Sukses

6 Kisah Sukses Orang Berprestasi Ini Pernah Viral di Media Sosial, Bikin Salut

Cibiran tetangga hingga keterbasan ekonomi bukan penghalang untuk meraih kesuksesan.

Liputan6.com, Jakarta Kisah orang yang berhasil mencapai kesuksesannya pastinya bikin salut. Keterbatasan ekonomi hingga cibiran dari tetangga yang selalu diterimanya tidak membuat semangatnya untuk berprestasi menjadi surut.

Jadi inspirasi untuk banyak orang, kisah sukses orang yang berprestasi dengan segala keterbatasan dan cerita masa lalunya ini viral di media sosial. Perkembangan media sosial yang semakin pesat membuat beragam kisah haru hingga inspiratif cepat viral di media sosial.

Ikut bahagia atas pencapaian orang yang viral karena prestasinya ini, tak sedikit warganet yang bubuhkan komentar semangat dan ungkapan salut untuk orang tersebut. Terbaru kisah Samini anak buruh tani jadi wisudawan terbaik Unsoed ramai di medsos.

Meski sudah beberapa tahun lalu, kisah sukses orang berprestasi tersebut tetap diingat oleh netizen. Bahkan tak sedikit pula yang ‘kepo’ dengan kabar terkininya, baik kehidupan pribadi dan prestasi yang diukirnya.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang kisah orang berprestasi yang viral di media sosial, Kamis (26/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Kisah Anak Sopir Angkot

Juli 2021 pernah viral kisah wanita berhasil lulus di luar negeri meski kerap dicibir oleh tetangga karena hanya merupakan anak sopir angkot. Lewat laman TikTok pribadinya, Dian Nursiati menceritakan bahwa orang-orang yang mencibirnya menyebut orang tuanya tak mampu membiayai kuliahnya.

Tak hanya itu, Dian juga menyebutkan bahwa orang-orang yang meremehkannya pernah mengatakan bahwa dirinya hanya jadi pembantu dan tidak akan sukses. Bungkam cibiran orang-orang, Dian tunjukkan ijazahnya sebagai bukti ia telah lulus kuliah. Wanita tersebut juga menceritakan bahwa dirinya kuliah sambil kerja dan tidak merepotkan kedua orang tuanya. 

3 dari 7 halaman

2. Kisah Sukses Polwan

Kerap dicibir tetangga karena penampilan dan pergaulannya, wanita ini disebut tidak akan sukses. Balas cibiran tetangga yang meremehkannya, wanita bernama Tivany ini kini sudah sukses jadi polwan.

Dalam video singkat yang diunggahnya pada April 2021, Tivany bagikan kompilasi foto saat ia masih duduk di bangku sekolah sampai kesuksesan yang berhasil diraihnya. Omongan dan cibiran tetangga dijadikan Tivany sebagai motivasi untuk meraih kesuksesan.

4 dari 7 halaman

3. Kisah Raeni Anak Tukang Becak

Kisah Raeni pernah viral di media sosial karena diantar pakai becak oleh ayahnya saat wisuda. Putri seorang tukang becak ini membuat publik berdecak kagum karena berhasil lulus sarjana dari UNNES dengan nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,96.

Setelah lulus dari UNNES, Raeni melanjutkan pendidikan S2 nya di University of Birmingham Inggris. Pada tahun 2016, dirinya lulus dari Universitas ternama di Inggris ini dan mengabdikan dirinya sebagai dosen di Fakultas Ekonomi UNNES. Pada tahun 2018, Raeni melanjutkan pendidikan S3 nya di Universitas yang sama saat dirinya menempuh pendidikan S2. 

Makin sukses dan terus ukir prestasi, kini Raeni menetap di Inggris. wanita yang berasal dari Langenharjo, Kecamatan Kendal, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah ini cukup aktif unggah kegiatannya di Instagram pribadinya.

5 dari 7 halaman

4. Kisah M Idris Anak Petani dan Guru Ngaji

Kisah Muhammad Idris anak petani dan guru ngaji yang berasal dari Sumatera Barat pernah viral tahun 2019 lalu. Bikin bangga, Muhammad Idris lulus dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) 3.54.

Pria kelahiran Solok Selatan, 8 Juli 1996 silam itu terlahir dari keluarga sederhana, di mana sang ayah, Dasrial hanyalah seorang petani yang merangkap menjadi guru ngaji. Kendati demikian, profesi sang ayah sebagai petani dan guru ngaji tak lantas menyurutkan semangat Idris untuk meraih cita-citanya menjadi polisi.

6 dari 7 halaman

5. Kisah Samini Anak Buruh Tani

Kisah Samini, mahasiswi jurusan pendidikan ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) berhasil jadi lulusan terbaik dalam wisuda Unsoed ke-147 dengan IPK nyaris sempurna yakni 3,96 dengan masa studi 3 tahun 2 bulan.

Dapat bantuan pemerintah lewat beasiswa bidikmisi, Samini selalu ukir prestasi selama duduk di bangku kuliah. Bahkan diketahui Samini sudah berprestasi sejak masih duduk di bangku SMA.

7 dari 7 halaman

6. Kisah Sukses Anak Pasangan Tuna Netra

Tahun 2017 pernah viral kisah anak pasangan tuna netra. Meski orangtuanya penyandang disabilitas, wanita bernama Retno Puji Astuti itu tidak pernah lelah untuk berjuang membantu orangtua dan meraih cita-citanya.

Dilansir dari Fimela.com, Retno sukses membiayai hidup keluarganya, mendapat beasiswa saat kuliah, dan membuat bangga kedua orangtuanya dengan gelar cumlaude sebagai calon bidan.

Dengan segala keterbatasan, mahasiswa jebolan Akademi Kebidanan Yogyakarta ini berhasil lulus dengan IPK 3,72. Punya tabungan beasiswa sejak SD kelas, Retno mengaku sudah hidup mandiri sejak SD.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.