Sukses

Sepeda Terkecil di Dunia Ini Bisa Dinaiki Orang Seberat 100 Kg, Sebesar Sepatu

Sepeda terkecil di dunia yang bisa dinaiki.

Liputan6.com, Jakarta Selain menyehatkan, sepeda menjadi pilihan alternatif moda transportasi ramah lingkungan. Tak heran jika berbagai jenis dan variasi sepeda selalu mengikuti tren perkembangan sepeda. Ada sepeda yang punya ukuran super besar, ada pula sepeda yang ukurannya sangat kecil yang dinobatkan sebagai sepeda terkecil di dunia.

Melansir dari Oddity Central, sepeda terkecil ini ternyata tak hanya sekedar hiasan saja. Sepeda terkecil di dunia ini bisa dinaiki orang. Menariknya lagi, sepeda unik ini bisa dikayuh dengan menempatkan kaki pada posisi yang sangat sulit. Pasalnya, ukuran sepeda mungil ini justru sama dengan sebuah sepatu. 

Sepeda terkecil yang bisa dinaiki ini dibuat oleh konten kreator sekaligus YouTuber DIY “Q”. Lewat video di laman YouTube pribadinya yang berjudul “The Smallest Functional Bike”, pria itu merakit sepeda mungilnya dari awal sampai akhir dengan kedua tangannya. 

Menariknya, komponen sepeda mulai dari kemudi hingga ban terbuat sama persis dengan komponen sepeda normal. Berikut Liputan6.com merangkum keunikan sepeda terkecil di dunia ini melansir dari Oddity Central, Minggu (9/4/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sepeda Terkecil di Dunia Pakai Komponen Kuat

Baru-baru ini, The Q, seorang YouTuber terkenal dan ahli DIY, meluncurkan sepeda fungsional terkecil di dunia yang mampu menopang berat hingga 100 kilogram. Meskipun ukurannya tak masuk akal, sepeda yang dinamakan Big Boy ini dapat dikendarai dan dibuat dari awal menggunakan roda sepatu roda dan rangka besi yang kuat.

Dalam video YouTube yang sangat populer, The Q menjelaskan secara rinci tentang pembuatan sepeda tersebut. Menariknya video rakitan sepeda terkecil di dunia itu telah ditonton lebih dari 14 juta kali pada saat ini. Namun, teknik ini bukanlah sesuatu yang bisa dibuat oleh siapa saja.

Membuat sepeda mungil mungkin bisa dilakukan, namun memastikan bahwa orang dewasa dapat mengendarainya adalah hal lain yang sepenuhnya sulit. Meskipun Big Boy tidak nyaman untuk dikendarai, bahkan untuk anak-anak, The Q telah menunjukkan dalam video DIY-nya yang viral bahwa itu bisa dilakukan.

3 dari 3 halaman

Sepeda Terkecil Dinaiki Tanpa Sadel

Mungkin banyak yang berpikir bahwa sepeda yang lengkap harus memiliki kursi, yang tidak dimiliki oleh Big Boy. Namun, kecuali jika Anda memiliki sepeda terkecil di dunia, hal itu tidak akan memberikan banyak manfaat. Selain itu, stang sepeda juga berfungsi seperti pedal, dan jika Anda dapat menjaga keseimbangan, Anda masih bisa mengendarainya.

Dalam video tersebut juga ditampilkan pemilik akun melakukan pengelasan dan perhitungan terperinci agar sepeda mungil kuat menopang badan yang berat. Sepeda tersebut dibuat menggunakan besi metal yang kuat. Bahkan ada rantai sepeda yang menghubungkan pedal dan roda belakang, sama seperti sepeda pada umumnya. 

Bagaimana, tertarik mencoba?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.