Sukses

12 Wisata Kuliner Medan Murah dan Enak, Bikin Ketagihan

Wisata kuliner Medan wajib kamu kunjungi bila berlibur ke Sumatera Utara.

Liputan6.com, Jakarta Wisata kuliner Medan wajib kamu cicipi saat berkunjung ke Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara ini. Kuliner Medan sudah terkenal sebagai salah satu makanan yang enak dan unik di Indonesia. Rasa kuliner Medan yang unik tentunya akan mengguah selera siapa saja.

Wisata kuliner Medan semakin terkenal dengan banyaknya influencer ataupun Youtuber yang berkunjung. Jadi, kamu tidak perlu bingung lagi mencari kuliner Medan yang menggoyang lidah. Makanan manis, asin, hingga pedas bisa kamu cicipi sesuai selera.

Wisata kuliner Medan wajib kamu kunjungi bila berlibur ke Sumatera Utara. Apalagi, makanan khas Medan ini tentunya tidak akan bisa kamu temui di tempat lain. Kamu tentu perlu menyantap sajian kuliner Medan yang menggugah selera langsung di tempatnya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (13/10/2022) tentang wisata kuliner Medan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Wisata Kuliner Medan

Martabak Piring

Wisata kuliner Medan yang pertama yaitu Martabak Piring. Martabak piring khas Medan ini hampir sama bentuknya dengan kue leker, dan terbuat dari tepung terigu dengan isian cokelat, keju, susu, atau buah. Perbedaannya dengan kue leker hanya pada cara membuatnya. Seperti namanya, martabak piring ini dibuat di atas piring bukan teflon. Ada jenis yang tipis seperti kue leker tetapi ada juga yang tebal seperti martabak. Hanya saja yang tebal seperti martabak ukurannya tetap mini atau kecil. Kriuk dan manisnya membuat ketagihan.

Durian Ucok

Belum ke Medan jika kamu tidak mencoba Durian Medan. Salah satu tempat yang merupakan wisata kuliner Medan terkenal ialah Kedai Durian Ucok. Kedai Durian Ucok ini salah satu tempat berburu durian paling laris di Medan. Durian Medan yang memiliki cita rasa khas dengan daging buah cukup tebal dan legit serta memiliki sedikit rasa pahit mampu membuat penikmat durian jatuh hati. Kedai Durian Ucok sendiri hanya buka di waktu malam hingga menjelang pagi.

Kari Bihun Tabona

Kari Bihun Tabona ini memiliki ciri khas pada kuah kaldunya. Kaldu yang dibuat dari potongan daging ayam atau sesekali juga daging sapi. Sedap dan nikmat jika dipadukan dengan sambal khas Medan. Rempah-rempah pilihannya menjadikan kualitas rasa wisata kuliner Medan ini begitu menggugah selera.

3 dari 5 halaman

Wisata Kuliner Medan

Mie Bangladesh

Mie Bangladesh ini sebenarnya seperti mie pada umumnya. Tetapi yang membedakan, mie goreng ini disajikan dalam bentuk kuah atau penduduk lokal menyebutnya mie becek. Becek dari mie ini berasal dari telur yang dihancurkan. Penyajiannya juga unik, karena bukan mie yang mendominasi piring tetapi telur beceknya. Bumbu Mie Bangladesh dibuat dengan rempah racikan sendiri, sehingga citarasa wisata kuliner Medan ini dapat menggoyang lidah siapa saja.

Soto Kesawan

Wisata kuliner Medan selanjutnya yaitu Warung Soto Kesawan yang berada di Jalan Ahmad Yani 116, Medan. Jika biasanya kamu hanya mendapati daging sapi ataupun ayam, di Soto Kesawan ini kamu bisa menemui udang di dalamnya. Selain itu, udang yang ada pada Soto Kesawan ini pun menggunakan jenis udang galah yang memiliki ukuran cukup besar. Bukan hanya menggunakan udang saja, tapi kamu pun bisa memesan Soto Kesawan dengan isian paru sapi, daging, dan juga ayam. Kuah soto yang disajikan pun memiliki aroma rempah yang khas.

Sate Memeng

Sate Memeng ini tidak hanya menjual satu jenis daging sate saja, tetapi ada banyak. Seperti sate daging ayam, kambing, bahkan jeroan. Jika dibandingkan dengan jenis sate yang lain, Sate Memeng ini memiliki potongan daging khas yakni lebih besar-besar. Penyajian wisata kuliner Medan ini sama seperti sate pada umumnya. Bisa dengan lontong atau juga tanpa lontong yang disiram dengan saus kacang.

4 dari 5 halaman

Wisata Kuliner Medan

Sup Sumsum Sapi Sipirok

Sup Sumsum Sapi Sipirok ini memiliki ciri khas pada bumbu kuahnya. Bumbu kuah yang dipadukan dengan sumsum tulang Sapi. Setiap sedot tulang sapi yang dipadukan dengan kuah kental ini membuat wisatawan ingin menyantapnya berkali-kali.

Banyak yang mengakui kalau kuah dari hidangan ini sangat segar. Bahkan hanya sekadar dinikmati dengan nasi pun nikmat kalau kata penduduk lokal. Apalagi sumsum tulang Sapi dengan tekstur kenyal, kata wisatawan ini membuat sensasi makan menjadi lebih menyenangkan.

Mie Aceh Titi Bobrok

Mie Aceh Titi Bobrok ini merupakani mie khas dari Aceh. Warnanya cokelat gelap dengan baluran bumbu rempah khas. Biasa disajikan dengan sayur toge bahkan juga jeruk nipis. Penyajiannya juga ada yang menggunakan beraneka ragam topping, hanya tinggal disesuaikan dengan selera pembeli saja.

Ci Cong Fan

Ci Cong Fan ialah kuliner tradisional Medan. Hidangan ini sekilas mirip dengan kwetiau yang direbus, tapi makanan tradisional ini punya cita rasa tersendiri. Meskipiun disajikan dengan kecap asin dan juga bawang goreng akan tetapi cita rasa yang dimiliki oleh Ci Cong Fan ini cukup otentik. Selain itu, kamu pun bisa menambahkan isian dengan daging sapi ataupun daging babi.

5 dari 5 halaman

Wisata Kuliner Medan

Mie Balap

Mie Balap khas Medan selain memiliki cita rasa khas rempah Medan juga memiliki keunikan pada cara pembuatannya. Mie ini bisa sangat cepat diolah meskipun dimasak di atas tungku kayu. Mie ini terbuat dari kwetiau dan diberi tambahan daging ayam, bakso ikan, daging, atau seafood. Kemudian, disajikan di atas daun pisang dengan saus cabai hijau khas. Cabai hijau yang dibalur bersama Mie Balap ini sangat khas, sehingga bisa bikin siapa saja jadi ketagihan.

Teh Susu Telur

Teh yang biasa disajikan dengan perasan jeruk nipis, lemon, gula pasir, gula merah, atau madu ini disajikan dengan susu dan telur. Wisata kuliner Medan ini menurut penduduk lokal mampu menambah stamina dan energi. Penyajiannya juga unik karena seolah seperti ada topping capucino di atasnya. Padahal itu campuran antara telur dengan susu cokelat.

Mie Sop

Mie sop merupakan wisata kuliner Medan yang terbuat dari tetelan ayam dan tetelan sapi. Seolah dua makanan dijadikan satu, antara mie dan sop. Padahal di Medan ini menjadi satu menu makanan saja. Bumbu rempah yang menyatu dengan mie dan daging ini menggoda sekali. Aromanya juga sedap dan khas Medan sekali. Isiannya selain daging ada mie bihun, mie kuning, kerupuk, taburan daun seledri dan bawang goreng. Wajib dicoba ketika berkunjung ke Kota Medan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.