Sukses

17 Wisata Kebumen Terbaru dan Paling Hits, Bikin Ingin Berkunjung

Wisata Kebumen menyuguhkan pesona alam gunung, gua, bukit, pantai, dan aneka macam outbound.

Liputan6.com, Jakarta Wisata Kebumen terbaru dan paling hits cocok banget untuk menikmati libur akhir pekan dan akhir tahun yang paling dinantikan. Pesona alam gunung, goa, bukit, pantai, dan aneka macam obyek wisata Kebumen terbaru dan paling hits yang menyuguhkan wahana outbound menarik ada. Lengkap sekali kan?

Kebumen adalah sebuah kabupaten di provinsi Jawa Tengah, lokasinya berbatasan dengan kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo. Wisata Kebumen terbaru dan paling hits ada karena letak geografis kabupaten ini. Bagian Selatan kabupaten Kebumen berupa dataran rendah, sementara bagian Utaranya berupa pegunungan dan perbukitan.

Wisata Kebumen terbaru dan paling hits mayoritas menyuguhkan penampang pantai yang indah dan pesona yang megah. Menurut data para ahli dari 53 km panjang pantai yang ada, sebagian besar memiliki fenomena gumuk pasir. Berikut Liputan6.com ulas wisata Kebumen terbaru dan paling hits dari berbagai sumber, Selasa (1/6/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Wisata Kebumen Terbaru dan Paling Hits

Brujul Adventure Park

Tempat wisata Kebumen terbaru dan paling hits yang satu ini masih dipenuhi dengan pepohonan dan bebatuan, cocok sekali untuk kamu yang memiliki jiwa petualangan. Selain itu, wisata Kebumen terbaru dan paling hits ini Instagramable.

Untuk memasuki lokasi wisata Kebumen terbaru dan paling hits yang terletak di Desa Peniron, Pejagoan, Kebumen ini, kamu tak perlu merogoh kantong dalam-dalam. Hanya dengan membayar tiket sejumlah Rp3000 per orang, kamu sudah bisa menikmati indahnya hutan pinus dan pemandangan alam yang masih asri.

Bukit Pentulu Indah

Bukit Pentulu Indah merupakan wisata Kebumen terbaru dan paling hits yang sangat cocok dijadikan lokasi berkemah. Lokasi ini menjadi banyak incaran wisatawan karena menyuguhkan pemandangan yang indah.

Cukup dengan biaya masuk sebesar Rp 5000 dan biaya parkir sebesar Rp 2000, kamu sudah bisa menikmati keindahan alam yang luar biasa wisata Kebumen terbaru dan paling hits ini. Selain tempat berkemah, tempat wisata ini juga menyediakan fasilitas lain, seperti fasilitas outbond dan flying fox.

Gua Jatijajar

Obyek wisata Kebumen terbaru dan paling hits Gua Jatijajar terletak di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Goa ini terbentuk dari batu kapur dan ditemukan oleh seorang petani bernama Jayamenawi yang memiliki tanah di atas goa tersebut.

Kala itu, Jayamenawi sedang mengambil rumput, kemudian jatuh ke sebuah lubang. Ternyata, lubang itu adalah ventilasi yang ada di langit-langit goa. Lubang ini mempunyai garis tengah empat meter dan tinggi dari tanah yang berada di bawahnya 24 meter.

3 dari 6 halaman

Wisata Kebumen Terbaru dan Paling Hits

Bukit Jerit Kebumen

Obyek wisata Kebumen terbaru dan paling hits ini masih berada di kawasan Ayah, bukit Jerit terletak di komplek wisata Pantai Pasir. Di bukit wisata Kebumen terbaru dan paling hits ini, kamu bisa melihat samudera lepas dari atas perbukitan. Udaranya yang segar dan rerumputan yang rimbun menambah daya tarik dari objek wisata yang satu ini.

Pantai Menganti

Tempat wisata Kebumen terbaru dan paling hits pantai Menganti berada di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah. Pantai ini memiliki pasir putih dan bersih dan berada di area perbukitan tebing karst. Wisata Kebumen terbaru dan paling hits ini termasuk dalam Pantai Selatan yang membentang di Pulau Jawa dengan deburan ombak yang bisa dimanfaatkan untuk surfing.

Daya tarik wisata Kebumen terbaru dan paling hits ini adalah hamparan pasirnya yang putih dan birunya laut dikelilingi bukit-bukit hijau dan tebing yang tinggi menjulang. Terdapat tebing pantai raksasa di bagian barat Pantai Menganti yang disebut Tebing Bidadari. Pada musim hujan, kamu dapat melihat keindahan tebing-tebing tersebut berhiaskan empat curug yang turun dari ketinggian lebih dari 30 meter.

Pantai Laguna Puring

Pantai Kebumen tak hanya menawarkan air laut semata. Di tempat wisata Kebumen terbaru dan paling hits ini kamu bisa menikmati air tawar yang berasal dari aliran sungai di sekitarnya. Pantai yang juga memiliki hamparan rumput hijau di sekitarnya ini memang sangat unik dan indah, sehingga sangat wajib mengunjunginya saat berada di Kebumen.

Aliran sungai di sekitar wisata Kebumen terbaru dan paling hits ini akan terlihat jelas saat kondisi pantai sedang surut. Sungai wisata Kebumen terbaru dan paling hits ini akan membentuk laguna yang indah dengan hamparan rumput hijau kekuningan di bagian tengahnya.

Pantai Surumanis

Obyek wisata Kebumen terbaru dan paling hits pantai ini terletak di Desa Pasir Kecamatan Ayah dan berbatasan dengan Desa Srati Kecamatan Ayah. Untuk yang suka menantang adrenalin, berkunjung ke Pantai Surumanis bisa dicoba.

Medan menuju ke wisata Kebumen terbaru dan paling hits ini cukup ekstrem dan penuh tantangan. Jalan setapaknya kecil dan tanah berlumpurnya licin. Itulah sebabnya pantai ini jarang dikunjungi orang. Wisata Kebumen ini kamu bisa menikmati pantai layalnya pantai pribadi.

4 dari 6 halaman

Wisata Kebumen Terbaru dan Paling Hits

Benteng Van Der Wijck

Benteng ini adalah benteng pertahanan Hindia-Belanda yang dibangun sekitar abad ke 19. Wisata Kebumen terbaru dan paling hits ini terletak di Kota Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, kira-kira 300 m dari jalan raya Kebumen-Yogyakarta, benteng ini adalah salah satu obyek wisata Kebumen terbaru dan paling hits di Jalur Pantai Selatan.

Nama Van Der Wijck sendiri berasal dari nama komandan pada saat itu yang karirnya cukup cemerlang dalam membungkam perlawanan rakyat Aceh. Pada awal didirikan, benteng ini diberi nama Fort Cochius (Benteng Cochius) dari nama salah seorang Jenderal Belanda Frans David Cochius (1787-1876) yang pernah ditugaskan di daerah Bagelen (salah atu wilayah karesidenan Kedu).

Tak sekedar benteng tua, kini pihak pengelola juga melengkapi obyek wisata Kebumen terbaru dan paling hits ini dengan taman bermain anak seperti kincir putar, perahu angsa, mobil-mobilan dll. Jadi, obyek wisata Kebumen terbaru dan paling hits ini cocok dijadikan destinasi wisata keluarga.

Roemah Martha Tilaar

Roemah Martha Tilaar terletak di jalur selatan Pulau Jawa yang ramai dengan kendaraan bus maupun truk, ada sebuah “lorong” waktu bisa membawa kamu menjelajah sejarah sang pendiri Martha Tilaar. Tempat wisata Kebumen terbaru dan paling hits yang menyimpan segala kenangan tentang Martha Tilaar ini bisa ditemui di Jalan Sempor Lama Nomor 28.

Obyek wisata Kebumen terbaru dan paling hits ini adalah rumah masa kecil Martha. Roemah Martha Tilaar merupakan bangunan lama bergaya arsitektur neoklasik Eropa yang telah dipugar. Bangunan dengan tegel-tegel bermotif serta berkaca patri ini kini bertransformasi menjadi bangunan baru yang siap dikunjungi oleh wisatawan.

Pantai Wedi Putih

Pasirnya yang putih dengan karang-karang yang besar, menjadi daya tarik tersendiri wisata Kebumen terbaru dan paling hits ini. Pantai Wedi Putih berada di sekitar lokasi Pantai Karang Agung, dan bisa mencapainya dengan menuruni jalan setapak di perbukitan yang indah.

Wisata Kebumen terbaru dan paling hits ini menyuguhkan keindahan karang-karang yang menjulang tinggi, atau bisa juga untuk sekedar berendam di antara bebatuan besar ini. Suasana di pantai ini sangat tenang, sehingga cocok bagi yang ingin menghabiskan waktu dengan bersantai.

 

5 dari 6 halaman

Wisata Kebumen Terbaru dan Paling Hits

Waduk Sempor

Waduk Sempor merupakan obyek wisata Kebumen terbaru dan paling hits yang menawarkan kesejukan, serta pemandangan matahari terbit yang indah. Lokasinya terletak di perbukitan dengan ribuan pohon pinus.

Waduk wisata Kebumen terbaru dan paling hits ini merupakan bendungan yang menghubungkan Sungai Jatinegara atau Sungai Sempor, Sungai Cicingguling, dan Samudra Hindia. Kamu bisa berfoto di tempat yang instagramable ini sembari menikmati udara yang sejuk dan pamandangan alam yang indah.

Goa Barat

Nama Gua Barat berasal dari karakter alamiah sekitar goa, yaitu ketika angin kencang dari arah dalam seringkali menerpa mulut gua. Angin kencang tersebut dalam bahasa Jawa dijuluki angin barat sehingga masyarakat sekitar menamai goa ini dengan goa barat.

Tenang saja untuk masuk kedalam wisata Kebumen terbaru dan paling hits ini, kamu akan dipandu oleh seseorang pengelola yang sudah terbiasa memandu para wisatawan yang ingin mengeksplor dan menelusuri goa barat ini. Setiap pemandu akan menunjukan tempat-tempat yang keren untuk kalian mengabadikan lewan foto, serta pemandu juga akan menjelaskan tentang sejarah yang pernah ada di wisata goa barat ini.

Pantai Petanahan

Pantai Petanahan wisata Kebumen terbaru dan paling hits berlokasi di Desa Karanggadung, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Disepanjang jalan menuju pantai berjajar pohon kelapa yang menambah kesan teduh.

Tempat wisata Kebumen terbaru dan paling hits ini menyajikan perpaduan suasana pantai dan hutan yang menenangkan. Pantai Petanahan juga dikenal dengan deburan ombak pantai selatannya yang memesona.

Pantai Kebumen ini termasuk pantai primadona bagi wisatawan sekitar maupun luar kota. Fasilitas yang ditawarkan pun cukup lengkap menjadikan Pantai Petanahan cocok sebagai destinasi wisata liburan bersama keluarga dan teman.

Bukit Penutulu Indah

Wisata Kebumen terbaru dan paling hits berikutnya adalah Bukit Penutulu Indah. Destinasi wisata Kebumen terbaru dan paling hits ini sangat cocok bagi Anda yang merencanakan kegiatan berkemah atau camping bersama keluarga maupun teman.

Di wisata Kebumen terbaru dan paling hits, Anda bisa berkemah sambil menikmati pemandangan alam dari atas bukit yang menawan. Cukup dengan membayar tiket masuk sebesar Rp5.000 dan tiket parkir Rp2.000 Anda bisa mendapatkan pengalaman liburan yang menarik.

Bukit camping wisata Kebumen terbaru dan paling hits ini juga dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas, seperti outbound dan flying fox. Tentu Anda bisa mencoba fasilitas permainan tersebut untuk menambah keseruan saat liburan.

6 dari 6 halaman

Wisata Kebumen Terbaru dan Paling Hits

Pantai Suwuk

Pantai Suwuk wisata Kebumen terbaru dan paling hits ini ada di kawasan Puring, Kabupaten Kebumen dan Pulau Lengkuas. Bisa dijadikan pilihan menghabiskan liburan akhir tahun.

Pantai Suwuk terletak di Dusun Suwuk, Desa Tambakmulyo, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Wisata Kebumen terbaru dan paling hits ini cukup mudah diakses sehingga ramai dikunjungi wisatawan. Pantai Suwuk memiliki pemandangan perbukitan yang menjulang tinggi di sekitarnya.

Pemandangan pegunungan di sisi barat dengan tiga bukit menjulang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia dan Pantai Karangbolong. Pantai ini juga memiliki padang pasir hitam pantai yang luas disertai, tanaman pandan, cemara udang dan rerumputan.

Wisata Kebumen terbaru dan paling hits ini memiliki fasilitas yang lengkap serta wahana lain yang mendukung seperti kebun binatang mini dan Mini Water Boom.

Pantai Karang Agung

Pantai Karang Agung wisata Kebumen terbaru dan paling hits terletak di Desa Argopeni. Pantai ini cukup sulit dijangkau karena harus melalui jalan setapak kecil dan perbukitan. Namun, energi yang dikeluarkan akan terbayar dengan keindahan pantai ini.

Pantai wisata Kebumen terbaru dan paling hits satu ini merupakan pantai berkarang sehingga tak banyak ditemui pasir pantai terlebih jika air laut pasang. Perpaduan birunya laut dan hijaunya pepohonan di sekitar pantai membuat pantai ini sangat istimewa. Pantai Karang Agung juga salah satu pantai paling alami dan bersih di Kebumen.

Pantai Ayah

Pantai Ayah terletak 8 km selatan Gua Jatijajar. Wisata Kebumen terbaru dan paling hits ini berada di antara laut selatan dengan kawasan hutan jati milik Perum Perhutani KPH Kedu menjadikannya pantai dengan perpaduan hutan yang menawan.

Pantai Ayah juga digunakan sebagai Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI), di sini wisatawan juga bisa sekaligus menikmati hasil tangkapan laut yang segar. Anda juga dapat menyewa perahu untuk menyusuri muara Sungai Bodo yang dikelilingi perbukitan sejuk.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.