Sukses

Terperangkap di Reruntuhan Gempa, Pria Ini Ditemukan Hidup Setelah 12 Hari

Seteleh gempa yang mengguncang Turki, pria ini justru ditemukan hidup setelah 12 hari.

Liputan6.com, Jakarta Gempa dahsyat yang mengguncang Turki pada Senin 6 Februari, membuat dua retakan besar di kerak bumi. Gempa ini diketahui memiliki daya guncang sebesar 7,8 Magnitudo, dan menelan hingga ribuan korban. Kondisi alam ini, tentu menjadi perhatian banyak media di seluruh dunia.

Mengutip dari iTV, korban dari gempa Turki ini telah menelan ribuan korban jiwa. Setelah bencana ini, berbagai upaya dilakukan oleh tim evakuasi. Melansir dari laman Siakapkeli, baru-baru ini tim penyelamat berhasil menemukan seorang pria, yang masih hidup setelah 12 hari terperangkap.

Menurut portal berita lokal, Daily Sabah, pria yang bernama Hakan Yasinoğlu ini ditemukan di bawah reruntuhan di provinsi Hatay, sekitar 278 jam setelah gempa terjadi pada Senin pekan lalu. Gempa ini telah merenggut lebih dari 43.000 jiwa di Turki dan Suriah, di mana puluhan ribu korban ditemukan dalam keadaan luka-luka.

Berikut ini potret korban di reruntuhan gempa yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (19/2/2023). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ditemukan setelah 12 hari

Setelah tim penyelamat yang ada di Turki melakukan evakuasi, terdapat salah satu korban yang terperangkap, dibalik reruntuhan gempa setelah 12 hari. Korban yang bernama Hakan Yasinoğlu ini, kemudian dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

Tak hanya itu saja, dua hari lalu tim penyelamat juga menemukan seorang bocah lelaki berusia 14 tahun, dua pria dewasa, dan seorang ibu yang masih hidup di bawah reruntuhan.

3 dari 4 halaman

Mendapatkan pertolongan di Rumah Sakit

Remaja yang bernama Osman, kemudian diselamatkan sekitar 260 jam, setelah gempa berkekuatan 7,8 melanda negara itu, ungkap Menteri Kesehatan Fahrettin Koca di Twitter.

Fahrettin Koca juga mengungkapkan bahwa Osman dibawa ke rumah sakit di Antakya, tepatnya di provinsi yang terkena dampak, Hatay. Mengutip laporan dari kantor berita Anadolu, tim penyelamat berhasil menemukan dan menyelamatkan Osman, setelah mendengar suara-suara dari reruntuhan bangunan.

Di gedung yang sama, penyelamat menemukan 17 mayat sebelum menemukan Osman, satu-satunya yang selamat saat ditemukan.

4 dari 4 halaman

Ditemukan dua pria dewasa

Satu jam setelah Osman ditemukan, beberapa penyelamat dari berbagai area pencarian menemukan dua pria dewasa di Antakya. Menurut Koca, kedua pria tersebut langsung mendapat perawatan dari petugas kesehatan.

Mengutip laporan kantor berita DHA, korban yang ditemukan adalah Mehmet Ali Sakiroglu (26) dan Mustafa Avci (33). Keduanya ditemukan di reruntuhan gedung yang sama. "Aku baik-baik saja, tidak ada hal buruk yang terjadi," kata Avci saat menghubungi keluarganya melalui video yang dibagikan Koca.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini