Sukses

Desain Grafis Adalah Proses Membuat Konten Visual, Pahami Juga Jenisnya

Desain grafis adalah proses penyampaian informasi yang dilakukan secara visual, berikut ini pengertian lengkap dan jenisnya

Liputan6.com, Jakarta Desain grafis adalah istilah yang kerap kali dipikirkan saat kita melihat logo, grafik pemasaran digital, ilustrasi, sampul majalah atau gambar lainnya. Desain grafis adalah proses penyampaian informasi yang dilakukan secara visual. Desain grafis menggunakan gambar sebagai media untuk menyampaikan pesan.

Desain grafis adalah ilmu yang menggunakan kreativitas sebagai bahan dasar untuk menciptakan rancangan yang dapat mengungkapkan informasi yang ingin disampaikan secara baik dan jelas. Desain grafis sering digunakan untuk kepentingan percetakan.

Menjadi faktor yang penting karena mampu menarik perhatian banyak orang, mengetahui arti dan macam desain grafis adalah hal yang dapat membantu kita untuk lebih memahami hasil dari proses desain grafis yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. 

Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (8/11/2022) tentang pengertian desain grafis dan jenisnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Desain Grafis

Desain grafis adalah proses membuat konten visual yang membantu mengkomunikasikan pesan dengan audiens. Desain grafis hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran. Kesamaan mereka semua adalah bahwa mereka dirancang untuk berkomunikasi secara visual, dan biasanya dibuat melalui komputer atau papan desain.

Desain grafis berasal dari dua kata, yaitu kata desain dan kata grafis. Desain adalah suatu metode perancangan estetika. Metode perancangan ini didasarkan pada kreativitas. Sedangkan grafis memiliki arti ilmu dari sebuah perancangan titik, maupun garis. 

Seni komunikasi visual sangat penting, terutama untuk merek yang ingin terhubung dengan audiens target mereka, dan desain grafis adalah solusi yang tepat.

Merek memanfaatkan desain grafis dalam logo mereka, materi pemasaran, iklan, grafik situs web, dan bahkan dokumen internal dan komunikasi email.

Untuk lebih memahami cara kerja desain grafis, anda perlu memahami berbagai elemen yang membentuk sebuah desain. Elemen desain grafis tersebut antara lain:

- Warna

- Tipografi

- Garis

- Ukuran

- Ruang 

- Tekstur

Menyatukan semua elemen dan prinsip yang berbeda dapat mengubah desain menjadi grafik yang terlihat profesional. Ada juga beberapa prinsip yang harus diikuti oleh desainer grafis agar desain mereka efektif dan menarik perhatian. Beberapa prinsip tersebut antara lain:

- Kesederhanaan

- Kedekatan

- Kontinuitas

- Simetri

3 dari 4 halaman

Jenis Desain Grafis yang Perlu Diketahui

1. Desain Identitas Merek

Jenis desain grafis yang pertama adalah desain identitas merek. Ini saja adalah jenis yang paling penting untuk diketahui, sebagai seorang profesional bisnis. Meskipun perusahaan kemungkinan besar akan menggunakan berbagai jenis yang berbeda, tidak ada perusahaan yang dapat berhasil tanpa identitas merek .

Identitas merek terdiri dari:

- Logo

- Palet warna

- Font/tipografi

- Gaya gambar

- Pola/bentuk

- Pedoman merek

Anda dapat melihat contoh pedoman merek yang memuat semua elemen identitas merek di bawah ini. Desainer grafis cenderung berspesialisasi hanya dalam beberapa jenis desain yang berbeda. Desainer identitas merek harus berpengalaman dalam tren desain grafis, jenis desain apa yang sesuai dengan pelanggan dan banyak lagi.

 

2. Desain Pemasaran dan Periklanan

Jenis desain grafis berikutnya yang akan kita bahas adalah desain pemasaran dan periklanan. Spesialisasi ini berfokus pada grafik yang kita lihat di media sosial, situs web, dan iklan, baik online maupun offline.

Semua papan reklame yang anda lewati saat berkendara di jalan raya, semua brosur yang anda lihat di konter kedai kopi dan semua grafik media sosial bisnis yang anda lihat saat menelusuri media sosial anda, semuanya adalah bagian dari desain grafis pemasaran dan periklanan.

 

3. Desain Antarmuka Pengguna

Desain antarmuka pengguna (UI) lebih berfokus pada perancangan situs web, aplikasi, perangkat lunak, dan program online aktual lainnya. Spesialisasi ini membutuhkan perancang untuk memahami cara merancang program yang menarik secara visual sambil juga memastikan bahwa mudah bagi pengguna untuk menavigasi dan memahami cara menggunakannya.

 

4. Desain Produk

Desain produk melibatkan pembuatan desain produk secara keseluruhan dan bagaimana produk tersebut disajikan kepada audiens. Ini bisa apa saja mulai dari cetakan kaos dan botol hingga desain kaleng penyiram atau cangkir kopi yang sebenarnya.

Desainer produk harus memastikan bahwa produk yang mereka buat berfungsi dengan baik untuk pengguna akhir. Terkadang ini melibatkan penemuan kembali roda pada produk yang sudah digunakan dan disukai orang, sementara di lain waktu dapat membantu merancang sesuatu yang benar-benar baru.

4 dari 4 halaman

Jenis Desain Grafis yang Perlu Diketahui

5. Desain Publikasi

Jenis desain grafis selanjutnya yang akan kita bahas adalah desain publikasi. Desain publikasi mencakup desain hal-hal seperti majalah, ebook, kertas putih, laporan, buku, buletin, brosur, dan lainnya.

Desainer publikasi harus mampu membuat desain yang menarik secara visual yang tetap dapat dibaca dan memastikan informasi di setiap halaman mengalir dengan baik. Dalam hal ini, tidak semua tentang desain. Kata-kata dan konten yang sebenarnya harus didahulukan, dengan desain hanya menonjolkannya.

 

6. Desain Kemasan

Jenis desain grafis penting lainnya adalah pengemasan. Saat anda menjual sesuatu yang dijual oleh banyak perusahaan lain, anda perlu menemukan cara untuk menonjol, yang sering kali kemasan anda dapat membantu anda melakukan hal itu.

Apakah Anda menarik audiens tertentu dengan desain kemasan minimalis atau Anda menjadi kreatif, memiliki kemasan yang menonjol adalah kuncinya. Desainer kemasan dihadapkan pada tantangan untuk menemukan cara unik untuk mempresentasikan produk mereka sehingga konsumen memilihnya daripada pesaing.

 

7. Desain Jenis Huruf

Pikirkan semua font yang anda lihat setiap hari. Lihatlah font yang digunakan hanya dalam posting blog ini. Seseorang harus merancang semua ini. Setiap font, bahkan yang paling dasar seperti Arial dan Times New Roman, dibuat oleh desainer tipografi. 

Di zaman sekarang ini, kita biasanya melihat desain jenis huruf digunakan ketika merek ingin membuat font sendiri. Misalnya, logo Netflix ada dalam font Netflix Sans bermerek mereka, dan Samsung memiliki font SamsungOne mereka sendiri.

 

8. Desain Grafis Gerak

Desain grafis atau animasi bergerak adalah jenis desain lain yang sering anda lihat di video dan GIF. Mendesain animasi atau motion graphic membutuhkan alat khusus dan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang bergerak. Namun, jika anda ingin memulai dari yang kecil, Aada dapat menggunakan pembuat video Visme untuk membuat video gerak dengan menyesuaikan template di bawah ini.

 

9. Desain Ilustrasi

Selanjutnya, desain grafis adalah desain ilustratif.  Jenis desain grafis ini biasanya dilakukan dalam program profesional seperti Adobe menggunakan stylus dan layar sentuh untuk menggambar elemen dan mengubahnya menjadi desain digital. 

Namun, setiap desainer memiliki gaya dan prosesnya sendiri. Ilustrasi adalah tren desain populer yang kemungkinan besar tidak akan kemana-mana untuk sementara waktu, terutama mengingat betapa unik dan berbedanya ilustrasi dengan desain grafis yang lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.