Sukses

Absurd adalah Istilah dalam Bahasa Gaul, Ketahui Makna dan Penggunaanya

Liputan6.com, Jakarta Absurd adalah penggalan kata yang termasuk dalam bahasa indonesia, yang bahkan dalam penggunaan kata absurd ini, bisa Anda temui di dunia nyata seperti di koran, buku, brosur, dan bahkan di dunia maya digunakan di social media facebook, instagram, tiktok, youtube, whatsapp, twitter dan lain sebagainya.

Absurd adalah kata yang sering digunakan ketika membuat artikel, berita bahkan untuk beberapa jurnal. Absurd memiliki hubungan erat dengan suatu paham yang disebut absurdisme, yang memiliki kepercayaan tentang manusia yang berusaha mencari arti dari kehidupannya. 

Absurd adalah istilah dalam bahasa gaul, yang sering digunakan oleh para pengguna media sosial. Kata absurd yang paling sering dijumpai adalah, cuitan dalam kolom komentar dipostingan media sosial, atau penggalan kata pada status instagram, tiktok dan youtube. Kata absurd berasal dari bahasa Inggris, namun dalam bahasa Indonesia kata absurd juga memiliki arti mustahil dan tidak masuk akal. 

Berikut ini makna dan penggunaan kata absurd yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (1/11/2022). 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Mengenal Arti Kata Absurd

Absurd adalah kata yang sering dijumpai dalam percakapan sehari - hari. Apalagi di sosial media, absurd seringkali muncul dalam sebuah postingan, baik itu tentang caption yang dijadikan status ataupun komentar. Untuk memahami arti absurd yang sebenarnya, bisa Anda lihat di kamus baik itu bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Arti absurd dalam kamus bahasa Inggris, mengandung kata sifat yang memiliki arti tidak masuk akal, mustahil, lucu, konyol, bahkan menggelikan. Sedangkan arti absurd di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dapat diartikan dengan tidak masuk akal ataupun mustahil. 

Mengenal kata absurdisme

Kata absurd sangat erat hubungannya dengan suatu paham yang disebut absurdisme, di mana paham atau aliran ini memiliki kepercayaan bahwa, manusia yang berusaha mencari arti dari kehidupan akan berakhir dengan kegagalan, Bahkan absurdisem menjelaskan bahwa manusia akan cenderung untuk melakukan hal tersebut sebagai suatu yang absurd dan tidak masuk akal, konyol, bahkan mustahil. Dalam kesusatraan, absurdisme berkaitan dengan sesuatu hal yang tidak bisa dijelaskan dengan nalar atau bahakn logika. Kata ini umumnya bersifat mustahil atau tidak masuk akal, di mana menggambarkan kehidupan atau peristiwa imajinatif yang berasal dari alam bawah sadar diri seseorang.

3 dari 6 halaman

Makna dan Arti Kata Absurd

Absurd sebenarnya merupakan salah satu jenis kata sifat, yang memiliki makna untuk merujuk pada sesuatu yang cenderung aneh, lucu, dan tidak jelas. Bahkan dalam penggunaan kata absurd yang kerap Anda jumpai, sering dipakai untuk menggambarkan tindakan aneh seseorang. Namun perlu Anda pahami juga bhawa absurd tak selalumenggambarkan sesuatu yang lucu melainkan juga ungkapan yang tidak sesuai dengan nalar atau tidak masuk akal.

Oleh karena itu, muncul apa yang dinamakan dengan absurdisme. Kata -isme di sini dapat menjelaskan mengenai paham yang bisa disimpulkan bahwa absurdisme adalah paham, atau bahkan aliran kepercayaan yang menganggap bahwa manusia secara umum dalam mencari arti kehidupan cenderung tidak berarti dan tidak masuk akal.

Absurd adalah kata yang sering digunakan dalam kehidupan sehari - hari, dan bukan hanya sekedar istilah yang memiliki arti di kamus. Kata dan kalimat absurd bisa Anda jumpai dalam percakapan anak muda, dan dijuluki sebagai bahasa gaul, yang sering digunakan oleh generasi milenial sekarnag ketika ingin menggambarkan hal unik yang tak pernah dilihat sebelumnya, atau sesuatu hal yang aneh saat dijumpai. 

Absurd adalah mustahil yang dalam bahasa gaul, sebenarnya digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang tidak jelas, konyol, lucu ataupun aneh. Kata ini juga bisa menggambarkan tentang perilaku seseorang, situasi, atau bahkan kejadian yang mengandung hal-hal aneh, mustahil, tidak masuk akal.

4 dari 6 halaman

Contoh Penggunaan Kata Absurd

Terdapat beberapa contoh penggunaan kata absurd yang perlu Anda ketahui, sehingga bisa memudahkan Anda untuk memahami contoh penggunaan kata absurd. Absurd adalah penggalan kata yang bisa  menggambarkan tindakan seseorang yang cenderung lucu, aneh serta tidak biasa.

Adapun beberapa contoh penggunaan kata absurd untuk menggambarkan mengenai tindakan seseorang yang cenderung lucu, aneh serta tidak biasa, yakni menghapus tulisan pensil dengan gelang karet padahal tersedia penghapus khusus yang bisa digunakan. Namun setelah memahami arti dari kata absurd, maka Anda juga bisa mempraktekan kata absurd dengan teman atau siapa saja.

1. Contoh kalimat percakapan pertama seperti berikut:

a: Bro lu sudah lihat film Jackass 3D belum?

b: Belum bro! emang film tentang apa?

a: Lo lihat aja lah absurd banget filmnya.

b: Kalo lo sudah bilang absurd wajib nonton nih.

2. Contoh kalimat percakapan kedua seperti berikut:

a: Bestie kamu pernah lihat tukang parkir dekat mall XXY gak?

b: Belum sih kayaknya, kenapa tukang parkirnya?

a: Gila kamu wajib lihat, tingkahnya kocak dan absurd banget.

b: Serius? wah wajib ke sana nih.

 

5 dari 6 halaman

Penggunaan Kata Absurd Lainnya

1. Jamet: Jajal Metal yang memiliki arti penampilan yang dianggap keren banget dengan atribut ala-ala musik metal.

2. Julid: Komentar terhadap seseorang dengan mencari-cari kesalahan untuk menyudutkan. Disebut juga dengan gosip atau ghibah, iri, dengki.

3. Halu: Halusinasi.

4. OTW: On the way.

5. Bucin: Budak cinta.

6. Anjay/anjir: Ungkapan untuk mewakili rasa terkejut, kaget, dan sebagainya.

7. Ambyar: Hancur.

8. TBL: Takut banget loh.

9. CBL: Cantik banget loh.

10. Caper: Cari perhatian.

11. Gabut: Gaji Buta.

12. Healing: Proses penyembuhan diri dari luka batin.

13. Kuy: Yuk.

14. Kepo: Knowing every particular object alias pengin tahu segalanya.

15. Pansos: Panjat sosial.

16. Galau: Rasa bimbang, resah, sedih, kecewa.

17. Nolep: No life.

18. PAP: Post a picture.

 

6 dari 6 halaman

Kata - Kata Absurd yang Lucu

a. "Sebenarnya pelajaran matematika di Amerika lebih susah karena dicampur bahasa Inggris."

b. "Manusia boleh berencana, tapi saldo juga yang menentukan."

c. "Cantik nggak harus putih, tapi mesti perempuan."

d. "Mencintaimu itu wajar. Yang nggak wajar itu mencintai bapakmu."

e. "Rumah tangga itu rumit. Kalau sederhana itu namanya rumah makan."

f. "Secapek-capeknya kerja, lebih capek nganggur."

g. "Nabung setengah mati, habisinnya setengah sadar."

h. "Seberat apa pun masalahmu, jangan lupa mengeluh."

i. "Kunci kesehatan cuma satu, yaitu jangan sakit."

j. "Jangan membenci dirimu sendiri, karena itu tugas orang lain."

k. "Hidup pasti banyak rintangan. Kalau banyak rantangan berarti katering."

l. "Kerja keraslah sampai tetangga berpikir rezekimu hasil dari pesugihan."

m. "Sekali mendayung, dua tiga hari pegelnya nggak ilang-ilang."

n.  "Tidak ada yang abadi, kecuali perubahan dan pengeluaran."

o. "Cantik itu relatif, tergantung letak kamera dan intensitas cahaya."

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS