Sukses

Cara Membuat Biogas Sederhana di Rumah, Hemat dan Ramah Lingkungan

pengertian dan cara kerja biogas, serta cara membuat biogas sederhana di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat biogas dapat menjadi salah satu alternatif pemanfaatan limbah rumah rangga untuk menghemat energi bumi yang kian menipis. Biogas merupakan energi yang dihasilkan dari proses fermentasi bahan-bahan organik oleh bakteri anaerob.

Mengetahui cara membuat biogas sendiri dapat membantu Anda mengurangi budget untuk bahan bakar di masa depan, karena dengan memiliki biogas sendiri maka sama artinya dengan Anda menyediakan bahan bakar sendiri.

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam cara membuat biogas adalah menyiapkan digester, yang merupakan alat utama untuk memproduksi biogas anda. Cara membuat biogas dengan digester sederhana, merupakan langkah mudah untuk memulai memproduksi bahan bakar Anda sendiri.

Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (16/11/2022) tentang pengertian dan cara kerja biogas, serta cara membuat biogas sederhana di rumah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa Itu Biogas?

Apa Itu Biogas?

Biogas adalah gas yang dihasilkan dari limbah organik, seperti kotoran hewan dan sisa makanan. Ketika organik ini rusak dengan bantuan bakteri, mereka memfermentasi dan melepaskan gas seperti metana serta karbon dioksida. Metana yang ada dalam biogas mudah terbakar, artinya dapat digunakan untuk memberi anda energi.

Namun, sebelum anda dapat mulai membuat biogas, anda perlu membuat digester. Pada dasarnya digester biogas adalah tubuh dari sistem biogas. anda memasukkan bahan organik ke dalam digester sehingga dapat merangsang pertumbuhan bakteri dan menguraikan bahan tersebut. Proses ini mengubah limbah menjadi biogas yang dapat anda gunakan.

Jadi, untuk membuat sistem biogas anda sendiri, anda harus memastikan bahwa anda memiliki tangki yang dapat digunakan sebagai digester, pipa PVC yang akan menjadi pipa saluran masuk yang akan anda gunakan untuk memasukkan limbah ke dalam digester, dan kemudian tangki penyimpanan di mana gas akan diproduksi.

Anda juga membutuhkan saluran keluar untuk bahan yang dicerna serta pipa gas. Hasil energi dari biogas dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti untuk menyediakan panas. Penggunaan yang sangat baik dari biogas buatan ini adalah untuk memasak.  

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Biogas Sederhana di Rumah

Cara Membuat Biogas Sederhana di Rumah

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus diikuti, dimulai dengan menyiapkan semua barang yang perlu anda kumpulkan. Berikut bahan dan langkah lengkapnya:

Bahan yang harus disiapkan:

- Tangki digester : Untuk kapasitasnya kira-kira 700 liter.   

- Pipa PVC sepanjang 3 kaki dengan diameter 3 inci : Ini adalah pipa saluran masuk yang akan membawa limbah ke dalam digester.

- Pipa PVC sepanjang 2 kaki dengan diameter 3 inci : Ini adalah pipa saluran keluar.

- Adaptor pipa PVC : ini akan menjadi corong untuk pipa saluran masuk.

- 2 pipa plastik : ini akan menjadi pipa gas.

- Katup gas

- Konektor-T

- Lem super

- Pasir

- Penanda

- Besi solder

- Pisau gergaji besi

- Tabung ban

 

Cara Membuat Biogas Sederhana di Rumah

1. Pasang Pipa PVC ke Tangki

Atur tangki digester anda dimanapun anda inginkan. Tip penting adalah meletakkannya di tempat yang cerah karena ini akan mendorong bakteri untuk tumbuh dan mengkonsumsi sampah organik yang akan anda masukkan ke dalamnya. Kemudian, ambil pipa PVC saluran masuk anda dan letakkan di sisi tangki. 

Dengan spidol, gambarkan sekeliling pipa sehingga anda dapat membuat lubang di tangki yang sesuai dengan pipa. anda kemudian dapat memotong lubang dengan besi solder anda. Setelah anda memasukkan pipa PVC ke dalam tangki, biarkan menyentuh bagian bawah tetapi jangan memasangnya ke tangki.

2. Pasang Pipa Outlet 

Sekarang, di sisi lain tangki, anda ingin membuat lubang untuk pipa PVC yang akan menjadi pipa saluran keluar untuk menghilangkan kelebihan slurry yang dihasilkan di tangki digester. Gunakan instruksi yang sama seperti yang diuraikan pada langkah sebelumnya, dengan membuat lubang lalu memotongnya dengan besi solder.

Anda juga perlu membuat lubang yang lebih kecil untuk pipa gas anda. Kiat pro: Idealnya, pipa saluran masuk limbah anda harus lebih besar dari lubang yang anda buat untuk gas. Ini akan memudahkan anda membuang lebih banyak limbah ke dalam pipa saluran masuk.

3. Tutup Pipa Saluran Masuk

Cara membuat biogas yang selanjutnya adalah menutup pipa saluran masuk. Pipa saluran masuk yang anda pasang ke tangki digester akan memiliki celah kecil di mana pipa dimasukkan ke dalam tangki, jadi anda ingin menutupnya. Di situlah penggunaan lem super dan sedikit pasir akan berguna untuk mencegah gas keluar.

4. Pasang Katup Gas

Anda sekarang dapat melanjutkan dan memasang katup gas anda ke pipa gas anda. Pastikan katup kedap udara karena ini akan mencegah kebocoran gas. Dengan menggunakan konektor-T, anda kemudian akan menyambungkan pipa gas itu ke pipa lain. 

Salah satu ujung pipa itu akan dihubungkan ke pembakar atau kompor tempat anda akan menggunakan gas yang dihasilkan dan ujung lainnya akan dimasukkan ke dalam tabung ban. Di sinilah gas anda akan terkumpul nantinya.

5. Pasang Corong

Cara membuat biogas yang selanjutnya adalah memasang corong untuk memudahkan memasukan sampah organik ke dalam digester. Jangan lupa memasang corong ke pipa saluran masuk anda! Ini akan memudahkan anda untuk memasukkan bahan organik ke dalam digester.

6. Lakukan Penyesuaian Ukuran Pada Sistem Biogas

Saat membaca panduan ini, anda mungkin akan menyadari bahwa anda perlu memastikan bahwa tangki anda cukup besar untuk kebutuhan biogas anda, tergantung pada seberapa banyak limbah yang ingin anda masukkan ke dalamnya setiap hari.

Jadi, anda harus menyesuaikan ukuran tangki untuk menampung berapa banyak sampah organik yang anda hasilkan. Anda juga harus menyesuaikan panjang pipa anda. Ingatlah bahwa untuk menyambungkan pipa gas ke kompor agar dapat digunakan untuk memasak, anda harus meletakkannya di dekat dapur atau menggunakan kompor luar ruangan.

4 dari 4 halaman

Cara Menguji Kebocoran Di Digester Biogas

Cara Menguji Kebocoran Di Digester Biogas

Seperti yang kami sebutkan pada langkah-langkah sebelumnya, tangki anda harus kedap udara untuk mencegah gas bocor keluar dan terbuang sia-sia. Memastikan bahwa tangki anda benar-benar kedap udara juga akan mencegah keluarnya bau busuk, dan pada akhirnya memastikan bahwa pencerna biogas anda berfungsi dengan baik. 

Jika biogas bocor, ini juga bisa menjadi risiko keselamatan, terutama di area yang tidak memiliki ventilasi yang baik. Untuk menghindari potensi bahaya, anda perlu menguji apakah tangki anda kedap udara. Berikut langkah lengkapnya:

- Lepaskan perlengkapan anda sehingga anda dapat mengisi tangki dengan air. Pastikan anda mengisinya sampai ke atas.

- Tutup katup dan pasang kembali sumbat lubang limbah (pipa saluran masuk). Jika anda melihat air bocor di mana saja, catatlah sehingga anda dapat memilih kebocoran yang ada dan memperbaikinya nanti.

- Balikkan drum atau tangki ke samping sehingga anda dapat melihat apakah ada kebocoran lainnya. Catat ini di tangki dengan menandainya.

- Kosongkan drum air dan biarkan mengering.

- Setelah kering dengan benar, anda bisa menambal setiap celah atau lubang di tangki dengan cat atau tar.

- Kemudian, ulangi seluruh proses pengisian tangki dengan air dan periksa kebocorannya. Jika anda telah menutup kebocoran dengan benar, anda hanya perlu melakukan proses ini satu kali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.