Sukses

Profil PT Kino Indonesia, Perusahaan Consumer Goods Ternama di Indonesia

profil PT Kino Indonesia, sejarah berdirinya PT Kino Indonesia dan produk-produk PT Kino Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta PT Kino Indonesia merupakan salah satu perusahaan consumer goods yang telah diakui di Indonesia dan juga mancanegara, PT Kino Indonesia memiliki lebih dari 30 merek yang terbagi dalam 25 kategori dengan lebih dari 600 SKU.

Berdiri pertama kali pada tahun 1999 dengan nama PT Kinocare Era Kosmetindo, PT Kino Indonesia berawal dari 1 pabrik dan 58 karyawan. Saat ini Kino menjadi satu perusahaan besar dengan 7 grup perusahaan, 5 pabrik, dan total lebih dari 4.000 karyawan. 

Sejak berdiri hingga saat ini, PT Kino Indonesia telah memproduksi berbagai jenis produk kecantikan, seperti perawatan wajah, perawatan rambut, wewangian, pembersih daerah kewanitaan, perawatan pria, kosmetik dan masih banyak lagi.

Lebih lengkapnya, berikut ini ulasan PT Kino Indonesia yang Liputan6.com rangkum dari laman resmi kino.co.id pada rabu (7/12/2022). Tentang profil PT Kino Indonesia, sejarah berdirinya PT Kino Indonesia dan produk-produk PT Kino Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Profil PT Kino Indonesia

Profil PT Kino Indonesia

Berdiri pertama kali pada tahun 1991, PT Kino Indonesia memfokuskan diri pada aneka produk makanan ringan seperti permen, snack, dan cokelat, serta minuman berperisa dalam bentuk serbuk yang hingga kini dijual di pasar Indonesia maupun mancanegara. Produk pertama yang diluncurkan oleh KSI adalah "Kino Candy".

Melihat keberhasilan pencapaian sebelumnya, pada 1999, Perseroan mendirikan PT Kinocare Era Kosmetindo sebagai produsen aneka produk perawatan tubuh untuk semua gender dan usia. Pada 2014, PT Kinocare Era Kosmetindo berganti nama menjadi PT Kino Indonesia. 

Produk pertama yang diluncurkan adalah pembersih muka 2 in 1 "Ovale", disusul dengan produk vitamin rambut "Ellips", sabun khusus daerah kewanitaan "Resik-V", dan parfum dalam bentuk gel "Eskulin".

Produk-produk tersebut berhasil mendapatkan respons positif dari pasar Indonesia sehingga berdampak signifikan pada pertumbuhan usaha Kino. Inovasi terbaru pada segmen ini juga dilakukan melalui produksi pasta gigi herbal dengan konsep Islami, "Sasha".

Kemudian, untuk memperluas portofolio pada segmen ini, Perseroan telah meluncurkan produk "Lola Remedios" yang saat ini didistribusikan dan dijual di Filipina. Selain itu, Perseroan juga telah memproduksi produk obat batuk herbal, balsam, obat sakit kepala, dan obat kurap dengan menggunakan merek "Cap Kaki Tiga".

Kualitas produk Kino telah memenuhi standar kualifikasi internasional, terbukti dengan meningkatnya permintaan pasar dari seluruh dunia. Terlepas dari perkembangannya yang sangat pesat, Perseroan tidak berpuas diri dan menyadari bahwa perusahaan harus tetap menjaga kesuksesan dan karena itu, harus tetap berprestasi. 

Hingga saat ini, Kino memiliki lebih dari 30 merek yang beberapa di antaranya berhasil mendapatkan pengakuan sebagai merek pilihan utama para konsumen. Produk-produk Kino telah tersedia di berbagai distributor besar, hypermarket, supermarket, minimarket, toko kecantikan, serta pasar tradisional. Dengan slogan "Innovate Today, Creating Tomorrow", Kino tetap berkreasi dan berinovasi untuk menjadi pemimpin dalam industri kebutuhan konsumen.

Visi, Misi dan Nilai PT Kino Indonesia

Visi : Menjadi perusahaan ternama di Indonesia yang berlandaskan ide dan inovasi dan terus bergerak untuk menjadi perusahaan yang mendunia tanpa meninggalkan nilai-nilai lokal.

Misi : Memperluas pasar melalui pengembangan produk yang didorong oleh semangat untuk berinovasi.

Budaya :

- We Lead Through Innovation

Dengan menjadi berbeda, kreatif dan secara konsisten memperbaiki diri.

- We Succeed as A Team

Dengan kolaborasi, tekun dalam bekerja, fokus pada data yang tepat serta menjadi pemimpin yang baik.

- We Are Agile

Berani membuat keputusan yang cepat dan tepat, selalu berpikiran terbuka, selalu mau belajar dan beradaptasi, serta berani mengambil risiko.

- We Are Passionate About Our Customers

Dengan memahami dan mendampingi mereka sepenuh hati.

- We Are Committed to Our Work

Dengan prioritas pada bisnis, bertanggung jawab, tulus dan terbuka, serta menerima setiap keberagaman dalam perusahaan.

Motto :

Innovate Today, Creating Tomorrow

3 dari 4 halaman

Sejarah PT Kino Indonesia

Sejarah PT Kino Indonesia

PT Kino Indonesia Tbk (Kino) berawal dari sebuah perusahaan distribusi kecil bernama PT Duta Lestari Sentratama (DLS) yang didirikan pada 1991. Memanfaatkan peluang yang ada saat itu, pengembangan usaha dilakukan DLS dengan mendirikan PT Kino Sentra Industrindo (KSI), sebuah perusahaan produksi makanan ringan pada 1997. 

Kemudian pada 1999, Perseroan mendirikan PT Kinocare Era Kosmetindo sebagai produsen aneka produk perawatan tubuh untuk semua gender dan usia. Pada 2014, PT Kinocare Era Kosmetindo berganti nama menjadi PT Kino Indonesia. 

Pada 2003, Perseroan kembali memperluas segmen usaha melalui diversifikasi produk pada segmen perawatan bayi dan rumah tangga yang dipasarkan dengan merek dagang "Sleek Baby". Kini, "Sleek Baby" menjadi salah satu pemimpin pasar untuk produk pembersih peralatan bayi di Indonesia. 

Selama lebih dari 16 tahun, produk "Sleek Baby" terus berkembang dan diproduksi dalam berbagai jenis perawatan bayi dan rumah tangga melalui produk "Sleek Baby Bottle, Nipple, and Accessories Cleanser", "Sleek Baby Laundry Detergent", dan "Sleek Baby Antibacterial Diaper Cream".

Pada 2011, Perseroan mendapatkan lisensi dari Wen Ken Drug Co Pte Ltd, Singapura untuk memproduksi, memasarkan, dan mendistribusikan produk larutan penyegar "Cap Kaki Tiga". Lisensi ini melengkapi portofolio Kino di bidang minuman. Sebelumnya, Kino memproduksi minuman energi "Panther" dan asian healthy drinks "Cap Panda".

Inovasi atas produk minuman terus dilakukan dengan meluncurkan produk larutan penyegar "Cap Kaki Tiga" dalam beberapa varian rasa pada 2016. Kerja sama Perseroan dengan Wen Ken Drug Co Pte Ltd pun semakin erat yang ditandai dengan adanya perjanjian lisensi untuk memproduksi, memasarkan, dan mendistribusikan produk "Larutan Sejuk Segar" pada 2017.

Selain itu, Perseroan juga bekerja sama dengan salah satu perusahaan minuman terbesar di Thailand yaitu Grup Malee dengan mendirikan PT Kino Malee Indonesia dan Malee Kino (Thailand) Co Ltd yang beroperasi pada 2019.

Dalam segmen farmasi, Perseroan mengembangkan produk jamu dengan merek "Dua Putri Dewi" setelah mengakuisisi merek tersebut dari PT Surya Herbal pada 2016. Merek ini juga akan digunakan untuk berbagai varian jamu lainnya di masa depan.

Selama hampir tiga dekade, Kino telah bertransformasi menjadi perusahaan yang mapan dan terkemuka. Selain bersaing di dalam negeri, Kino juga melakukan pengembangan bisnis untuk merambah kawasan Asia dengan membuka kantor cabang di luar negeri, yaitu di Filipina, Malaysia, Vietnam, Kamboja, India, China dan Jepang.

Berikut lini masa sejarah perkembangan PT Kino Indonesia :

1991 : PT Dutalestari Sentratama didirikan oleh Harry Sanusi.

1997 : PT Kino Sentra Industrindo didirikan untuk memproduksi permen, makanan ringan, dan minuman bubuk.

1999 : PT Kinocare Era Kosmestindo (Perseroan) didirikan dan mulai memproduksi produk perlengkapan mandi, produk pemeliharaan dan perawatan tubuh, minuman, dan farmasi.

2003 : Kino Care (M) Sdn, Bhd, Malaysia didirikan.

2004 : Kino Consumer Philippines Inc, Filipina didirikan.

2011 : Perseroan memperoleh lisensi dari Wen Ken Drug Co Pte Ltd, Singapura untuk memproduksi, memasarkan, dan mendistribusikan produk dengan merek “Cap Kaki Tiga” di Indonesia.

2013 : 

- Perseroan mendirikan PT Morinaga Kino Indonesia (sekarang PT Kino Food Indonesia) berdasarkan perjanjian pembentukan perusahaan patungan dengan Morinaga & Co Ltd, Jepang.

- Kino International Pte Ltd, Singapura dan Kino Vietnam Co Ltd, Vietnam didirikan.

2014 : 

- PT Kinocare Era Kosmetindo mengubah namanya menjadi PT Kino Indonesia serta melakukan restrukturisasi usaha.

- Kino International Pte Ltd menjadi entitas induk dari Kino Consumer Philippines Inc, Kino Care (M) Sdn Bhd, dan Kino Vietnam Co Ltd.

2015 : Perseroan resmi mencatatkan saham perdana (initial public offering/IPO) di Bursa Efek Indonesia.

2016 : 

- Perseroan mengakuisisi Dua Putri Dewi, merek jamu asal Indonesia.

- Perseroan mengakuisisi Bisnis dari Grup Ristra, perusahaan yang bergerak dalam bidang cosmetodermatology, yaitu kosmetik dengan kemampuan menyembuhkan.

2017 : 

- Perseroan mendirikan PT Kino Ecomm Solusindo.

- Perseroan mendirikan PT Kino Malee Indonesia dan Malee Kino (Thailand) Co Ltd berdasarkan perjanjian pembentukan perusahaan patungan dengan Malee Capital Co Ltd, Thailand.

- Perseroan memperoleh lisensi dari Wen Ken Drug Co Pte Ltd, Singapura untuk memproduksi dan menjual produk dengan merek “Larutan Sejuk Segar” di Indonesia.

2018 : 

- Perseroan menambah kepemilikan saham hingga 100% pada PT Ristra Laboratoris Indonesia dan PT Ristra Klinik Indonesia.

- Perseroan telah resmi memindahkan kantor pusat dan kantor korespondensi ke Kino Tower.

- Perseroan menandatangani perjanjian jual beli saham bersyarat untuk membeli 51% saham pada PT Kino Food Indonesia (sebelumnya bernama PT Morinaga Kino Indonesia) dari Morinaga & Co Ltd, Jepang.

- Perseroan, melalui Entitas Anak, Kino International Pte Ltd, mendirikan Kino Care Consumer (Cambodia) Co Ltd, berdasarkan perjanjian pembentukan perusahaan patungan dengan VSCP Investment Co Ltd, Kamboja.

2019 : Perseroan membeli 100% saham Linanda Consumer India Private Limited (LCIPL).

2020 : Perseroan, melalui Kino International Pte Ltd, mendirikan Kino Japan Kabushiki Kaisha dan Kino Incorporation (Shanghai) Co Ltd.

4 dari 4 halaman

Produk PT Kino Indonesia

Produk PT Kino Indonesia

PT Kino Indonesia telah memproduksi banyak merek ternama yang kemudian tidak hanya didistribusikan di Indonesia, namun juga di berbagai negara lain di pasar dunia. Produk-produk PT Kino Indonesia mencangkup :

- Perawatan Rambut

- Perawatan Rongga Mulut

- Perawatan Kulit

- Perawatan Bayi

- Dekoratif Makeup

- Perawatan Anak

- Minuman Jus

- Pembersih Kewanitaan

- Parfum

- Air Kelapa

- Makanan Ringan

- Minuman Anti Panas Dalam

- Minuman Sehat

- Permen

- Minuman Serbuk

- Minuman Energi

- Perawatan Pria

- Obat-Obatan

- Produk Kebersihan

- Penyegar Udara

-  Buah-Buahan Kaleng

- Makanan Hewan Peliharaan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.