Sukses

Lomba Hitung Cepat Ini Seolah Baca Mantra, Netizen: Kalkulator di Dalam Otaknya

Bak kalkulator ada di dalam otak, lomba hitung cepat ini bikin geleng kepala.

Liputan6.com, Jakarta Olimpiade Matematika adalah kompetisi tingkat internasional, yang diadakan setiap tahun dan diikuti oleh pelajar dari berbagai negara. Kompetisi ini biasanya melibatkan soal-soal yang memerlukan pemikiran logis dan analitis, di mana memberikan kesempatan bagi para peserta untuk berkompetisi dengan peserta lain dari seluruh dunia.

Setiap tahun, peserta akan diberikan soal yang bervariasi serta kompleks termasuk algebra, geometri, trigonometri, analisis matematika, dan teori angka. Para peserta harus menyelesaikan soal-soal tersebut dalam jangka waktu yang ditentukan. Setelah itu, hasil ujian akan dinilai dan para peserta akan diberikan penilaian berdasarkan prestasi mereka. 

Hal ini yang justru ditaklukan dengan mudah oleh dua bocah, yang kini viral di tiktok. Lomba olimpiade matematika ini berlangsung di China, di mana hitung cepat lebih menekankan pada kecepatan dan akurasi dalam menjawab soal, sehingga membutuhkan strategi yang tepat.

Lewat video singkat yang beredar, kompetisi ini dilakukan dalam dua babak, dengan tiga pilihan bagi peserta. Pilihan ini diantaranya babak pertama dengan tantangan 0,4 detik menggunakan daya berpikir, 0,5 detik dan 0,6 detik menggunakan pena. Untuk pilihan detik memiliki jumlah pukulan berbeda, di mana semakin besar jumlahnya, maka semakin tinggi juga tingkat kesulitan yang diperoleh. 

Berikut ini lomba hitung cepat di luar nalar yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (4/2/2023). 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lomba babak pertama 0,4 detik

Tujuan olimpiade umumnya adalah untuk menguji, dan meningkatkan kemampuan matematika guna mempromosikan minat dan gairah dalam matematika. Kompetisi ini biasanya melibatkan soal-soal yang memerlukan pemikiran logis dan analitis. 

Melalui video yang dibagikan oleh akun tiktok @rauceh_2520, lomba hitung cepat ini dilakukan dalam dua babak dengan ketentuan waktu hanya 0,4 hingga 0,6 detik saja. Untuk babak pertama, bocah perempuan ini memilih 0,4 detik menggunakan daya berpikir. Meskipun sempat salah menjawab, namun pertanyaan berikutnya ia berhasil keluar dengan jawaban yang benar. 

 

 

3 dari 4 halaman

Aritmatika dan peta koefisisen

Lomba hitung cepat ini, mengusung pola pertanyaan aritmatika dan peta koefisisen. Perlu diketahui bahwa aritmatika adalah cabang dari matematika, yang mempelajari tentang penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan operasi-operasi matematika lainnya.

Dalam aritmatika, ada beberapa konsep penting, seperti angka, operator, dan prioritas operator, yang membantu dalam menentukan urutan langkah-langkah dalam memecahkan suatu masalah aritmatika.

Tak seperti peserta pertama yang sempat salah menjawab, justru pria cilik ini berhasil menjawab hanya dalam hitungan detik. Adapun jumlah soal penjumlahan dan pengurangan diacak, dengan jumlah 2 digit aritmatika.

4 dari 4 halaman

Tanggapan Netizen

Lomba hitung cepat ini, bahkan disebut-sebut sebagai lomba tergila di dunia. Sebagai peserta, harus berhitung secara akurat dan pasti dalam hitungan detik. Sontak warganet ramai-ramai membanjiri kolom komentar tiktok @rauceh_2520 dengan pujian yang tak henti. 

@fii "tiongkok emang rasanya matematika, keren bangettt." Tak hanya itu, pemilik akun @_Retna_"Diam2 menyimpan kalkulator di dalam otaknya" tukasnya. 

@GatotSW juga mengungkap bahwa "pakai kalkulator pun aku tak bisa secepat itu" dan masih banyak pujian lain yang mengalir dari sejumlah warganet. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.