Sukses

9 Cara Agar Rambut Tidak Mengembang Secara Alami, Tanpa Bahan Kimia

cara agar rambut tidak mengembang secara alami dan mudah.

Liputan6.com, Jakarta Cara agar rambut tidak mengembang tidak harus dengan menggunakan produk rambut dengan bahan kimia didalamnya, anda bisa mengatasi rambut mengembang dengan mengikuti beberapa trik dan tip yang dapat membuat rambut anda tidak mengembang.

Rambut merupakan salah satu fitur penunjang penampilan, dan memiliki rambut yang mengembang kerap kali membuat banyak orang merasa rendah diri karena terlihat seperti rambut yang tidak teratur dan rapi. Sehingga penting untuk mengetahui cara agar rambut tidak mengembang.

Rambut mengembang juga merupakan tanda dari rambut yang mulai mengalami kerusakan, hal ini karena rambut yang rusak dan kering, lapisan luarnya akan terangkat dan menyebabkan kelembapan rambut hilang yang kemudian menjadi rambut mengembang. Dengan mengetahui cara agar rambut tidak mengembang, anda telah melakukan langkah awal dalam upaya melindungi rambut anda.

Lantas apa saja cara agar rambut tidak mengembang, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (18/10/2022) tentang cara agar rambut tidak mengembang secara alami dan mudah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Agar Rambut Tidak Mengembang Secara Alami

1. Membilas Rambut dengan Air Dingin

Cara agar rambut tidak mengembang yang pertama adalah dengan membilasnya dengan air dingin. Mandi pada suhu yang lebih rendah akan melindungi rambut dan kulit anda dengan mencegah rambut menjadi kering dan kusut. Banyak penata rambut merekomendasikan bilas dingin untuk membantu menyegel kutikula rambut anda. Setelah mencuci rambut, turunkan suhu dan akhiri dengan bilas air dingin yang menyegarkan.

 

2. Gunakan Handuk Microfiber atau Katun untuk Mengeringkan Rambut

Handuk anda juga dapat menyebabkan rambut kusut dan mengembang karena dapat membuat kutikula menjadi kasar. Alih-alih mengeringkan rambut anda dengan handuk kain terry standar, beralihlah ke handuk microfiber atau kaus dengan bahan katun. Handuk microfiber terbuat dari serat yang lebih halus, yang artinya lebih sedikit gesekan dan sangkutan pada rambut anda.

 

3. Sikat Rambut Dengan Sisir Bergigi Lebar

Menggunakan sisir yang salah dapat membuat kutikula rambut menjadi kasar dan menyebabkan rambut mengembang. Jangan pernah menggunakan sisir halus untuk menyisir rambut basah. Sebagai gantinya, gunakan sisir yang dirancang untuk rambut basah. Sisir bergigi lebar ideal untuk rambut yang mudah kusut karena memiliki lebih banyak ruang bagi rambut untuk melewati gigi, yang membantu mencegah kerusakan.

3 dari 6 halaman

Cara Agar Rambut Tidak Mengembang Secara Alami

4. Hindari Mencuci Rambut Setiap Hari

Cara agar rambut tidak mengembang yang selanjutnya adalah menghindari mencuci rambut setiap hari. Mencuci rambut setiap hari tidak baik untuk rambut mengembang. Pastikan untuk mencuci rambut anda 2-3 kali seminggu saja. Pada hari-hari ketika anda melewatkan mencuci rambut, gunakan semprotan rambut untuk meluruskan kembali rambut yang mengembang dan menambahkan pantulan ke rambut.

 

5. Biarkan Rambut Kering dengan Udara

Panas dari pengering rambut non-ionik biasa dapat merusak rambut anda, membuatnya terlihat kering dan mengembang. Banyak penata rambut menyarankan untuk melewatkan pengering rambut dan membiarkan rambut anda mengering dengan sendirinya untuk menghindari rambut mengembag dan kusut.

 

6. Potong Rambut Anda Secara Teratur

Ujung bercabang dapat melebarkan batang rambut, yang dapat meningkatkan kekusutan rambut anda. Untuk mencegah rambut kusut dan mengembang, sangat penting untuk menjaga ujung rambut anda tetap halus dan rapi. Sebaiknya potong rambut anda setiap 6-8 minggu untuk mencegah rambut kusut dan mengembang yang disebabkan oleh ujung bercabang.

4 dari 6 halaman

Cara Agar Rambut Tidak Mengembang Secara Alami

7. Gunakan Masker Rambut Alami

Cara agar rambut tidak mengembang yang berikutnya adalah dengan menggunakan masker rambut alami. Masker rambut alami cocok untuk semua jenis rambut dan merupakan cara yang bagus untuk mengatasi rambut kusut dan mengembang dengan menciptakan penghalang untuk membantu menyegel hidrasi esensial dan mencegah hilangnya kelembaban pada rambut. Buatlah masker rambut dengan campuran minyak alpukat untuk menghaluskan rambut kusut dan mengembang.

 

8. Keringkan Rambut Secara Terbalik

Mengeringkan rambut secara terbalik adalah salah satu cara terbaik dan termudah untuk membuat rambut anda lebih mengembang dan bervolume. Saat anda mengeringkan rambut secara terbalik, akarnya tidak menempel di kulit kepala anda. Sebaliknya, mereka mengangkat, menambahkan lebih banyak volume pada rambut anda. Volume dan kehalusan berjalan beriringan. Untuk mendapatkan hasil yang paling lembut, sisir rambut anda sambil mengeringkannya.

 

9. Potong Rambut Dengan Model Yang Cocok

Mendapatkan potongan rambut secara teratur adalah salah satu hal terpenting yang harus dilakukan jika anda ingin rambut yang sehat. Ketika rambut anda ditata dan dipotong dengan baik, itu akan memberikan tampilan yang tidak terlihat kusut dan mengembang. Anda juga dapat melapisi rambut anda dengan memotongnya dengan silet. Untuk menipiskan rambut, anda perlu memotongnya lapis demi lapis pada sudut yang tepat dengan gunting khusus berduri.

5 dari 6 halaman

Hal yang Harus Dihindari Agar Rambut Tetap Sehat

Hal yang penting selain mengetahui cara agar rambut tidak mengembang adalah cara menjaga rambut tetap dalam kondisi sehat, dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan yang dapat membuat rambut menjadi rusak. Berikut adalah hal yang harus dihindari agar rambut tidak mengalami kerusakan:

1. Menggunakan Kondisioner

Kulit kepala anda menghasilkan minyak alami yang melembabkan kulit kepala anda. Menerapkan kondisioner ke kulit kepala anda dapat membuatnya lebih berminyak dan menyebabkan penumpukan minyak dan kotoran, yang menyebabkan iritasi kulit kepala, gatal, ketombe, dan rambut rontok.

 

2. Gaya Rambut Ketat

Kuncir kuda atau sanggul dapat menyelamatkan rambut anda dari kerusakan, tetapi jika anda memakainya terlalu ketat, gaya rambut ini dapat menyebabkan kerusakan rambut dan nyeri kulit kepala. Mengenakan gaya rambut yang ketat juga dapat menyebabkan kerontokan dengan mencabut rambut dari akarnya.

 

3. Mandi Air Panas

Hindari mencuci rambut dengan air hangat atau panas karena ini akan menghilangkan kelembaban alami rambut dan kulit kepala, yang menyebabkan rambut kering dan keriting. Banyak penata rambut menyarankan untuk mencuci rambut anda dengan air dingin untuk menjaga kulit kepala dan rambut anda terhidrasi.

 

4. Alat Penata Panas

Penggunaan alat penata rambut panas yang berlebihan seperti pengering rambut dan alat pengeriting rambut dapat secara signifikan merusak rambut anda dengan membuatnya kering dan lemah. Ini dapat menyebabkan masalah seperti rambut rontok dan ujung bercabang.

6 dari 6 halaman

Hal yang Harus Dihindari Agar Rambut Tetap Sehat

5. Menyisir Rambut Basah

Hal yang harus dihindari berikutnya adalah menyisir rambut dalam keadaan basah. Rambut basah lebih rapuh dan mudah patah. Kebiasaan menyikat atau menyisir rambut basah dapat menyebabkan kerusakan dan kerontokan pada rambut.

6. Overexposure Terhadap Sinar Matahari

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat merusak kutikula dan menyebabkan rambut rontok. Sinar UV dapat menyerap minyak alami dari kulit kepala dan rambut anda, membuatnya kering. Anda bisa mengalami kulit kepala kemerahan, gatal, iritasi, dan rambut rontok akibat paparan sinar matahari yang berkepanjangan.

7. Menyisir Rambut Secara Berlebihan

Menyikat membantu meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala dan membantu menyebarkan minyak alami dari kulit kepala ke helai rambut anda. Meskipun tidak menyisir rambut secara teratur dapat menyebabkan rambut kusut dan rontok, menyikat rambut secara berlebihan dapat menyebabkan gesekan dan menyebabkan kerusakan rambut.

8. Produk Rambut Kimia

Bahan kimia seperti natrium klorida dan paraben dalam produk perawatan rambut berbahaya bagi kesehatan rambut. Mereka mempengaruhi tingkat pH kulit kepala anda dan melemahkan akar saat merendam minyak alami dari rambut dan kulit kepala anda. Kulit kepala yang kering menyebabkan iritasi dan ketombe, yang menyebabkan rambut rontok.

Demikian informasi mengenai cara agar rambut tidak mengembang secara alami dan mudah, penting juga untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan yang dapat membuat rambut rusak, untuk bisa mendapatkan rambut yang sehat dan rapi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.