Sukses

Rambut Rusak Akibat Matahari? Minyak Zaitun Bisa Jadi Solusi

Menggunakan minyak zaitung ternyata bisa digunakan sebagai salah satu solusi perawatan rambut rusak

Liputan6.com, Jakarta Rambut adalah mahkota semua orang. Ketika memiliki rambut sehat, tebal, panjang, dan berkilau, kepercayaan diri seolah meningkat untuk tampil di tempat umum. Sayangnya, tidak semua orang memiliki rambut sehat dan kuat.

Ada berbagai faktor yang menjadi pemicu rambut Anda tidak sehat, misalnya sering menggunakan pengering rambut, mengikat rambut terlalu kencang, terpapar sinar matahari atau polusi udara secara rutin, dan sebagainya.

Namun, jangan panik karena kondisi rambut Anda saat ini. Penggunaan minyak zaitun ternyata dapat digunakan dan diaplikasikan untuk rambut yang sangat kering, rusak, rapuh, mudah patah sehingga dapat kembali semua.

Minyak zaitun memiliki kandungan asam lemak yang sangat banyak. Meskipun digunakan sebagai bahan dapur, umumnya penggunaan minyak alami ini bisa untuk mengurangi peradangan dan melindungi tubuh dari penyakit jantung.

Sementara itu, manfaat untuk rambut sendiri dapat memberikan kelembaban ekstra sehingga menghasilkan rambut yang mengkilap, lalu mengobati kulit kepala yang teriritasi, dan folikel rambut yang rusak.

Minyak alami ini memberikan segudang manfaat tidak hanya untuk rambut saja, tetapi seluruh tubuh hingga organ dalam tubuh Anda.

Melansir dari Glamour, Minggu (17/10/2021), ada beberapa cara untuk mengaplikasikan minyak tersebut Anda ke rambut Anda. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Zaitun

Sejak dahulu, orang Yunani Kuno menggunakan zaitun sebagai makanan. Minyak dulunya menjadi komoditas utama dan selalu dicari-cari semua orang sehingga bisa disamakan dengan perdagangan anggur di era modern ini.

Selain untuk melengkapi rasa, sebuah studi penelitian yang dilakukan pada 2019 menemukan mereka yang mengikuti diet Mediterania, yang mengonsumsi minyak banyak, mengalami risiko penyakit kardiovaskular yang lebih rendah.

Khasiat dari minyak ini menuai banyak apresiasi dari kalangan ahli nutrisi, model, penata rambut kalangan selebritis, dan tenaga medis. Penata gaya veteran bernama Frédéric Fekkai mengatakan bahwa minyak zaitun kaya akan antioksidan, vitamin A dan E.

“Ini membantu melindungi keratin alami rambut dan mengunci kelembapan. Selain itu, menambahkan kilau tanpa membebani rambut,” jelas Fekkai. Kemudian, model AS Jerry Hall juga secara rutin menggunakan minyak zaitun sebagai perawatan rambutnya.

“Menggunakannya semalaman sangat ideal, tetapi bisa menodai sarung bantal, jadi saya cenderung membiarkannya meresap saat menonton film sebelum mencucinya,” jelas Hall.

 

3 dari 3 halaman

Pertumbuhan Rambut

“Minyak zaitun dapat menenangkan kulit kepala Anda, memperkuat folikel rambut Anda, dan berpotensi merangsang pertumbuhan rambut,” kata Fekkai.

Pemberian nutrisi yang sehat pada rambut akan membantu pertumbuhan rambut menjadi lebih kuat dan sehat dari sebelumnya. Dengan kulit kepala yang sehat, tentunya pertumbuhan yang terjadi juga akan menyesuaikan kondisi dari kesehatan kulit kepala Anda.

Solusi yang bisa ditawarkan adalah dengan memulai untuk menerapkan penggunaan minyak ke dalam rutinitas Anda untuk melihat hasil dan respons rambut Anda setelah pengaplikasian yang dilakukan secara rutin.

Fekkai merekomendasikan untuk menambahkan minyak dengan produk yang sudah Anda gunakan menerima manfaat yang maksimal. Ketika bertanya tentang seberapa sering kita mengoleskan minyak ke rambut? Bergantung pada seberapa banyak hidrasi yang dibutuhkan.

Jika rambut sudah memberikan hasil yang cukup memuaskan, Anda mungkin bisa tetap menerapkannya ke dalam helai Anda dua minggu sekali atau bahkan setiap bulan. Sementara itu, untuk rambut yang rapuh dan rusak, mungkin bisa digunakan lebih sering.

“Untuk rambut yang dirawat secara kimia (perawatan salon), minyak zaitun bisa digunakan seminggu sekali dicampur dengan masker intens,” kata Fekkai. Kemudian, tutup rambut yang telah diolesi minyak selama 15-20 menit untuk proses penyerapan yang lebih maksimal.

Reporter: Caroline Saskia

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini