Sukses

21 Wisata Merapi Jogja yang Sayang Dilewatkan, Kaya Keindahan Alam

Liputan6.com, Jakarta Wisata Merapi Jogja menjadi destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan. Jogja merupakan kota dengan sedugang destinasi wisata yang wajib diekplore oleh wisatawan, termasuk wilayah utara.

Tempat wisata Merapi Jogja terletak di bagian utara Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya di Kabupaten Sleman. Wisata Merapi Jogja menawarkan berbagai destinasi wisata yang tak kalah menakjubkan dengan wisata lainnya di Jogja.

Pilihan wisata Merapi Jogja di antaranya seperti museum, taman rekreasi, hingga panorama pegunungan yang sejuk. Wisata Merapi Jogja tersebar di daerah Cangkringan, Kaliurang, Pakem, dan daerah lain di Kabupaten Sleman.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai tempat wisata Merapi Jogja yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (4/11/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 8 halaman

Tempat Wisata Merapi Jogja yang Sayang Dilewatkan

1. The Lost World Castle

The Lost World Castle berada di Desa Kepuharjo, Sleman. Wisata Merapi Jogja ini menawarkan rekreasi Instagramble, dengan berbagai spot foto yang anti-mainstream tentunya bisa memempercantik feed Instagram anda. Di sini terdapat kastil yang dibangun di atas lahan seluas 1,3 hektare. Kastil ini memiliki pesan unik di mana ia mengingatkan setiap pengunjung akan erupsi Gunung Merapi yang begitu dahsyat, membuat Kota Jogja dan sekitarnya seperti menghilang. Konsep inilah yang kemudian menjadi nama tempat wisata ini, yaitu The Lost World atau yang berarti Dunia yang Hilang.

2. Merapi Park

Merapi Park berlokasi di Jalan Kaliurang KM 23, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Wisata ini menghadirkan 12 landmark dunia seperti menara Eiffel, Menara Pisa, Big Ben, Kincir angin khas Belanda dan masih banyak lagi.

3. Bukit Klangon

Bukit Klangon berada di Desa Glagaharjo, Cangkringan, Sleman. Wisata Merapi Jogja ini banyak dikunjungi wisatawan terutama anak muda. Di sini banyak spot foto yang sangat instagramable berlatar belakang gunung Merapi yang terlihat sangat dekat.

3 dari 8 halaman

Tempat Wisata Merapi Jogja yang Sayang Dilewatkan

4. Blue Lagoon Jogja

Blue Lagoon Jogja merupakan sebuah pemandian yang terletak di Desa Dalem, Widodomartani, Sleman, Yogyakarta. Pemandian ini juga biasanya disebut dengan Pemandian Tirta Budi. Air di pemandian ini sangat jernih dan segar khas pegunungan.

5. Air Terjun Tlogo Muncar

Wisata Merapi Jogja berikutnya yakni Air Terjun Tlogo Muncar. Wisata ini memiliki ketinggian sekitar 45 meter. Air Terjun Muncar ini berasal dari lereng bukit Plawangan yang merupakan salah satu bukit di Gunung Merapi.

6. Lava Tour Merapi

Lava Tour Merapi merupakan salah satu wisata Merapi Jogja yang menawarkan petualangan menyusuri area sekitar Gunung Merapi. Ada banyak agen wisata yang membuka Lava Tour Merapi. Biasanya paket Lava Tour Merapi berupa berkeliling area bekas letusan Merapi lengkap dengan jeep dan pemandu.

4 dari 8 halaman

Tempat Wisata Merapi Jogja yang Sayang Dilewatkan

7. Tlogo Putri

Tlogo Putri merupakan wisata berupa embung atau kolam yang sejuk dan asri. Di sini juga terdapat beberapa bebek air mainan yang bisa ditumpangi. Selain itu, terdapat berbagai permainan untuk anak-anak seperti jungkat-jungkit, ayunan, bianglala dan berbagai wahana permainan seru lainnya.

8. Desa Wisata Ledok Sambi

Ledok Sambi termasuk kawasan pedesaan yang sejuk dan sayang dilewatkan. Daya tarik wisata ini ada pada pemandangan sawah hijau terhampar luas, udara yang sejuk dan suasana yang tenang dan mengesankan. Di sini, anda bisa melakukan aktivitas outbound, belajar kesenian, mengikuti aktivitas keseharian warga dan lain-lain. Lokasinya berada di Jalan Kaliurang KM. 19, Area Sawah, Pakembinangun, Pakem, Daerah Istimewa Yogyakarta.

9. Goa Jepang Kaliurang

Di daerah Kaliurang, terdapat sebuah gua yang dulunya digunakan tentara Jepang sebagai tempat tinggal dan berlindung dari tentara sekutu. Lokasinya yang berada di kaki gunung membuat wisata ini terasa sejuk dan alami. Terlebih, ada sekawanan monyet yang hidup di sekitar gua.

5 dari 8 halaman

Tempat Wisata Merapi Jogja yang Sayang Dilewatkan

10. Bunker Kaliadem

Kaliadem merupakan salah satu wilayah lereng selatan Gunung Merapi yang menjadi destinasi wisata Merapi Jogja paling populer. Di sini terdapat sebuah bunker yang dulunya dijadikan tempat perlindungan dari luncuran awan panas Gunung Merapi. Kini Bunker Kaliadem dijadikan salah satu destinasi wisata Merapi yang banyak dikunjungi wisatawan.

11. Makam Mbah Marijan

Mbah Marijan merupakan sosok juru kunci Merapi yang sangat tersohor. Ia meninggal saat letusan Merapi 2010 terjadi. Mbah Marijan dimakamkan di Bendesari, Glagaharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman. Meskipun hanya makam biasa, namun hingga kini banyak wisatawan yang berkunjung ke sana baik untuk berziarah. Ada juga yang hanya sekadar ingin mengetahui kisah Mbah Marijan selama menjadi guru kunci Merapi.

12. Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi merupakan tempat wisata yang menawarkan seluk beluk dan pengetahuan geologi Gunung Merapi. Di sini terdapat miniatur guning merapi yang menampilkan kenampakan Gunung Berapi yang sedang mengeluarkan asap. Tak cuma miniaturnya, anda juga bisa menyaksikan keindahan Gunung Merapi dari museum ini.

6 dari 8 halaman

Tempat Wisata Merapi Jogja yang Sayang Dilewatkan

13. Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu merupakan salah satu wisata Merapi Jogja yang sedang hits. Museum ini terletak di Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Museum Ullen Sentalu menampilkan budaya dan kehidupan para bangsawan Dinasti Mataram beserta koleksi bermacam-macam batik.

14. Museum Mini Sisa Hartaku

Museum Mini Sisa Hartaku berlokasi di Jl. Petung Merapi, Petung, Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman. Di wisata ini anda bisa menyaksikan barang-barang sisa kedahsyatan letusan Merapi pada 2010 silam. Museum ini merupakan saksi bisu letusan Merapi. Barang-barang yang ditampilkan di antaranya seperti televisi atau komputer yang sudah meleleh, kerangka motor bebek yang sudah berkarat dan masih diselimuti bekas debu Merapi. Selain itu, ada pula bangkai sapi yang sudah menjadi tulang belulang.

15. Bukit Glagahsari

Bukit Glagahsari terletak di sebelah utara Makan Mbah Maridjan. Dari bukit ini anda bisa menikmati keindahan Gunung Merapi dari jarak yang sangat dekat. Tempat wisata ini merupakan salah satu destinasi yang wajib dikunjungi.

7 dari 8 halaman

Tempat Wisata Merapi Jogja yang Sayang Dilewatkan

16. Stonehenge Cangkringan

Stonehenge Cangkringan adalah wisata Merapi yang cukup unik dan populer. Sesuai dengan namanya, Stonehengen Cangkringan merupakan replika mini dari Stonehenge di Inggris. Deretan batu-batu persegi berukuran 200 meter yang ditata sedemikian rupa di atas hamparan rumput bisa menjadi pemandangan yang unik.

17. Bukit Kali Kuning

Bukit Kali Kuning merupakan wisata yang sering dijadikan tempat berkemah. Selain mempunyai pemandangan yang indah, tempat ini juga punya panorama yang menarik disertai dengan latar Gunung Merapi.

18. Batu Alien

Batu Alien termasuk wisata Merapi yang cukup banyak dikunjungi. Batu alien sebenarnya merupakan batu besar sisa erupsi gunung merapi pada 2010. Batu ini memiliki bentuk aneh sehingga disebut batu alien. Faktanya batu tersebut berubah yang diakibatkan lahar panas pada saat kejadian gunung meletus. Wisata Batu Alien berada di Jambu, Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman.

8 dari 8 halaman

Tempat Wisata Merapi Jogja yang Sayang Dilewatkan

19. Rumah Hobbit Kaliurang

Rumah Hobbit Kaliurang sangat dekat dengan The Lost World Castle. Di wisata Merapi Jogja ini anda bisa melihat rumah hobbit yang lucu dan penuh warna. Rumah Hobbit Kaliurang juga mempunyai pemandangan yang bagus dengan latar belakang gunung Merapi.

20. Kali Opak

Di kawasan Merapi anda juga bisa menyusuri Kali Opak menggunakan jeep atau motor trail. Sungai ini berada di sebelah selatan lereng Merapi. Kali Opak memiliki hulu di Gunung Merapi, lalu mengalir ke selatan dengan muara menghadap ke Samudra Hindia di Pantai Samas.

21. Agrowisata Bhumi Merapi 

Agrowisata Bhumi Merapi didirikan pada tahun 2015, dengan lahan bangunan 5,2 hektar. Tempat wisata ini menawarkan pemandangan dengan konsep peternakan, perkebunan, juga pertanian.  Agrowisata Bhumi Merapi ini memiliki fasilitas yang lengkap, mulai dari mobil jeep, area camping, restoran, dan masih banyak fasilitas lainnya. Tempat ini juga memiliki banyak spot foto menarik, sehingga pengunjung bisa mengabadikan momen indah saat berada di sini. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS