Sukses

Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Sendok, Kurangi Bengkak

Mata panda bisa membuat wajah terlihat lebih tua.

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan mata panda dengan sendok bisa menjadi alternatif mengurangi bengkak di mata. Mata panda merupakan tampilan lingkaran hitam di bawah kelopak mata bawah. Mata panda serig disertai kantung mata yang bisa membuat seseorang tampak lebih tua dan lesu.

Perawatan untuk lingkaran mata gelap tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Ada sejumlah cara menghilangkan mata panda, salah satunya dengan sendok. Cara menghilangkan mata panda dengan sendok ini cukup populer. Cara menghilangkan mata panda dengan sendok berprinsip pada pengaplikasian suhu dingin yang dimiliki sendok.

Cara menghilangkan mata panda dengan sendok bisa kamu coba untuk megatasi tampilan buruk dari kondisi ini. Cara menghilangkan mata panda dengan sendok akan mengurangi kesan lelah, lebih tua, atau tidak sehat.

Berikut cara menghilangkan mata panda, salah satunya dengan sendok, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(20/7/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penyebab umum mata panda

Kurang tidur

Kurang tidur, begadang, dan kelelahan ekstrem dapat menyebabkan lingkaran hitam terbentuk di bawah mata. Kurang tidur dapat menyebabkan kulit menjadi kusam dan pucat. Ini membuat jaringan gelap dan pembuluh darah di bawah kulit lebih terlihat.

Usia

Mata panda bisa menjadi tanda penuaan. Penuaan alami adalah penyebab umum dari lingkaran hitam di bawah mata. Seiring bertambahnya usia, kulit menjadi lebih tipis. Kolagen dan lemak juga akan berkurang dan memengaruhi elastisitas kulit. Ketika ini terjadi, pembuluh darah gelap di bawah kulit menjadi lebih terlihat.

Ketegangan mata

Menatap layar komputer, ponsel, atau TV dapat menyebabkan ketegangan yang signifikan pada mata. Ketegangan ini dapat menyebabkan pembuluh darah di sekitar mata membesar. Akibatnya, kulit di sekitar mata bisa menjadi lebih gelap.

Dehidrasi

Dehidrasi adalah penyebab umum mata panda. Ketika tubuh tidak menerima jumlah air yang tepat, kulit di bawah mata mulai tampak kusam dan mata terlihat cekung.

Paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan tubuh melanin berlebih. Pigmen ini bisa memberi warna gelap pada kulit.

3 dari 5 halaman

Prinsip cara menghilangkan mata panda dengan sendok

Prinsip cara menghilangkan mata panda dengan sendok mirip dengan mengompres mata. Kompres dingin dapat membantu mengurangi pembengkakan dan mengecilkan pembuluh darah yang membesar. Sendok terbuat dari logam aluminium yang bisa menghantarkan suhu dengan baik.

Suhu dingin yang dikeluarkan oleh sendok logam dapat mengompres pembuluh darah yang membengkak. Ini bisa membuat kulit kembali ke ukuran semula dan mendorong perbaikan sirkulasi darah.

4 dari 5 halaman

Cara menghilangkan mata panda dengan sendok

Untuk cara menghilangkan mata panda dengan sendok, kamu cukup menyiapkan dua sendok logam bersih. Taruh sendok ini di dalam freezer selama 5-10 menit agar sendok menyerap suhu dingin. Keluarkan sendok tersebutl lalu tempelkan bagian cembungnya ke mata, khususnya daerah bawah mata. Tekan-tekan dengan perlahan dan lembut, diamkan selama kurang lebih 5-10 menit.

Selain menempelkan dan menekan sendok ke daerah mata panda, kamu juga bisa melakukan gerakan melingkar menggunakan sendok tersebut sampai terasa dinginnya sendok mulai menghilang. Suhu dingin akan meredakan bengkak di bawah mata dan menghilangkan bayangan hitam.

Jika kamu tidak memiliki freezer, kamu bisa menggunakan cara lain untuk mendinginkan sendok. Cara menghilangkan mata panda dengan sendok ini adalah dengan merendam sendok ke dalam air es atau air berisi es batu.

5 dari 5 halaman

Cara menghilangkan mata panda lainnya

Minum cukup air

Untuk mengatasi mata panda akibat dehidrasi, pastikan untuk memenuhi asupan cairan setiap harinya. Tanda tubuh dehidrasi bisa dilihat dari keadaan kulit. Dehidrasi adalah penyebab umum lingkaran hitam di bawah mata.

Kantong teh

Kantong teh sudah terkenal dapat menghilangkan mata panda. Kandungan kafein dalam teh membantu mengecilkan pembuluh darah di bawah kulit dan dapat menghilangkan lingkaran hitam di area mata. Tanin dalam teh juga dapat membantu mengurangi bengkak di mata.

Peras kantong teh untuk menghilangkan kelebihan cairan yang ada. Masukkan kantong teh di lemari es selama 10 hingga 20 menit. Tempatkan kantong teh di mata tertutup hingga 30 menit. Kamu bisa menggunakan kantong teh hitam, hijau, atau herbal untuk mengatasi mata panda.

Timun

Timun memiliki efek anti-inflamasi yang membantu mengurangi bengkak pada mata. Kandungan Timun yang tinggi air dan vitamin C dapat membantu menyehatkan dan melembapkan kulit.

Gunakan mentimun dingin yang sudah disimpan di dalam kulkas. Cuci bersih dan iris tipis timun. Tempelkan pada area mata dan diamkan setidaknya 30 menit. Rilekskan tubuh sementara asam alami mentimun meresap ke dalam kulit. Jika satu sisi mentimun mulai berubah hangat di wajah, balikkan sisinya dan nikmati sensasi dinginnya lagi.

Beri pijatan

Pijatan lembut di sekitar area mata melalui wajah dapat membantu meningkatkan sirkulasi. Kamu bisa memanfaatkan minyak esensial seperti minyak almond atau minyak kelapa untuk mendukung pijatan. Campurkan minyak kelapa dan minyak almond dan pijat lembut dengan gerakan memutar di sekitar mata. Biarkan selama sekitar satu jam. Lakukan setiap hari sebelum tidur.

Gel lidah buaya

Lidah buaya sering digunakan di sekitar mata untuk membantu menyembuhkan atau memperbaiki kulit yang rusak, meringankan pembengkakan, melempapkan, dan mencerahkan kulit.

Jika menggunakan daun lidah buaya segar, kupas bagian luar daun. Biarkan getah kuning di dalam daun menetes keluar, lalu kikis gel beningnya. Gunakan gel bening ini di bawah area mata. Untuk cara yang lebih aman dan praktis, kamu bisa menggunakan produk gel lidah buaya yang dijual bebas di toko perawatan kulit.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini