Sukses

11 Jenis Timbangan dan Harganya, Lengkap dengan Cara Menggunakan

Semakin baik kualitas jenis timbangan, maka akan semakin mahal pula harga jualnya.

Liputan6.com, Jakarta Mengenal timbangan adalah alat yang digunakan untuk mengukur massa atau berat suatu benda. Apa saja jenis timbangan yang ada dalam kehidupan sehari-hari dan berapa kira-kira harganya?

Jenis timbangan yang paling sering digunakan adalah timbangan badan dan timbangan kodok untuk menimbang berat bahan-bahan makanan.

Berbagai jenis timbangan dari cara kerjanya terdiri dari tiga bagian, yakni jenis timbangan digital, jenis timbangan manual, dan jenis timbangan hybrid. Harga tiga jenis timbangan ini pun berbeda-beda.

Semakin baik kualitas jenis timbangan, maka akan semakin mahal pula harga jualnya. Berikut Liputan6.com ulas jenis timbangan dan harganya, Sabtu (4/12/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jenis Timbangan dan Harganya

1. Jenis Timbangan Emas

Timbangan emas bukan berarti jenis timbangan ini terbuat dari emas. Jenis timbangan ini dibuat secara khusus untuk menimbang logam emas. Timbangan emas ini memiliki akurasi perhitungan yang sangat tinggi. Jenis timbangan ini terdiri daru dua jenis, yaitu timbangan versi digital dan manual. Harga jenis timbangan emas: Rp37 ribu sampai Rp200 ribuan.

2. Jenis Timbangan Duduk

Timbangan duduk adalah jenis timbangan di mana benda yang ditimbang dalam keadaan duduk atau sering diketahui Platform Scale. Harga jenis timbangan duduk: Rp130 ribu sampai Rp300 ribuan.

3. Jenis Timbangan Kodok

Neraca duduk atau neraca kodok adalah jenis timbangan neraca yang sering kita lihat di pasar. Berdasarkan fungsinya, jenis timbangan kodok digunakan untuk mengukur berat bahan-bahan makanan, rempah, buah-buahan atau yang lainnya.

Untuk menggunakan jenis timbangan ini, ada anak batu yang perlu dipakai untuk mengukur berat. Anak batu yang tersedia terdiri dari beberapa ukuran, yakni 50 gr (1/2 ons), 100 gr(1 ons), 200 gr (2 ons), 500 gr (1/2 kg), dan terberat 1000 gr (1 kg). Kapasitas maksimal berat yang ditampung adalah 10 kg. Harga jenis timbangan kodok: Rp300 ribu sampai Rp500 ribuan.

3 dari 4 halaman

Jenis Timbangan dan Harganya Selanjutnya

4. Jenis Timbangan Neraca

Timbangan neraca biasanya terdapat di laboratorium dan jenis timbangan ini sering digunakan untuk latihan penelitian di ruang lab sekolah. Jenis timbangan neraca biasanya digunakan untuk menimbang benda kecil, seperti sample zat maupun obat.

Menggunakan jenis timbangan neraca, seseorang dapat mengukur massa benda yang sangat ringan yang tidak mungkin ditimbang menggunakan alat ukur biasa. Massa benda yang bisa diukur bisa di tingkat ketelitian 0,01 kg. Harga jenis timbangan neraca: Rp200 ribu sampai Rp1 jutaan.

5. Jenis Timbangan Hewan

Timbangan hewan ini digunakan khusus untuk mengukur hewan-hewan ternak, seperti sapi, kerbau, dan kambing. Tentu saja kapasitas berat jenis timbangan yang bisa ditimbang sangat tinggi antara ratusan kilo hingga per ton.

Cara menggunakan jenis timbangan hewan sangat mudah. Cukup naikkan hewan ternak ke atas papan jenis timbangan hewan. Kemudian data berat akan muncul di jenis timbangan hewan. Harga jenis timbangan hewan: Rp300 ribu sampai Rp1 jutaan.

6. Jenis Timbangan Analog

Timbangan analog merupakan jenis timbangan yang biasa digunakan dalam rumah tangga. Jenis timbangan ini sering digunakan oleh pedagang sayur, buah, ikan, dan sejenisnya. Harga jenis timbangan analog: Rp40 ribu sampai Rp1 Jutaan.

7. Jenis Timbangan Gantung

Timbangan gantung merupakan jenis timbangan yang diletakkan menggantung dan bekerja dengan prinsip tuas, yang biasanya untuk menimbang padi, kacang hijau maupun buah-buahan yang dimaksukkan ke dalam karung. Harga jenis timbangan gantung: Rp20 ribu sampai Rp100 ribuan.

4 dari 4 halaman

Jenis Timbangan dan Harganya Lainnya

8. Jenis Timbangan Badan

Timbangan badan biasa kita temui di rumah sakit atau apotek ini sering sekali digunakan. Cara menggunakan jenis timbangan badan ini yaitu dengan menginjak timbangan tersebut, untuk dapat mengetahui dan membandingkan semua beban. Harga jenis timbangan badan: Rp50 ribu sampai Rp500 ribuan.

9. Jenis Timbangan Manual

Timbangan manual merupakan jenis timbangan yang bekerja secara mekanis dengan sistem pegas. Umumnya jenis timbangan ini menggunakan indikator berupa jarum sebagai penunjuk ukuran massa yang telah terskala. Harga jenis timbangan manual: Rp30 ribu sampai Rp700 ribuan.

10. Jenis Timbangan Digital

Timbangan digital merupakan jenis timbangan yang bekerja secara elektronis dengan tenaga listrik. Biasanya jenis timbangan ini menggunakan arus lemah dan indikatornya berupa angka digital pada layar bacaan. Harga jenis timbangan digital: Rp40 ribu sampai Rp2 jutaan.

11. Jenis Timbangan Hybrid

Timbangan hybrid merupakan jenis timbangan yang cara kerjanya adalah perpaduan antara timbangan manual dan digital. Jenis timbangan ini sering kali digunakan untuk lokasi penimbangan yang tidak ada aliran listrik. Selain itu jenis timbangan hybrid menggunakan diplay digital tetapi bagian platform menggunakan plat mekanik. Harga jenis timbangan hybrid: Rp4 juta sampai Rp8 jutaan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.