Sukses

10 Cara Mencegah Ular Masuk Rumah yang Ampuh Saat Musim Hujan

Liputan6.com, Jakarta Kejadian ular yang masuk ke ke rumah kerap terjadi saat musim hujan tiba. Salah satu penyebab ular memasuki rumah biasanya adalah karena tempat tinggal sebelumnya digenangi oleh air hujan. Jenis ular tinggal di dekat pemukiman penduduk memang menyukai lingkungan yang lembab, tapi bukan lingkungan yang digenangi air.

Terlebih lagi, musim hujan adalah waktu dimana telur-telur ular menetas, sehingga populasi ular meningkat. Hal ini menyebabkan wilayah yang menjadi tempat tinggal ular menjadi lebih sempit, oleh sebab itu sebagian ular mencari tempat tinggal lain dan mungkin tempat tinggal baru itu adalah rumah penduduk.

Cara mencegah ular masuk rumah menjadi hal yang harus diketahui. Ular yang masuk ke dalam rumah tentu membuat penghuninya merasa khawatir. Sebab, ular termasuk kedalam binatang yang berbahaya bagi manusia, terlebih jenis ular berbisa seperti kobra.

Cara mencegah ular masuk rumah menjadi pengetahuan yang diperlukan terlebih bagi orang-orang yang tinggal di daerah dekat dengan habitat ular, seperti di area sekitar persawahan atau perkebunan. Berikut cara mencegah ular masuk rumah yang sudah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (7/12/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Cara Mencegah Ular Masuk Rumah

1. Tutup Lubang Rumah

Bentuk tubuh ular yang ramping dan licin membuatnya mudah masuk melalui lubang-lubang kecil yang ada di rumah, seperti lubang pembuangan air dan lubang ventilasi. 

Lubang-lubang ini kecil ini memang diperlukan agar air dapat dialirkan ke pembuangan dan sirkulasi udara di dalam rumah baik. Oleh sebab itu, sebaiknya pasang jaring-jaring yang tetap memungkinkan air maupun udara untuk mengalir, namun dapat menghalangi ular untuk masuk ke dalam rumah.

Selain itu berhatika bagian rumah seperti geting, plafon, genteng, dinding, dan bagian lain yang mungkin berlubang. Segera tutup lubang tersebut untuk mencegah ular masuk ke rumah, lubang-lubang ini juga dapat menjadi sarang ular.

2. Bersihkan Area Rumah Secara Rutin

Cara mencegah ular masuk rumah selanjutnya adalah dengan membersihkan area rumah secara rutin. Area rumah yang kotor dan lembab menjadi tempat favorit bagi ular. Menjaga rumah tetap bersih dan kering dapat mencegah ular untuk masuk kedalam rumah.

3. Pangkas Tanaman dan Rumput yang Terlalu Rimbun

Selain bagian dalam rumah, area halaman juga dapat menjadi alasan ular masuk kedalam rumah. Rumput atau tanaman yang rimbun menjadi tempat tinggal yang menyenangkan bagi ular. Memangkas rumput dan tanaman yang rimbun dapat menjadi mencegah ular masuk rumah yang efektif.

3 dari 4 halaman

Cara Mencegah Ular Masuk Rumah

4. Pasang Penerangan yang Memadai

Selain tempat yang lembab, ular juga menyukai tempat dengan penerangan redup bahkan gelap. Memastikan setiap sudut rumah mendapat pencahayaan yang memadai dapat mencegah ular masuk ke dalam rumah. Pencahayaan dapat berupa pencahayaan alami dari matahari maupun dari lampu listrik.

5. Tanaman yang Tidak Disukai Ular

Sereh, jeruk, marigold, lidah mertua,dan kaktus merupakan jenis tanaman yang tidak disukai oleh ular. Ular tidak menyukai bau yang menyengat seperti yang dikeluarkan oleh tanaman sereh, jeruk, dan marigold. Sedangkan, lidah mertua dan kaktus tidak disukai oleh ular karena teksturnya yang berduri dan tajam.

6. Letakan Barang dengan Aroma Menyengat 

Seperti sudah dijelaskan, ular tidak menyukai aroma yang menyengat. Lidah ular yang berfungsi sebagai sensor serupa indra penciuman sangat sensitif dengan aroma yang menyengat. Aroma yang terlalu kuat diterjemahkan sebagai tanda bahaya oleh sistem pertahanan ular.

Menebar kapur barus di sudut-sudut ruangan atau maupun di kolong yang kurang mendapat pencahayaan dapat menjadi cara mencegah ular masuk rumah yang efektif. Selain itu menyemprotkan cuka, maupun meletakkan rempah dengan aroma yang kuat juga dapat menjadi cara yang ampuh.

4 dari 4 halaman

Cara Mencegah Ular Masuk Rumah

7. Membasmi Tikus di Rumah

Salah satu alasan ular masuk dan menetap di rumah adalah karena di dalam rumah terdapat mangsanya, yaitu tikus.memastikan rumah bebas dari hewan pengerat yang juga mengganggu ini dapat mencegah ular masuk ke rumah.

8. Buat Kandang Peliharaan yang Aman

Burung, ayam, bebek dan hewan peliharaan lain juga dapat menjadi mangsa ular yang lezat. Apabila lokasi rumah berada di daerah yang dekat dengan tempat tinggal ular sebaiknya buat kandang yang lokasinya agak jauh dari bangunan utama rumah untuk menghindari ular masuk ke area tinggal. Agar hewan peliharaan tetap aman, buat kandang yang tinggi dan tertutup sehingga ular tidak dapat menjangkau hewan peliharaan kesayangan.

9. Hindari Menumpuk Barang

Ular menyukai tumpukan barang sebagai tempat tinggalnya. Kayu bakar, sisa puing bangunan, batu bata, hingga timpukan perabotan rumah lainnya dapat menjadi tempat yang sempurna untuk ular bersembunyi. Jauhkan tumpukan barang seperti material sisa dari rumah. Sedangkan untuk menyimpan perabotan simpan dalam tempat yang tertutup.

10. Perhatikan Area Lingkungan Rumah Sebelum Membeli

Sebelum membeli rumah atau lahan untuk dibangun rumah, sebaiknya perhatikan lingkungan sekitarnya. Seperti sudah dijelaskan, ular biasanya tinggal di area persawahan maupun perkebunan dengan vegetasi yang rimbun. Memilih area rumah yang jauh dari habitat ular dapat menjadi cara mencegah ular masuk rumah yang ampuh.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS