Sukses

Mulai Menabung dan Berinvestasi di Usia 20 Tahun Itu Penting, Ini Alasannya

Orang berusia 28 hingga 38 tahun telah membangun lebih sedikit kekayaan daripada generasi sebelumnya pada usia yang sama.

Liputan6.com, Jakarta Sulitnya menabung untuk masa pensiun mungkin sudah mulai dirasakan sejak usia memasuki kepala dua. Sebab, di masa-masa itu tidak sedikit orang yang mulai memikirkan cara entah untuk membayar tagihan, makanan, dan kebutuhan lain. Namun, di usia itu pula sebetulnya sangat penting Anda mulai menabung bahkan berinvestasi.

Dilansir dari CNBC, Sabtu (17/9/2022), Deloitte Global 2022 Gen Z & Millennial Survey mengamati lebih dari 23.000 milenium dan Gen Z secara internasional dan menemukan bahwa hampir setengah dari mereka hidup dari gaji ke gaji; biaya hidup juga dinilai sebagai salah satu perhatian utama mereka.

Antara tingkat inflasi yang tinggi — 8,5 persen di bulan Juli — tagihan pinjaman mahasiswa dan meningkatnya biaya sewa dan biaya pengobatan, tidak mengherankan generasi muda merasa seperti mereka tertinggal dari generasi sebelumnya dalam hal menabung untuk masa pensiun.

Di samping itu, sebuah studi tahun 2021 yang dilakukan oleh Pusat Penelitian Pensiun di Boston College juga menemukan bahwa orang berusia 28 hingga 38 tahun telah membangun lebih sedikit kekayaan daripada generasi sebelumnya pada usia yang sama, sebagian besar karena hutang pinjaman siswa yang lebih tinggi.

Jadi, apa yang bisa dilakukan para generasi Z dan milenium ketika mereka merasa sulit menabung dan berinvestasi? Seorang perencana keurangan sekaligus pembawa acara Future Rich Podcast Barbara Ginty akhirnya membocorkan tentang pentingnya menabung untuk masa pensiun di usia 20-an, bahkan ketika banyak faktor di luar kendali Anda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Menghemat

Secara umum, ada dua cara yang bisa Anda coba untuk menghemat uang, yaitu dengan mengurangi pengeluaran atau mencari cara untuk mendapatkan lebih banyak uang.

Umumnya, nasihat keuangan pribadi paling cocok untuk mereka yang memiliki sisa pendapatan setiap bulan setelah membayar pengeluaran penting seperti perumahan, transportasi, makanan, dan tagihan medis.

Jika sebagian besar pendapatan Anda masuk ke kategori ini, mungkin sulit untuk menguranginya, meskipun itu juga bisa berarti menemukan perumahan yang lebih murah, mendapatkan teman sekamar atau pindah kembali ke rumah untuk sementara waktu.

Menghabiskan lebih sedikit uang juga bisa berarti memotong pengeluaran tambahan seperti makan di luar, pergi ke bioskop atau menggunakan beberapa layanan streaming atau berlangganan.

Jika tidak ingin cara itu, Anda bisa lakukan cara kedua dengan menemukan menghasilkan lebih banyak uang. Anda bisa cari pekerjaan lain dengan gaji lebih tinggi, memulai pekerjaan sampingan, atau meminta kenaikan gaji di pekerjaan Anda saat ini, jelas Ginty.

 

 

3 dari 3 halaman

Alasan Mulai Investasi di Usia 20 Tahun

Ginty menjelaskan bahwa faktor utama yang dimiliki kaum muda dalam hal menabung untuk masa pensiun adalah waktu. Saat berinvestasi, Anda mendapatkan bunga majemuk — atau, bunga atas minat Anda — sehingga Anda akan mendapatkan jauh lebih banyak dari investasi Anda dalam jangka waktu yang lebih lama daripada yang Anda dapatkan dalam jangka waktu yang lebih pendek.

Dia menggunakan contoh berikut untuk menyoroti keuntungan berinvestasi lebih awal. Jika Anda menginvestasikan USD 2.000 setahun (yang hanya USD 166 sebulan) dari usia 19 hingga 27 tahun dan tidak menabung apa pun lagi di luar titik itu, dan asumsikan investasi Anda menghasilkan rata-rata 10 persen tingkat pengembalian selama hidup Anda, Anda akan berakhir dengan USD 1 juta pada saat Anda berusia 65 tahun.

Di sisi lain, jika Anda menunggu sampai usia 27 tahun untuk mulai menabung USD 2.000 setahun dan kemudian menabung untuk 38 tahun ke depan, Anda akan mendapatkan USD 800.000 pada usia 65 tahun.

Dengan kata lain, Anda akan menghasilkan USD 200,000 lebih pada saat Anda Anda berusia 65 tahun jika Anda mulai berinvestasi pada usia 19 dan hanya perlu menabung selama total delapan tahun, dibandingkan mulai pada usia 27 dan menabung selama 38 tahun berturut-turut.

Generasi milenial dan gen Z tidak hanya dirugikan dalam hal menabung untuk masa pensiun karena utang pinjaman mahasiswa dan peningkatan biaya hidup.

Sementara generasi sebelumnya mungkin telah menerima manfaat pensiun melalui pensiun, mulai tahun 1970-an, semakin banyak pengusaha mulai menawarkan 401 (k) rekening kepada karyawan mereka sebagai gantinya. Akibatnya, tanggung jawab menabung untuk pensiun jatuh pada individu.

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.