Sukses

Tak Dinilai dari Penampilan, Peserta Interview Pekerjaan Ini Harus Pakai Topeng

Proses lamaran pekerjaan mengedepankan kemampuan.

Liputan6.com, Jakarta Sudah bukan menjadi hal asing melihat lowongan pekerjaan yang harus menyertakan ketentuan penyedia loker. Seperti berpenampilan menarik, kerap menjadi poin utama sebuah lowongan pekerjaan. Kendati demikian kriteria penampilan menarik hingga kini masih samar untuk ditetapkan sebagai ukuran. Mengingat cantik dan tampan itu relatif. 

Hal inilah yang diterapkan sebuah penyedia lowongan pekerjaan yang tak mementingkan penampilan para pelamar. Malaha, para pelamar di perusahaan logistik asal China itu diharuskan untuk memakai topeng selama proses wawancara berlangsung. Penguji sama sekali tak bisa melihat wajah pelamar. 

Proses interview unik ini sukses menjadi sorotan di jagat maya. Mengingat kebanyakan lowongan sering menyertakan syarat bisa berpenampilan menarik. Perusahaan mengklaim bahwa video tersebut diambil pada pameran perekrutan dua tahunan baru-baru ini dan bahwa topeng diperkenalkan untuk menghilangkan bias berdasarkan penampilan.

Melansir dari Oddity Central, para pelamar tentu tak khawatir akan penampilan mereka. Justru proses seleksi calon karyawan berdasarkan percakapan itulah bisa fokus pada kemampuan dan prestasi pelamar. Berikut Liputan6.com merangkum interview unik ini, Selasa (14/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jauhkan Diskriminasi

Keputusan perusahaan memberikan syarat khusus pada para pelamarnya mengenakan topeng ini mendapat respon baik. Tak hanya dari netizen, para pelamar justru suka dengan model interview tersebut. Selain agar tak dibeda-bedakan, pelamar pekerjaan yang memakai topeng itu bisa lebih dihargai soal kemampuannya

Perusahaan logistik China tersebut mengatakan bahwa metode rekrutmen yang aneh diterapkan untuk mengurangi tingkat stres calon pekerja. Selain itu juga untuk menekankan fakta bahwa mereka lebih menghargai kemampuan individu daripada penampilan mereka.

Video yang beredar di media sosial Tiongkok umumnya mendapat umpan balik positif dari jutaan orang, banyak di antaranya mengatakan bahwa mereka tidak keberatan mengenakan masker saat melamar pekerjaan baru.

“Sebagai orang dengan fobia sosial, saya akan sangat menikmati wawancara kerja seperti itu,” tulis seseorang di Douyu.

"Ini kesetaraan, ketampanan tidak boleh dihitung," tambah yang lain.

3 dari 3 halaman

Pakai Topeng Polos dan Berkarakter Unik

Kendati demikian, ada pihak yang meragukan keaslian penjelasan yang ditawarkan pihak perusahaan. Meskipun rekaman itu memang diambil oleh pelamar pekerjaan yang sebenarnya, topeng tersebut diduga dikeluarkan untuk melindungi identitas orang karena wawancara tersebut disiarkan langsung.

Beberapa orang mengklaim bahwa setelah video tersebut menjadi viral, Chengdu Ant Logistics hanya mengubah wawancara tersebut menjadi aksi publisitas.

Terlepas dari itu, lewat foto yang beredar para pelamar terlihat mengenakan beragam topeng. Kebanyakan topeng mereka berwujud polos. Namun ada juga dengan karakter kucing yang menggemaskan. Mereka terlihat santai berkumpul sambil fokus melakukan wawancara tanpa melihat wajah satu sama lain. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.