Sukses

Profil PT Honda Prospect Motor, Agen Tunggal Mobil Honda di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Honda merupakan perusahaan asal jepang yang sangat terkenal di seluruh dunia. Perusahaan yang kini menjadi perusahaan multinasional memiliki kantor pusat di Minato, Tokyo, Jepang. Produk Honda sudah dipasarkan secara internasional, salah satunya di Indonesia.

Salah satu perusahaan yang memegang izin resmi sebagai agen produk Honda adalah PT Honda Prospect Motor. PT Honda Prospect Motor menjadi agen tunggal pemegang merek mobil Honda di indonesia. Dengan kata lain, perusahaan melakukan kegiatan pemasaran, perakitan, dan pembuatan Mobil Honda saja. 

Sedangkan, izin pemasaran, perakitan, dan pembuatan produk otomotif Honda lain, yaitu motor di Indonesia, dipegang oleh perusahaan lain. Berikut ulasan Liputan6.com tentang usaha PT Honda Prospect Motor yang dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (9/12/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

PT Honda Prospect Motor: Perjalanan Mobil Buatan Honda

Sebelum memasuki pasar Indonesia melalui PT Honda Prospect Motor, Mobil Honda memiliki perjalanan yang panjang dalam merancang produk-produknya. Mulanya Honda hanya memproduksi sepeda motor saja. Namun setelah membuka kantor di amerika Honda mulai memproduksi mobil juga.

Nama Honda diambil dari salah satu marga dari pendirinya, yaitu Soichiro Honda. Honda dirintis oleh Soichiro Honda and Takeo Fujisawa pada 1945 dan mulai resmi dikenalkan sebagai perusahaan yang terdaftar pada 1948. Pada 1949 Honda meluncurkan produk pertamanya yaitu sebuah sepedah motor yang diberi nama “Dream” D-type motorcycle.

Satu dekade kemudian, tepatnya 1959, Honda mendirikan perusahaannya di California dengan nama American Honda Motor Co. Inc. Perusahaan Honda di Amerika ini menjadi menjadi kantor cabang honda yang pertama berada di luar negeri. Dalam rentang satu dekade Honda telah berhasil menjual jutaan unit motor di Amerika. Usaha Honda terus berkembang dan menjadi produsen motor  yang unggul.

Baru pada 1969 Honda meluncurkan mobil pertamanya di Amerika yang diberi N600. Honda juga meluncurkan minibike yaitu sepedah motor berukuran kecil di tahun yang sama. Produk ini menjadi tren yang sangat digandrungi oleh anak-anak muda di Amerika maupun Jepang. 

Pada teknisi Honda terus berinovasi untuk membuat mobil dengan kualitas terbaik. Didorong oleh kampanye mengurangi polusi udara yang digalakkan di Amerika, pada 1974 Honda meluncurkan Honda Civic. Honda Civic adalah mobil pertama yang memenuhi standar emisi ketat dari Undang-Undang Udara Bersih AS yang baru tanpa menggunakan konverter katalitik.

Pada 1976, honda meluncurkan mobil yang menurut Honda adalah mobil terbaik yang pernah dibuat dan dipasarkan. Mobil ini diberi nama Acord yang memiliki desain sederhana, namun tetap menjadi kesuksesan besar yang Honda raih. Dari awal peluncuran hingga saat ini, Honda mengklaim bahwa Accord adalah mobil dengan penjualan terbaik di Amerika.

Semenjak saat itu teknologi Honda terus berkembang, hingga merajai pasar otomotif internasional. Hingga saat ini mobil produksi Honda menjadi salah satu kendaraan yang banyak dipilih oleh konsumen.

3 dari 3 halaman

PT Honda Prospect Motor

PT Honda Prospect Motor atau HPM merupakan bagian dari Prospect Motor Group. Perusahaan  pertama Prospect Motor Group adalah PT Prospect Motor yang resmi berdiri pada 15 Mei 1973. Lini usaha PT Prospect motor diantaranya, otomotif, bidang tekstil, property, dan lain-lain.

Pada 1998 PT Prospect Motor Joint venture dengan Honda Co. Ltd untuk membuka Perusahaan perakit dan distributor tunggal Mobil Honda. Kemudian dibentuklah PT Honda Prospect Motor yang akan melakukan kegiatan pemasaran, perakitan, dan pembuatan Mobil Honda di Indonesia.

Perusahaan yang berkantor pusat di Jl. MH Thamrin, Bekasi ini kemudian membuka pabrik pada 2014 di Karawang, Jawa Barat. Pembukaan pabrik ini guna meningkatkan kapasitas produksinya. 

PT Honda Prospect Motor juga menjadi distributor dan main dealer Mobil Honda untuk wilayah Jawa Barat yang berlokasi di Bekasi, dan pulau luar Jawa . Sampai dengan saat ini, PT Honda Prospect Motor telah mendistribusikan ke 49 Dealer Resmi Honda di seluruh Indonesia. Sebagai agen tunggal, PT Honda Prospect Motor merupakan satu-satunya perusahaan yang berhak mengimpor, merakit dan membuat kendaraan bermerek Honda di Indonesia.

Sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) sekaligus pusat perakitan mobil Honda dan komponennya di Indonesia, PT Honda Prospect Motor memegang peran penting dalam perkembangan industri otomotif Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan inovasi produk yang terus menerus dilakukan, sehingga kini Honda mampu meluncurkan produk-produk yang diperhitungkan di pasar otomotif nasional maupun internasional.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS