Sukses

4 Fakta Kondisi Hamdan ATT yang Jalani Operasi Akibat Pendarahan Otak

Pedangdut senior Hamdan ATT kini harus beristirahat usai menjalani operasi akibat adanya penyumbatan di otak.

Liputan6.com, Jakarta Kabar kurang menyenangkan datang dari pedangdut senior Hamdan ATT. Penyanyi penerima penghargaan Lifetime Achievement Indonesian Dangdut Awards 2021 itu kini harus beristirahat setelah menjalani operasi akibat mengalami pecah pembuluh darah di otak.

Dikutip dari Showbiz Liputan6.com, kesehatan pedangdut legendaris tersebut kembali menurun. Pada akhir tahun 2022 kemarin, dia kembali dilarikan ke rumah sakit dan dioperasi akibat gangguan pada kepalanya. Kabar kondisi terkini pemilik nama Hamdan Attamimi tersebut disampaikan oleh sang putra.

Kondisi pelantun lagu 'Tidak Semua Laki-Laki' itu dikatakan sempat mengalami penurunan sebelum tindakan operasi dilakukan. Tindakan operasi pun kemudian dilakukan untuk memasang selang karena ada penyumbatan di kepala sampai ada cairan di otak.

Berikut beberapa fakta kondisi Hamdan ATT yang jalani operasi akibat penyumbatan di kepala, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (8/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Masih terbaring di tempat tidur

Kabar terbaru, Hamdan ATT kini sudah lepas jahitan. Saat ini, pedangdut kelahiran Aru, Maluku, 27 Januari 1949 itu sedang menjalani proses pemulihan di rumah meski belum bisa beraktivitasi. Dengan kondisinya itu, Hamdan ATT hanya bisa berbaring di tempat tidur untuk sementara waktu.

Dikutip dari Showbiz Liputan6.com, putri Hamdan ATT juga menjelaskan prosedur tindakan operasi yang dijalani sang ayah. Sang putri menerangkan bahwa kondisi ayahnya membaik setelah operasi dan sudah kering jahitannya.

"Dua hari ini kan diperban kepalanya, sama bagian perut, jadi operasinya bikin selang di kepala di otak, dialirkan ke perut cairannya," jelas Ais sang putri.

3 dari 5 halaman

2. Lepas perban dan berharap segera pulih

Sang putri juga menambahkan jika dicek jahitannya sudah baik, dua hari lagi dijadwalkan bisa lepas perban dan sudah bisa mandi lagi. Sementara itu, Haikal sang putra juga mengungkapkan bahwa pemeriksaan ayahnya menunjukkan hasil yang baik. Dia pun berharap sang ayah dapat pulih dalam waktu dekat.

"Hasil pemeriksaan di dokter itu kan CT Scan memang dari semuanya hasilnya bagus kecuali ada penyumbatan itu, penyumbatan di otak. Mohon doanya aja semoga ayah bisa sembuh lebih cepat," ucapnya.

 

4 dari 5 halaman

3. Riwayat sakit Hamdan ATT

Pedangdut keturunan Arab-Maluku itu kini sedang menjalani masa pemulihan pascaoperasi. Sakit yang dialami oleh Hamdan ATT sebenarnya sudah lama. Pada 2017 lalu, dia sempat diberitakan mengalami pendarahan otak hingga struk. Sejak saat itu, aktivitasnya mulai berkurang.

Sang putra juga sempat menjelaskan riwayat sakit yang diderita sang ayah. Hamdan ATT pertama kali jatuh sakit pada pertengan tahun 2017. Saat diperiksakan ke rumah sakit, ternyata dinyatakan ada penyumbatan di otak dan struk.

5 dari 5 halaman

4. Minta doa dan optimis sembuh

Pada tahun 2017, Pedangdut ‎senior Hamdan ATT sempat menjalani perawatan intensif. Pria 73 tahun itu sempat dilarikan ke rumah sakit usai mengalami pecah pembuluh darah minimal. Setelah dirawat sekitar dua pekan, kondisi Hamdan ATT berangsur membaik.

Sama seperti saat pertama kali Hamdan ATT jatuh sakit dan dilarikan ke rumah sakit, keluarga pun tak henti untuk selalu memanjatkan doa untuk kesembuhannya. Anak perempuannya juga berharap sang ayah segera pulih dari sakitnya dan bisa beraktivitas dengan normal seperti sebelumnya.

"Doain aja semoga pemulihannya berjalan dengan lancar, aman dan sehat terus, semoga ayah lekas diangkat penyakitnya jadi bisa tampil lagi. Mungkin ayah juga kangen pengin ketemu sama fansnya," ungkap Ais.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.