Sukses

8 Manfaat Membaca Surat Al-Ikhlas yang Rutin Diamalkan, Umat Islam Wajib Tahu

Ada segudang manfaat membaca surat Al-Ikhas, salah satunya yakni menjadi sebagai jembatan masuk ke surga.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat membaca surat Al-Ikhlas jarang diketahui oleh umat Muslim. Surat Al Ikhlas adalah salah satu surah di dalam al-Qur'an yang isi ayatnya membahas mengenai konsep ketuhanan dan keesaan Allah SWT.

Surat ini tergolong dalam surat Makkiyah karena diturunkan di kota Mekkah. Surat Al-Ikhlas sendiri terdiri dari empat ayat dan pokok isinya adalah menegaskan keesaan Allah sembari menolak segala bentuk penyekutuan terhadap-Nya. 

Surat Al Ikhlas sendiri menjadi surat pendek yang paling banyak dilantunkan saat sholat fardhu maupun sunnah. Ada segudang manfaat membaca surat Al-Ikhas, salah satunya yakni menjadi sebagai jembatan masuk ke surga.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai manfaat membaca surat Al Ikhlas yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (15/4/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Dijaga dari Segala Kesusahan

Mengutip dari buku Berdzikirlah Pasti Hatimu akan Tenang karya Nurul Qamariyah, menjelaskan tentang manfaa membaca surat Al Ikhlas. Salah satunya adalah Allah SWT akan menjaga atau memelihara kita, menjauhkan kita dari segala bentuk kesusahan, dan lainnya. Rasulullah Saw pernah bersabda kepada Ali bin Abi Thalib Ra.,

“Barang siapa hendak pergi bepergian, kemudian ketika ia hendak meninggalkan rumahnya, ia membaca surat Al-Ikhlas 11 kali, maka Allah memelihara rumahnya sampai ia kembali.”

2. Dimudahkan dalam Sakaratul Maut

Ibnu Sa’id Khanafi juga menjelaskan tentang manfaat membaca surat Al Ikhlas. Menurutnya, barang siapa yang membaca surat Al-Ikhlas dan mengamalkannya dengan hati yang ikhlas, maka ia akan dilepaskan dari kesusahan duniawi, dimudahkan dalam sakaratul maut, dihindarkan dari kegelapan kubur, dan dijauhkan dari kengerian Hari Kiamat nanti.

3. Dibangunkan Istana di Surga

Dari Mu’adz bin Anas Al-Juhaniy radhiyallahu ‘anhu, ia berkata behwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Siapa yang membaca ‘qul huwallahu ahad’ (surat Al Ikhlas) sampai ia merampungkannya sebanyak sepuluh kali, maka akan dibangunkan baginya istana di Surga.” (HR. Ahmad, hadis ini hasan)

4. Jembatan Masuk Surga

Setiap Muslim yang senantiasa membaca dan mengamalkan Surat Al Ikhlas akan mendapat perlindungan dari Allah SWT. Selain itu, Surat Al Ikhlas juga sebagai jembatan umat Muslim untuk masuk surga. Hal ini sebagaimana yang disebutkan dalam Hadist Riwayat Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu yang berkata:

"Aku datang bersama Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam, lalu beliau mendengar seseorang membaca surat Al Ikhlas. Maka Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: ‘Telah wajib’, aku bertanya: 'Apa yang wajib?’ Beliau bersabda, ‘(Telah wajib baginya) surga.’"

3 dari 3 halaman

5. Mendapat Ampunan Dosa

Salah satu manfaat membaca surat Al Ikhlas adalah mendapat ampunan dosa. Seorang Muslim yang senantiasa membaca dan mengamalkan Surat Al Ikhlas, akan mendapatkan ampunan dosa dari Allah SWT. Hal ini sebagaimana dalam Hadist Mihjan bin al Adru’ Radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata:

"Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam masuk ke dalam masjid, tiba-tiba (ada) seseorang yang telah selesai dari shalatnya, dan ia sedang bertasyahhud, lalu ia berkata: ‘Ya Allah, sesungguhnya aku meminta (kepadaMu) bahwa sesungguhnya Engkau (adalah) Yang Maha Esa, Yang bergantung (kepadaMu) segala sesuatu, Yang tidak beranak dan tidak pula diperanakkan, dan tidak ada seorang pun yang setara denganNya, ampunilah dosa-dosaku, (karena) sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang,’ kemudian Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ‘Sungguh ia telah diampuni (dosa-dosanya),’ beliau mengatakannya sebanyak tiga kali.”

6. Malaikat Turut Menyolatkan saat Meninggal Dunia

Seseorang yang membaca surat Al Ikhlas, malaikat akan turut menyolatkan saat ia meninggal dunia. Sebanyak 70 ribu malaikat akan turun dan menyolatkan seorang muslim yang mengamalkan surat ini. Sebab, Allah SWT telah menjanjikan keistimewaan yang besar bagi umat Muhammad SAW yang mau membaca surat Al Ikhlas.

Hal ini sebagaimana yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik bahwa malaikat Jibril menyampaikan kabar kepada Rasulullah SAW saat melihat matahari lebih redup dari biasanya. “Sesungguhnya itu Muawiyah bin Muawiyah Al Laisi, dia telah meninggal dunia pada hari ini di Madinah, maka Allah mengirimkan kepadanya sebanyak 70 ribu malaikat untuk mensholatinya.”

7. Dijauhkan dari Gangguan Setan Saat Tidur

Manfaat membaca surat Al Ikhlas apabila dilakukan sebelum tidur maka akan menjauhkan seseorang dari gangguan setan selama tidur. Rasulullah SAW membaca surat Al Ikhlas setiap kali hendak tidur. Dalam Hadits A’isyah Radhiyallahu ‘anha, beliau berkata:

“Sesungguhnya apabila Nabi SAW ingin merebahkan tubuhnya (tidur) di tempat tidurnya setiap malam, beliau mengumpulkan ke dua telapak tangannya, kemudian beliau sedikit meludah padanya sambil membaca surat ‘Qul Huwallahu Ahad’  dan ‘Qul A’udzu bi Rabbin Naas’ dan ‘Qul A’udzu bi Rabbil Falaq,’ kemudian (setelah itu) beliau mengusapkan ke dua telapak tangannya ke seluruh tubuhnya yang dapat beliau jangkau. Beliau memulainya dari kepalanya, wajahnya, dan bagian depan tubuhnya. Beliau melakukannya sebanyak tiga kali.”

8. Mendapat Pahala Sepertiga Al Quran

Manfaat membaca surat Al Ikhlas selanjutnya adalah mendapat pahala sepertiga Al-Qur’an. Surat ini merupakan suatu amalan yang sebanding dengan sepertiga bacaan Al-Qur’an seperti yang dijelaskan dalam sebuah hadist Riwayat Abu Sa’id al Khudri Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata:

“Sesungguhnya seseorang mendengar orang lain membaca surat Al Ikhlas dengan mengulang-ulangnya, maka tatkala pagi harinya, ia mendatangi Rasulullah dan menceritakan hal itu kepadanya, dan seolah-olah orang itu menganggap remeh surat itu, maka bersabdalah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam: ‘Demi Dzat yang jiwaku berada di tanganNya, sesungguhnya surat itu sebanding dengan sepertiga al Qur'an.’”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.