Sukses

Hempaskan Rambut Rusak, Pakar Bagi Tips Sederhana untuk Memperbaikinya

Rambut merupakan mahkota wanita yang harus dijaga, dirawat serta diperbaiki.

Liputan6.com, Jakarta - Rambut rusak dapat menjadi hambatan dalam mendapatkan tampilan tatanan rambut yang maksimal. Tanda-tanda rambut rusak seperti ujung bercabang, kusam, dan kering dapat merusak penampilan gaya rambut.

Shab Caspara, seorang trikologi (dermatolog yang mendalami struktur dan pertumbuhan rambut) dari New York City, menjelaskan bahwa kebiasaan perawatan rambut yang buruk bisa bikin rambut lemah, kusut, dan rapuh.

"Penyebab umum kerusakan rambut termasuk kerusakan mekanis (menyisir, karet rambut, ekstensi), kerusakan kimia (pewarnaan berlebihan), dan kerusakan termal (alat styling)," papar Shab Caspara mengutip Vogue India.

Selain itu, faktor internal seperti pola makan, kekurangan vitamin, dan hormon juga dapat berperan membuat rambut rusak.

Bridgette Hill, ahli trikologi lainnya, menyatakan bahwa rambut tidak dapat dikategorikan sebagai "sehat" karena bukan organ hidup. "Rambut bukanlah sel atau organ hidup, sehingga tidak memiliki tingkat kesehatan yang sebenarnya. Helai rambut adalah protein, dan setelah keluar dari folikel, ia menjadi seperti kain halus."

Oleh karena itu, rambut yang ideal memiliki keseimbangan kelembapan, elastisitas, dan tekstur yang baik, serta responsif terhadap produk perawatan yang sesuai.

Meskipun rambut yang sudah terganggu tidak dapat disembuhkan, Anda tetap dapat mencegah kerusakan lebih lanjut. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mengubah kebiasaan gaya rambut yang menyebabkan kerusakan dan menerapkan praktik yang meningkatkan kesehatan rambut dan menutrisi serat rambut.

"Tujuannya pertama-tama adalah mencegah kerusakan lebih lanjut dengan menyesuaikan kebiasaan gaya rambut yang menyebabkan masalah dan menerapkan praktik yang mempromosikan kesehatan rambut dan pemenuhan nutrisi untuk serat rambut."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kerusakan Rambut Secara Mekanis

Rambut kita tak luput dari kerusakan mekanis akibat gesekan dan tarikan. Menyisir secara kasar, mengikat rambut dengan kencang, dan paparan lingkungan dapat menyebabkan kerusakan ini. Gesekan dan tarikan ini dapat mematahkan rambut, mengikis kutikula pelindung, dan menyebabkan rambut kusut dan kering. Kutikula yang rusak juga membuat rambut kehilangan kilaunya.

  • Cara Memperbaiki Kerusakan Rambut yang Mekanis

Ahli menegaskan bahwa ujung rambut yang bercabang atau patah pada rambut yang sangat rusak tidak dapat dikembalikan seperti semula.

Solusinya adalah memotong rambut, semakin pendek semakin baik, untuk menghilangkan ujung rambut bercabang sebelum kerusakan menjalar ke atas. Untuk meminimalisir kerusakan mekanis, hindari penggunaan alat penata rambut untuk mencapai tekstur alami rambut Anda. 

  • Mencegah Kerusakan Lebih Lanjut

Rambut yang sangat rapuh perlu diperlakukan dengan hati-hati. Penata rambut terkenal Bridget Brager menyarankan untuk menggunakan sisir bergigi lebar atau sikat rambut basah saat menyisir rambut basah. "Mulailah dari ujung rambut ke atas dan biarkan rambut mengering secara alami sebanyak mungkin sebelum di-styling," sarannya.

Saat menggunakan hair dryer, pilihlah sikat berbulu atau yang memiliki campuran bulu plastik. Hindari sikat logam karena dapat abrasif bagi serat rambut dan kulit kepala. 

 

3 dari 4 halaman

Kerusakan Rambut karena Kandungan Kimia

Bagi para penggemar pewarna rambut, penting untuk memahami bahwa proses-proses ini dapat menyebabkan kerusakan kimia pada rambut. Meskipun sesekali melakukan perawatan kimia tidak perlu dikhawatirkan, asalkan diiringi dengan perawatan rambut yang tepat, namun terlalu sering melakukan proses ini tanpa perawatan yang memadai dapat mengakibatkan kerusakan permanen pada rambut.

Kerusakan kimia pada rambut terjadi ketika kutikula rambut, yang merupakan lapisan pelindung terluar, terkikis. Hal ini menyebabkan rambut kehilangan kemampuannya untuk menyimpan kelembapan, sehingga menjadi kering, kusam, dan mudah patah.

Proses pewarnaan rambut dapat menyebabkan kerusakan signifikan pada struktur protein rambut dalam jangka panjang.

  • Cara Memperbaiki Rambut Rusak Karena Kandungan Kimia

Penata rambut, Caspara, menjelaskan "Anda dapat meningkatkan kualitas rambut setelah kerusakan kimia ringan dengan menggunakan produk perawatan rambut yang membangun ikatan. Produk ini akan membantu membangun kembali ikatan asam amino yang membentuk keratin di rambut, sehingga rambut menjadi lebih kuat dan sehat."

Namun, perlu diingat bahwa produk ini tidak dapat mengembalikan ujung rambut yang bercabang atau patah pada rambut yang sangat rusak. Jika rambut Anda mengalami kerusakan parah, maka diperlukan solusi yang lebih intensif, seperti potong rambut atau perawatan profesional di salon.

  • Mencegah Kerusakan Lebih Lanjut

Produk perawatan rambut yang membangun ikatan asam amino dapat membantu, kunci utama untuk rambut sehat adalah dengan melakukan perawatan rutin. Hal ini ditegaskan oleh Caspara yang mengatakan bahwa satu-satunya cara untuk memperbaiki kerusakan akibat panas atau bahan kimia yang parah adalah dengan memotong ujung rambut yang mati secara rutin. Hal ini memungkinkan rambut yang lebih sehat untuk tumbuh tanpa terpengaruh oleh kerusakan yang masih ada.

Brager, seorang ahli rambut lainnya, setuju bahwa pemotongan rambut rutin dapat membantu mengurangi ujung rambut bercabang yang kusut dan patah. Hal ini penting untuk menghindari kerusakan yang lebih parah pada rambut. 

4 dari 4 halaman

Kerusakan Rambut karena Panas

Alat pemanas rambut memang dapat membantu menata rambut dengan sempurna, namun penggunaannya yang berlebihan dapat membawa dampak negatif. Panas yang dihasilkan alat tersebut dapat mengikis kutikula dan helai rambut, sehingga menyebabkan rambut mudah patah. Bahkan, panas yang terlalu tinggi dapat membakar rambut secara langsung.

Oleh karena itu, hindari penggunaan alat pemanas rambut terlalu sering dan perhatikan pengaturan suhunya agar rambut terhindar dari kerusakan.

  • Cara Memperbaiki Rambut Rusak Karena Panas

Kerusakan panas pada rambut memang tidak bisa dihilangkan sepenuhnya, tetapi dengan potongan rambut rutin dan mengganti produk perawatan rambut harian, kondisinya masih bisa diperbaiki.

Pastikan sampo dan kondisioner yang Anda gunakan bebas sulfat yang keras.

Menurut Brager, "Jangan pernah menghemat pada sampo dan kondisioner, karena produk ini paling sering Anda gunakan"

Ia juga setuju bahwa produk bebas sulfat adalah pilihan yang tepat. Bagi yang ingin merangsang pertumbuhan rambut, Brager merekomendasikan produk yang diperkaya dengan protein sutra vegan. Sementara untuk mengatasi rambut kering, pilihlah produk yang dapat mengembalikan kelembapan, kilau, dan kelembutan rambut.

  • Mencegah Kerusakan Lebih Lanjut

Perlindungan termal sangat penting untuk menjaga rambut dari kerusakan akibat alat styling panas. Caspara menjelaskan bahwa produk ini memberikan lapisan yang tidak akan membiarkan rambut terbakar begitu mudah.

Sebelum menggunakan alat panas, pastikan rambut sudah kering udara atau dikeringkan dengan jari-jari Anda untuk menghilangkan sebagian besar kelembapan. Gunakan pelindung panas seperti Heat Protectant Spray untuk perlindungan instan.

Brager juga merekomendasikan untuk menggunakan pengaturan panas yang lebih rendah pada alat styling Anda. "Meskipun beberapa pengering rambut dapat melindungi rambut dari kerusakan meskipun dengan waktu pengeringan yang cepat, coba gunakan pengaturan panas yang lebih rendah dari biasanya," sarannya.

Anda juga bisa mendapatkan tekstur alami rambut Anda untuk mengurangi penggunaan alat panas. Brager berkata, "Styling rambut hanya ketika diperlukan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.