Sukses

10 Cara Cepat Belajar Bahasa Jepang untuk Pemula, Mudah dan Simpel

Cara cepat belajar bahasa Jepang yang efektif dan mudah untuk diikuti.

Liputan6.com, Jakarta Cara cepat belajar bahasa Jepang bisa dilakukan dengan mengikuti beberapa langkah mudah dan efektif untuk hasil yang maksimal. Mempelajari bahasa asing tentu bukanlah hal yang bisa dilakukan secara instan, namun terdapat beberapa cara untuk mempercepat pemahaman tentang bahasa asing yang sedang dipelajari.

Seperti bahasa pada umumnya, bahasa Jepang mempunyai struktur, tata bahasa dan kosakata yang berbeda dengan bahasa ibu kita. Banyaknya hal yang perlu diperhatikan dalam belajar bahasa Jepang tidak menutup kemungkinan untuk bisa menghafalnya dengan baik menggunakan cara cepat belajar bahasa Jepang yang efektif.

Terdapat beberapa langkah yang bisa diikuti dalam cara cepat belajar bahasa Jepang. Dimana setiap langkah dalam cara cepat belajar bahasa Jepang ini bisa dilakukan dengan santai dan menyenangkan. Sehingga proses belajar tidak akan membuat anda merasa tertekan atau kelelahan.

Lalu apa saja cara cepat belajar bahasa Jepang? Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, langkah-langkah dalam cara cepat belajar bahasa Jepang yang efektif dan mudah untuk diikuti, Rabu (12/10/2022) .

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Cepat Belajar Bahasa Jepang Yang Mudah dan Efektif

1. Tetapkan Tujuan dan Kerangka Waktu

Cara cepat belajar bahasa Jepang yang pertama adalah menetapkan tujuan dan kerangka waktu. Menetapkan tujuan sangat penting untuk belajar bahasa Jepang dengan cepat. Alasan spesifik anda ingin belajar bahasa akan membantu anda memprioritaskan apa yang perlu anda pelajari. Jika anda ingin melakukan perjalanan ke Jepang, anda perlu mengetahui frasa dan kosakata khusus untuk bepergian dan mengajukan pertanyaan.

Jika anda berbisnis dengan penutur bahasa Jepang, anda harus mempelajari bahasa yang spesifik untuk bidang pekerjaan anda. Spesifik ini akan membantu anda mempersempit kosakata dan materi yang Anda butuhkan untuk mencapai tujuan itu.

Anda juga harus mengidentifikasi kerangka waktu di mana anda ingin mencapai tujuan tertentu. Misalnya, jika anda mempelajari hiragana untuk pertama kalinya, coba katakan "Saya ingin belajar hiragana dalam satu minggu." Dengan cara ini, anda dapat memfokuskan waktu belajar Aada secara eksklusif pada hiragana selama tujuh hari ke depan.

 

2. Temukan Sumber Belajar yang Berguna

Memiliki sumber daya yang andal dan menarik sangat penting untuk menjaga anda tetap di jalur selama studi anda. Anda dapat menggunakan metode pembelajaran tradisional seperti buku teks dan sumber audio maupun visual.

Salah satu buku teks yang bagus untuk pemula bahasa Jepang adalah " Bahasa Jepang untuk Semua Orang ". Ini memperkenalkan anda pada struktur tata bahasa paling dasar semua di kana, dan dengan mudah mencakup perkenalan dan basa-basi paling dasar.

Untuk dorongan pembelajaran anda, pasangkan studi anda dengan aplikasi pembelajaran bahasa yang efektif. Ada banyak sekali aplikasi pembelajaran bahasa Jepang yang bisa dipilih, dan anda dapat memilihnya sesuai dengan keinginan dan budget anda.

3 dari 6 halaman

Cara Cepat Belajar Bahasa Jepang Yang Mudah dan Efektif

3. Belajar Kata-kata dalam Kanji

Cara cepat belajar bahasa Jepang yang selanjutnya adalah belajar kata dalam kanji. Jika tujuan anda adalah kefasihan yang cepat, anda akan ingin lebih fokus belajar membaca kanji. Dengan komunikasi elektronik, kemampuan menulis kanji menjadi kurang penting, dan lebih penting lagi untuk bisa mengejanya dalam hiragana di smartphone atau komputer.

Sistem penulisan hiragana dan katakana sangat penting untuk mempelajari cara kerja bunyi dan suku kata bahasa Jepang. Tetapi suku kata tersebut hanya memiliki 46 karakter sehingga dapat dipelajari dengan relatif cepat.

Meskipun Kanji jauh lebih menakutkan, ini sangat penting karena bagaimana kanji terkait dengan kosa kata. Mempelajari kanji dan kosa kata pada saat yang sama sangat penting karena cara kanji tertentu digunakan dalam konteks tertentu, terutama dalam kombinasi satu sama lain.

 

4. Kuasai Tata Bahasa Untuk Percakapan Sehari-hari

Tata bahasa Jepang dasar relatif sederhana setelah anda mempelajari beberapa dasar-dasarnya. Pertama-tama, kalimat bahasa Jepang memiliki konstruksi SOV. Jadi subjek didahulukan, lalu objek dan akhirnya kata kerja.

Dalam bahasa Inggris, kita biasanya menggunakan urutan kalimat SVO. Jadi kita mungkin tidak terbiasa dengan bentuk SOV, tapi mudah dimengerti.  Tentu saja, urutan kalimat yang berbeda dengan bahasa asli kita bisa menjadi lebih rumit.

Tapi ini adalah struktur kalimat dasar dalam bahasa Jepang. Setelah anda menguasai ini, anda dapat melanjutkan untuk mempelajari lebih banyak kosa kata, partikel, dan kata kerja untuk membuat kalimat yang lebih kompleks.

4 dari 6 halaman

Cara Cepat Belajar Bahasa Jepang Yang Mudah dan Efektif

5. Belajar dengan Menggunakan Video

Cara  cepat belajar bahasa Jepang yang berikutnya adalah belajar dengan menggunakan video. Video sangat bagus untuk imersi, karena menarik dan membantu otak Anda terbiasa dengan suara bahasa Jepang.  Kemungkinan besar anda menghabiskan banyak waktu di YouTube. Jika anda tetap ingin menelusuri video, mengapa tidak menukar beberapa video favorit anda dengan YouTuber Jepang.

YouTube populer di Jepang dan ada banyak tutorial seperti permainan video game, sandiwara komedi, dan banyak lagi yang dibuat oleh pembuat konten Jepang dengan saluran yang sangat populer bisa membantu anda terbiasa dengan bahasa Jepang.

Dengan menonton YouTuber Jepang, anda akan merasakan bagaimana orang Jepang berbicara satu sama lain serta terbiasa dengan pola bicara bahasa Jepang. Anda juga bisa belajar aksen mereka sehingga saat mencoba berbicara dalam bahasa Jepang anda akan terlihat lebih professional.

 

6. Coba Bayangan

Membayangi adalah saat anda mendengarkan audio kata dan frasa dalam suatu bahasa, dan mengulangi apa yang anda dengar dengan keras. Ini adalah metode pembelajaran bahasa yang dicoba dan benar, dan dasar dari program klasik seperti Pimsleur dan Michel Thomas.

Anda juga dapat membayangi menggunakan buku teks, jika disertakan dengan CD. Ini satu hal untuk dibaca dan diproses. Metode untuk membayangkan dengan buku teks dimulai dengan mendengarkan bagiannya tanpa melihat naskahnya, dengarkan bagian ini sambil membaca dalam hati dan dengarkan sambil membaca dengan keras dengan CD

Terakhir, tutup buku anda,dan coba ulangi frasa hanya  satu ketukan  setelah perekaman. Hal Ini akan memberi otak anda waktu sejenak untuk memahami apa yang baru saja didengar dan mempersiapkan anda untuk mengulang suara.

5 dari 6 halaman

Cara Cepat Belajar Bahasa Jepang Yang Mudah dan Efektif

7. Berlatih dengan Orang Nyata Secara Online

Cara cepat belajar bahasa Jepang berikutnya adalah belajar langsung dengan orang lain. Penting untuk menemukan komunitas pembelajaran yang mendukung untuk membantu anda sepanjang perjalanan anda belajar bahasa Jepang.

Pertukaran bahasa online adalah metode pembelajaran di mana anda berbicara bahasa Jepang dengan penutur asli secara online, biasanya sambil membantu mereka berlatih bahasa anda. Anda dapat menemukan mitra bahasa dengan menggunakan sumber daya seperti Reddit, HiNative, HelloTalk dan lain sebagainya.

Dengan belajar bersama penggemar bahasa Jepang lainnya, anda akan bisa mendapatkan jawaban atas semua pertanyaan sulit anda hadapi dan memiliki rekan yang akan membantu anda melalui perjalanan belajar bahasa Jepang. Belum lagi anda mungkin mendapat beberapa teman baru.

 

8. Maksimalkan Mnemonik

Apa itu mnemonik? Sederhananya, perangkat mnemonic adalah alat untuk membantu orang mengingat sejumlah besar informasi. Mulai dari sajak, gambar, hingga lagu atau apa pun yang dapat berfungsi sebagai alat pengingat, selama itu membantu anda mengingat apa pun yang telah Anda pelajari.

Mnemonik akan menyelamatkan hidup anda saat pertama kali memulai, dan banyak perangkat mnemonik tersedia untuk membantu pendatang baru mempelajari hiragana, katakana, dan terutama kanji Jepang.

Tentu saja, anda dapat memanfaatkan puluhan mnemonik di luar sana. Tetapi cara yang lebih efektif untuk membuat anda mengingatnya dengan lebih baik adalah dengan membuatnya sendiri. Salah satunya adalah dengan membuat cerita untuk membedakan kata-kata Jepang yang terdengar mirip.

6 dari 6 halaman

Cara Cepat Belajar Bahasa Jepang Yang Mudah dan Efektif

9. Latih Otak untuk Berpikir dalam Bahasa Jepang

Salah satu cara paling sederhana untuk melatih otak anda menggunakan bahasa asing adalah dengan berpikir dalam bahasa asing. Ini membutuhkan upaya sadar, tetapi yang harus anda lakukan hanyalah melihat dan berpikir. Hal ini karena anda harus aktif menggunakan kata-kata baru untuk mengasimilasinya ke dalam kosakata anda.

Berpikir dalam bahasa Jepang akan memungkinkan anda untuk berlatih menggunakan kata-kata baru anda. Dengan begitu, ketika anda mengakhiri percakapan dalam bahasa Jepang, anda akan dapat mengungkapkan pikiran dan menemukan kata-kata dengan lebih mudah.

Bagian terbaik tentang berpikir dalam bahasa Jepang adalah anda tidak perlu khawatir membuat kesalahan di depan orang lain. Dunia mental anda adalah milik anda sendiri, dan berpikir dalam bahasa Jepang akan sangat mengembangkannya. Jadi tidak perlu malu-malu.

 

10. Pertahankan Kebiasaan Belajar Lebih Cepat

Cara cepat belajar bahasa Jepang yang terakhir adalah mempertahankan kebiasaan belajar. Anda mungkin merasa tidak punya waktu untuk berlatih bahasa Jepang, atau merasa frustasi dengan kurangnya kemajuan anda.

Fakta kejam dan jujur ini membuktikan bahwa belajar lebih cepat berarti anda harus bekerja lebih keras. Cara terbaik untuk merasa nyaman dengan suatu bahasa adalah dengan membenamkan diri anda di dalamnya.

Jadi tanyakan pada diri anda, seberapa besar anda menginginkan ini? Jika keinginan anda benar-benar besar, maka anda harus mencari cara untuk mengganti kebiasaan sehari-hari anda terutama hal-hal yang anda lakukan di waktu senggang dengan kebiasaan belajar bahasa Jepang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.