Sukses

10 Cara Hidup Hemat dengan Penghasilan Kecil, Anti Boros dan Mudah Dicoba

Liputan6.com, Jakarta Cara hidup hemat penting diterapkan oleh masyarakat yang memiliki penghasilan kecil. Kebutuhan dan tuntunan hidup yang kian hari kian meninggi rasanya seperti tidak mungkin untuk bisa dicukupi. Namun, bagaimanapun juga, menabung tetap ingin kamu realisasikan apapun alasannya.

Cara hidup hemat bisa menjadi solusi untuk tetap memiliki tabungan di masa depan. Berhemat ternyata bisa diterapkan melalui cara yang sederhana dalam kehidupan sehari-hari, namun anda perlu konsisten untuk menerapkannya.

Cara hidup hemat dapat diterapkan dengan berbagai cara, mulai dari kurangi pemakaian listrik hingga belanja di pasar tradisional. Cara hidup hemat ini juga bisa direalisasikan untuk siapa saja, terutama kaum millenial.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai cara hidup hemat dengan penghasilan kecil yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (26/11/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Cara Hidup Hemat dengan Penghasilan Kecil

1. Memasak sendiri

Cara hidup hemat yang pertama adalah memasak sendiri makananmu sehari-hari. Memasak makanan sendiri tentu lebih menghemat pengeluaran dibandingkan membeli makanan dari luar yang mahal. Dengan memasak kita memang harus meluangkan waktu dan tenaga ekstra, namun melihat nilai gizi yang lebih baik dan jumlah uang yang bisa dihemat, metode ini patut dicoba.

2. Berbelanja di pasar tradisional

Cara hidup hemat yang selanjutnya adalah berbelanja di pasar tradisional dan cermat dalam berbelanja. Berbelanja di pasar tradisional memiliki beberapa kelebihan diantaranya barang yang dijual lebih beragam dan masih dalam kondisi segar, harga barang yang dijajakan juga bisa ditawar. Sebelum berbelanja sebaiknya membuat daftar belanjaan yang dilengkapi dengan jumlah uang maksimal yang harus dikeluarkan untuk membeli suatu barang. Hal ini akan menghindari pembelian barang yang tak diperlukan.  

3. Bawa bekal makanan

Cara hidup hemat yang berikutnya adalah membawa bekal makanan dari kos atau rumah. Membawa bekal sendiri dari rumah dapat juga diterapkan untuk menghemat uang. Tempat makan di area perkantoran biasanya menawarkan makanan dengan harga yang cukup mahal. Jika Anda tidak sempat masak pada pagi hari, membeli makanan dari warteg dekat rumah atau kos bisa dijadikan solusi.

3 dari 5 halaman

Cara Hidup Hemat dengan Penghasilan Kecil

4. Kurangi pemakaian listrik

Cara hidup hemat sederhana yang bisa bikin kamu terapkan adalah dengan mengurangi pemakaian listrik. Mematikan lampu jika tidak digunakan. Anda juga dianjurkan untuk mengganti  bohlam lampu rumah dengan bohlam lampu hemat energi. Colokan listrik apapun, tetap bisa menyedot listrik bahkan ketika sedang tidak digunakan. Oleh karenanya segera cabut colokan apapun kalau sudah tidak dipakai.

5. Batasi akses hiburan

Setiap orang tentu membutuhkan hiburan untuk mengurangi kepenatan pikiran karena kesibukan sehari-hari. Refreshing tidak harus selalu mahal, kamu tidak perlu ke mal hanya untuk menonton bioskop. Cukup sewa atau pinjam DVD dari teman untuk memuaskan hobi menonton di rumah. Jika kamu hobi membaca majalah, buku atau novel, kamu bisa membaca versi online atau ebook-nya. 6. Memanfaatkan fasilitas gratis

Cara hidup hemat yang lainnya adalah memanfaatkan fasilitas gratis. Jika ada fasilitas gratis di sekitar kamu, manfaatkanlah hal tersebut untuk berhemat. Jika kamu hobi membaca buku, kamu dapat melakukannya di perpustakaan daripada membeli. Jika ingin men-download sesuatu, gunakanlah wifi gratisan di tempat-tempat umum.

4 dari 5 halaman

Cara Hidup Hemat dengan Penghasilan Kecil

7. Jalan kaki, bersepeda, atau gunakan transportasi umum

Memiliki kendaraan pribadi seperti motor atau mobil memang lebih memudahkan kita untuk pergi kemanapun, namun kita juga harus mengeluarkan biaya ekstra untuk bensin dan perawatannya. Kurangilah penggunaan kendaraan pribadi jika jarak yang dituju cukup dekat dan beralih ke transportasi umum, sepeda, atau berjalan kaki. Selain lebih hemat, kamu akan lebih sehat serta ikut andil mengurangi polusi dan kemacetan.

8. Jangan meremehkan uang receh

Cara hidup hemat yang berikutnya adalah jangan meremehkan uang receh. Tabunglah uang receh dari setiap kembalian belanja ke dalam celengan. Jika sudah terkumpul banyak uang receh tersebut dapat ditukar dengan uang kertas. Kamu bisa menyimpannya sebagai bentuk investasi atau tabungan.

9. Gunakan kartu prabayar untuk telepon seluler dan internet

Hindari menggunakan kartu pascabayar untuk smartphone dan koneksi internet. Hal ini untuk mencegah tagihan pulsa yang meledak karena penggunaan yang berlebih. Sebab tarif pulsa operator lebih mahal untuk menelepon, gunakanlah aplikasi seperti WhatsApp untuk chatting dan menelepon.

5 dari 5 halaman

Cara Hidup Hemat dengan Penghasilan Kecil

10. Konsisten

Beberpa cara hidup hemat di atas bisa membantumu mengatur keuanganmu, tapi satu hal yang tidak boleh dilewatkan yaitu “konsisten”. Tanpa konsistensi, hidup yang efektif dan efisien tetap hanya sebatas angan-angan saja. 

11. Hindari teman yang tidak mendukung usahamu untuk berhemat

Bukan berarti kamu tidak terbuka untuk berteman dengan siapa saja. Namun, pilih-pilih teman  bukan sesuatu yang salah. Jika kamu ada di lingkungan pertemanan yang hanya peduli dengan berfoya-foya menghamburkan uang, kamu juga yang susah. Jadi, tidak ada salahnya untuk memilih lingkungan pertemenan yang mendukung usahamu berhemat.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS