (sel darah putih) yang terkumpul di kelenjar getah bening (juga disebut kelenjar getah bening).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini