Sukses

6 Obat Kutu Air Alami, Mudah Ditemukan di Sekitar Rumah

Cara mengatasi kutu air secara alami.

Liputan6.com, Jakarta Kutu air merupakan salah satu penyakit yang diakibatkan oleh infeksi jamur pada area tertentu. Kutu ini pada umumnya menyerang daerah kaki dan menyebabkan ruam bersisik pada sela-sela jari kaki. Dalam dunia medis, kutu air dikenal dengan nama tinea pedis.

Kutu air ini biasanya menyerang orang-orang yang kurang menjaga kebersihannya dengan baik. Penderitanya biasanya akan mengalami beberapa gejala mulai dari rasa gatal yang kemudian disertai dengan lepuhan kulit di sela-sela jari kaki yang akan semakin gatal dan dapat menyebar jika tidak ditangani dengan baik.

Mengalami kutu air tentunya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Maka dari itu, kutu air ini harus segera ditangani. Untuk menanganinya Anda tidak perlu khawatir karena dapat diobati dengan obat-obat alami yang dapat ditemukan di sekitar rumah.

Selain menggunakan salep, berikut ini merupakan obat alami untuk mengatasi kutu air yang telah dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Jumat (13/11/2020).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Bawang putih

Tak hanya sebagai bumbu masak, sejak jaman dahulu kala bawang putih sudah banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal alami. Khasiat dari bawang putih pun sangatlah beragam bagi kesehatan, salah satunya adalah untuk mengatasi kutu air.

Dalam sebuah penelitian yang dirilis oleh Journal of Applied Microbiology pada 2002, bawang putih diketahui miliki sifat antibakteri dan antimikroba yang ampuh untuk mengatasi infeksi yang diakibatkan oleh Candida albicans. Untuk mengatasi kutu air dengan bawang putih ada dua cara, yakni:

1. Cara pertama

Siapkan 4-5 siung bawang putih dan tumbuk hingga hancur. Kemudian pelan-pelan gosokkan ke area yang terkena kutu air. Lakukan secara rutin sebanyak 2 kali sehari supaya rasa gatal pada tempat yang terinfeksi kutu air berkurang.

2. Cara kedua

Siapkanlah baskom dan isi dengan air hangat hingga merendam mata kaki. Masukkan 3-4 siung bawang putih yang sudah ditumbuk, rendam kaki atau tangan Anda yang terinfeksi selama kurang lebih 15-30 menit sampai rasa gatal berkurang. Lakukan hal ini sebanyak 2 kali dalam seminggu secara rutin hingga sembuh.

 

 

3 dari 7 halaman

2. Garam dapur

Garam pastinya adalah salah satu hal yang dapat ditemukan dengan mudah di dapur Anda. Selain sebagai penyedap rasa, garam juga dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi kutu air.

Hal ini karena garam memiliki sifat antibakteri yang dapat mengatasi kutu air. Garam dipercaya dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan mencegah penyebaran kutu air secara efektif.

Caranya pun cukup mudah, yakni hanya dengan merendam kaki di air garam yang hangat selama kurang lebih 20 menit. Setelahnya keringkan kaki Anda karena lembab dapat memperparah gejala kutu air.

 

 

4 dari 7 halaman

3. Baking soda

Baking soda merupakan salah satu obat alami yang dapat mengobati kutu air. Dilansir dari sebuah studi dalam jurnal Mycopathologia pada 2013 menyebutkan bahwa baking soda ternyata dapat digunakan sebagai salah satu obat kutu air alami. Baking soda memiliki sifat antimikroba yang mampu untuk melawan infeksi jamur yang dapat memicu peradangan pada kulit.

Cara untuk memanfaatkan baking soda sebagai obat mengatasi kutu air sangatlah mudah. Campur setengah cakir baking soda (115 gram) ke dalam baskom berisi air hangat di atas mata kaki. Kemudian rendam kaki yang terinfeksi selama kurang lebih 15-20 menit sebanyak 2 kali sehari.

 

 

5 dari 7 halaman

4. Minyak oregano

Salah satu obat kutu air alami yakni minyak esensial oregano. Dalam beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak oregano memiliki kandungan teapeutik yang mengandung 71 persen senyawa antiseptik yang dikenal dengan nama fenol.

Dalam minyak oregano terdapat dua jenis fenol yakni timol dan carvacrol. Dua bahan aktif ini dapat efektif untuk membunuh jamur serta dapat mengendalikan pertumbuhan mikroba berbahaya dalam tubuh.

Terapeutik minyak organo juga dapat digunakan bersamaan dengan minyak tea tree. Caranya cukup mudah, yakni dengan mencampurkan tiga tetes minyak oregano dan dua tetes minyak tea tree, kemudian oleskan pada bagian yang terkena infeksi kutu air.

 

 

6 dari 7 halaman

5. Daun Sirih

Selain beberapa bahan herbal di atas, salah satu cara efektif untuk mengatasi kutu air yakni dengan daun sirih. Daun ini dikenal sebagai antiseptik alami yang dapat membunuh kuman dan penyebab kutu air lainnya.

Caranya cukup mudah, yakni rebus 5 lembar daun sirih dengan air dan garam, kemudian gunakan air rebusan tersebut untuk merendam kaki yang terinfeksi oleh kutu air. Lakukan cara ini hingga infeksinya sembuh.

 

 

7 dari 7 halaman

6. Minyak pohon teh

Minyak tea tree atau minyak pohon teh telah lama digunakan sebagai obat herbal untuk berbagai penyakit. Minyak tea tree ini juga dapat digunakan untuk mengatasi kutu air. Hal ini karena minyak esensial dari tea tree memiliki sifat antiseptik, antijamur, dan antibakteri, sehingga sangat cocok digunakan untuk mengatasi infeksi kutu air.

Dalam sebuah penelitian yang dirilis dalam The Australasian Journal of Dermatology pada 2002, ditemukan bahwa tea tree oil memiliki efek yang sama dengan tolnaftate. Zat tersebut merupakan salah satu obat kutu air atau obat infeksi jamur yang paling banyak digunakan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.