Sukses

Contoh Present Continuous Tense, Berikut Pengertian dan Pola Kalimatnya

Contoh present continuous tense dapat diketahui dari pola kalimat dan kata kerjanya. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui pola kalimatnya.

Liputan6.com, Jakarta Membuat contoh present continuous tense sebenarnya sangat mudah jika mengetahui pola jenis kalimat tersebut. Present Continuous Tense adalah sebuah kalimat yang melibatkan kata kerja untuk menunjukkan bahwa suatu tindakan yang sedang berlangsung, sedang terjadi, baik pada saat kalimat ucapan atau sekarang dalam arti yang lebih luas.

Lebih dari itu, beberapa contoh present continuous tense juga dapat digunakan untuk menunjukkan bahwa suatu aksi akan terjadi dalam waktu dekat. Contoh present continuous tense biasanya hadir dalam bentuk kalimat dengan pola tertentu.

Misalnya dalam contoh present continuous tense berikut:

"You are learning English now. (Kamu sedang belajar bahasa Inggris sekarang."

Dalam contoh present continuous tense tersebut menunjukkan bahwa subjek "You" sedang melakukan tindakan berupa learning "belajar". Adapun tindakan yang dimaksud dalam kalimat tersebut sedang berlangsung, tidak terjadi sebelumnya, tidak terjadi kemarin, dan tidak terjadi di masa depan.

Untuk lebih memahami apa itu present continuous, berikut formula dan contoh present continuous tense, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (6/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Present Continuous Tense

Seperti yang dapat dilihat dari contoh kalimat sebelumnya, present continuous tense merupakan suatu kalimat yang menerangkan bahwa suatu tindakan sedang dilakukan, masih dalam proses, dan belum selesai. Present continuous tense juga menunjukkan bahwa suatu tindakan sedang dilakukan saat ini, ketika kalimat diucapkan.

Dalam menunjukkan suatu tindakan tengah dilakukan atau masih dalam proses, present continuous tense hadir dalam pola atau formula tertentu tergantung bentuk kalimatnya. Present continuous tense sendiri dapat hadir dalam beberapa bentuk kalimat, yakni affirmative (kalimat positif), negative sentence, dan interrogative sentence (kalimat tanya).

Setiap bentuk kalimat present continuous memiliki formula yang berbeda. Adapun formula present continuous tense antara lain sebagai berikut.

3 dari 5 halaman

Affirmative

Berikut formula present continuous tense dalam bentuk kalimat positif:

Subjek (I, you, we, they, he, she, it) + to be (is, am, are) + verb-ing

Contoh present continuous tense:

1. It is raining and my son is waiting for me to pick him up. (Sekarang hujan, dan anak saya sedang menunggu saya untuk menjemputnya)

2. Adila is writing a letter to express her feelings to her classmate. (Adila sedang menulis surat untuk mengungkapkan perasaannya kepada teman sekelasnya.)

3. Aaron is dancing in the dark. (Aaron sedang menari dalam kegelapan)

4. I am trying to get my math homework done. (Saya sedang mencoba untuk menyelesaikan PR matematika saya.)

5. The builders are leaving the project site because of the snow. (Para tukang tengah meninggalkan lokasi proyek karena salju.)

6. You are destroying the beautiful dress by playing in the mud. (kamu sedang menghancurkan gaun indah itu dengan bermain di lumpur.)

7. My little girl is sleeping next to her mother in the living room. (Gadis kecilku sedang tidur di samping ibunya di ruang tamu.)

8. His daddy is building this gorgeous castle for his future family. (Ayahnya sedang membangun kastil yang indah ini untuk keluarga masa depannya.)

9. Alexa is baking nice banana bread in the kitchen with her brother. (Alexa sedang memanggang roti pisang yang enak di dapur bersama kakaknya.)

4 dari 5 halaman

Negative

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, present continuous juga bisa hadir dalam bentuk kalimat negatif. Dalam bahasa Indonesia, kalimat negatif biasanya ditandai dengan kata negasi seperti "tidak" atau "bukan". Dalam bahasa Inggris, kalimat negatif biasanya ditandai dengan kata "no" atau "not".

Dalam bentuk kalimat negatif, present continuous tense adalah kalimat yang menunjukkan bahwa suatu tindakan sedang tidak dilakukan atau tidak sedang berlangsung.

Dalam bentuk kalimat negatif, formula present continuous tense mirip dengan formula present continuous tense pada kalimat positif, namun dengan menambahkan kata "not" setelah to be, yakni sebagai berikut:

Subjek (He, she, it, I, you, we, they) + to be (is, am, are) + not + verb-ing

Contoh present continuous tense dalam bentuk kalimat negatif:

1. Cintya is not eating the burger. (Cintya tidak memakan burgernya.)

2. Charlie is not moving the desk to the living room. (Charlie tidak memindahkan meja ke ruang tamu.)

3. You are not dancing on the stage. (Anda tidak menari di atas panggung.)

4. They are not reading the mystery novel. (Mereka tidak sedang membaca novel misteri.)

5. Mom and dad are not baking their son’s wedding cake. (Ibu dan ayah tidak sedang memanggang kue pernikahan putra mereka.)

6. I am not dropping the book on the floor. (Saya tidak akan menjatuhkan buku itu ke lantai.)

7. He is not going to the library with his girlfriend. (Dia tidak pergi ke perpustakaan dengan pacarnya.)

8. She is not crying because of her toxic boyfriend. (Dia tidak menangis karena pacarnya yang toxic.)

9. Dylan is not working with his father. (Dylan tidak bekerja dengan ayahnya.)

10. Debbie is not visiting his ex-boyfriend at the hospital. (Debbie tidak mengunjungi mantan pacarnya di rumah sakit.)

5 dari 5 halaman

Interrogative

Interrogative sentence atau kalimat tanya adalah kalimat yang diucapkan untuk meminta informasi. Adapun formula atau rumus present continuous dalam bentuk kalimat tanya berbeda dengan formula kalimat positif maupun kalimat negatif. Jika kalimat positif dan kalimat negatif diawali dengan subjek, dalam kalimat tanya, present continuous dalam bentuk kalimat tanya diawali dengan to be.

Adapun formula present continuous dalam bentuk kalimat tanya adalah sebagai berikut:

To be (is, am, are) + Subjek (He, she, it, I, you, we, they) + verb-ing

Contoh present continuous tense dalam bentuk kalimat tanya antara lain sebagai berikut:

1. Are mom and dad visiting grandma today? (Apakah ibu dan ayah mengunjungi nenek hari ini?)

2. Is Esther crying in the bathroom again? (Apakah Esther menangis di kamar mandi lagi?)

3. Am I eating the burger you make for mom? (Apakah saya makan burger yang Anda buat untuk ibu?)

4. Are you killing the bugs on that jasmine plant? (Apakah Anda membunuh serangga di tanaman melati itu?)

5. Is Ethan working in the library instead of in the office? (Apakah Ethan bekerja di perpustakaan dan bukan di kantor?)

6. Are they stealing from the house of Mr. Edmund? (Apakah mereka mencuri dari rumah Tuan Edmund?)

7. Am I carrying the right box to your bedroom? (Apakah saya membawa kotak yang tepat ke kamar tidur Anda?)

8. Is she making the wedding cake I ordered? (Apakah dia membuat kue pernikahan yang saya pesan?)

9. Is he telling the truth to Mrs. Eleanor in her office? (Apakah dia mengatakan yang sebenarnya kepada Ny. Eleanor di kantornya?)

10. Are you baking the right dough for the donut? (Apakah Anda memanggang adonan yang tepat untuk donat?)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.