Sukses

12 Cara Merawat Rambut Rusak dan Kering, Mudah dan Efektif Pakai Bahan di Rumah

Cara merawat rambut rusak yang bisa Anda lakukan di rumah, mudah juga efektif.

Liputan6.com, Jakarta Permasalahan rambut rusak dan kering memang kerap terjadi, hal ini karena minyak alami yang diproduksi oleh kulit kepala semakin berkurang setiap harinya. Rambut rusak dan tidak sehat juga membuat sebagian orang menjadi tidak percaya diri, sehingga mengupayakan beberapa cara merawat rambut rusak secara alami, mudah, efektif dan bisa dilakukan di rumah.

Rusaknya kultikula, bisa menyebabkan rambut kehilangan kelembaban dan membuatnya menjadi kering dan rusak. Oleh karena itu, kunci dari cara merawat rambut rusak secara alami, bisa dilakukan dengan menggunakan masker rambut yang kaya akan protein, serta hindari mencuci rambut dengan air hangat. 

Baik pria maupun wanita yang memiliki rambut sehat juga berkilau, tentu tidak diperoleh dengan cara instan, namun dengan perawatan yang dilakukan secara rutin. Terdapat beberapa cara merawat rambut rusak menggunakan campuran bahan alami, seperti madu dan yogurt, minyak zaitun, pisang, alpukat, cuka apel dan masih banyak lagi. 

Berikut ini cara merawat rambut rusak yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (21/11/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Merawat Rambut Rusak

1. Gunakan masker rambut kaya protein

Cara merawat rambut rusak yang mudah dan efektif untuk dilakukan adalah, menggunakan masker rambut yang kaya akan protein. Masker rambut bisa Anda temukan di pasaran, atau menggunakan bahan alami yang kamu temukan di rumah. Langkahnya cukup mudah yaitu, campurkan 1 butir telur, 2 sendok makan minyak jarak, serta 1 sendok teh cuka untuk membuat pasta. Oleskan secara merata ke rambut yang rusak, lalu pijat ke kulit kepala secara perlahan. Diamkan selama beberapa saat, lalu bilas menggunakan shampo sampai bersih.

2. Jangan mencuci rambut terlalu sering

Untuk menghindari rambut agar tidak rusak, maka jangan mencuci rambut terlalu sering. Ketika Anda kerapa mencuci rambut terlalu sering, maka tidak hanya rusak namun juga membuat rambut menjadi kering. Usahakan agar mencuci rambut sebanyak 1 hingga 2 kali dalam seminggu, agar tidak kehilangan minyak alami yang bisa menjaga kelembaban rambut dan membuatnya tetap sehat, cantik, dan berkilau.  Apabila kondisi rambut Anda masih normal dan tidak terlalu berminyak, maka jangan terlebih dahulu mencuci rambut Anda.

3. Gunakan minyak zaitun

Selanjutnya Anda bisa menggunakan minyak zaitun untuk merawat rambut rusak, serta memanjangkan rambut menggunakan masker secara alami. Terdapat beberapa langkah yang cukup mudah untuk dilakukan, campurkan sebutir telur dengan 1 sendok makan madu, dan tambahakan minyak zaitun dengan takaran yang sama. Setelah itu, oles campuran secara merata ke seluruh bagian kulit kepala dan rambut, diamkan selama beberapa saat, lalu bilas hingga bersih.

4. Mencuci rambut dengan air dingin

Cara merawat rambut rusak berikutnya yang bisa dilakukan adalah mencuci rambutmu menggunakan air dingin. Selain menghindari rambut dari kerusakan, juga bisa mengatasi rambut yang kering. Oleh karena itu, hindari mencuci rambut menggunakan air panas dan gunakan air dingin untuk membantumu menjaga kesehatan rambut. Keramas dengan air dingin, akan mempercepat pertumbuhan rambut serta menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala. 

 

3 dari 4 halaman

Cara Merawat Rambut Rusak

5. Gunakan pisang dan alpukat

Untuk merawat rambut rusak, Anda bisa menggunakan campuran bahana alami, yang secara efektif membuat rambut tampak indah dan berkilau. Langkahnya cukup mudah, Anda bisa campurkan 1 cangkir air dengan seperempat cangkir cuka sari apel, tambahkan setengah alpukat, pisang, telur, dan sesendok  minyak zaitun. Campur semua bahan hingga merata, kemudian oles di seluruh rambut dan pijat secara perlahan. Biarkan selama beberapa menit, kemudian bilas dengan shampo hingga bersih. 

6. Gunakan masker madu dan yogurt

Cara merawat rambut rusak selain menggunakan pisang dan alpukat, Anda juga bisa menggunakan madu dan yogurt untuk merawat rambut rusak akibat warna, smoothing dan rebonding. Langkahnya cukup mudah, siapkan yogurt sebanyak dua sendok makan, lalu tambahkan masing-masing satu sendok madu dan minyak zaitun yang telah dihangatkan. Aduk semua bahana hingga tercampur, lalu oles secara merata dari batang hingga ujung rambut. Pijat secara perlahan dan biarkan selama beberapa menit, kemudian Anda bisa bilas rambut dengan air hingga bersih. 

7. Minyak zaitun dan kelapa

Untuk merawat rambut agar tetap sehat dan tidak rusak, Anda bisa mencampur dua sendok santan dan tambahkan sedikit minyak zaitun. Campur kedua bahan hingga merata, kemudian oles secara perlahan selama Anda menyisir rambut. Setelah itu, bungkus kepala dengan handuk hangat selama 20 menit kemudian bilas hingga bersih.  

8. Gunakan cuka apel

Cara merawat rambut rusak juga bisa menggunakan cuka apel, yang terbukti secara efektif membantu rambut agar tetap sehat dan berkilau. Langkahnya cukup mudah, Anda bisa siapkan dua sendok makan cuka apel, Kemudian tambahkan dalam 1 liter air dan gunakan ketika Anda membilas rambut. Setelah itu, bilas rambut dengan shampo, agar kulit kepala dan rambut yang bersih terhindar dari gatal-gatal, penyebab ketombe, hingga rambut kering dan rontok. 

 

4 dari 4 halaman

Cara Merawat Rambut Rusak

9. Teh hijau

Cara merawat rambut rusak juga bisa dengan teh hijau, yang memiliki kandungan vitamin C, polifenol, antioksidan, mangan, L-teanin yang berfungsi efektif dalam menyuburkan rambut. Melansir dari laman Healthline, cara mengaplikasikan teh hijau untuk rambut rusak cukup mudah dan efektif, Anda bisa mendiamkan seduhan teh hijau, dan oles ke rambut secara merata. Diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih. 

10. Rajin memotong ujung rambut

Cara merawat rambut rusak yang sangat mudah untuk dilakukan adala, rutin memotong ujung rambut yang rusak. Rambut rusak yang tidak dipotong, sangat berpotensi membuat rambut jadi bercabang dan kering. Hal ini karena minyak alami dan nutrisi rambut yang diberikan oleh kulit kepala, sehingga memotong bagian ujung rambut bisa membuat rambut terhindar dari kerusakan dan terlihat lebih sehat.

11. Gunakan vitamin rambut

Cara merawat rambut rusak selain dengan masker alami, juga bisa menggunakan vitamin secara rutin. Tersedia berbagai Produk vitamin rambut yang banyak dijual di pasaran, tentu dengan berbagai jenis. Vitamin rambut yang dioleskan pada rambut, berfungsi secara baik melembutkan rambut juga membuatnya tampak lebih sehat dan berkilau.

12. Minyak argan

Minyak argan juga bisa menjaga kelembaban dan menyehatkan rambut, karena mengandung asam aleat, asam linoleat, dan vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan. Selain itu, minyak argan membantu mengatasi rambut yang mengembang, di mana Anda hanya perlu mengoleskannya sebelum menyisir rambut. Dengan rutin menggunakan minyak argan, membantu rambut mudah diatur juga lembut dan sehat. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.