Sukses

12 Wisata Imogiri Paling Hits, dari Bukit Hingga Sungai yang Indah

Liputan6.com, Jakarta Wisata Imogiri merupakan destinasi liburan Jogja yang menawarkan keindahan alamnya. Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota menjadikannya banyak diminati wisatawan. Destinasi wisata yang terkenal di sini adalah Kebun Buah Mangunan.

Di Imogiri, kamu bisa menikmati berbagai destinasi alam yang menawan, terutama destinasi perbukitan dengan pemandangan alam luas. Kamu juga bisa ke wilayah Imogiri di pagi hari ataupun malam hari, yang tentunya menawarkan pengalaman yang berbeda pula.

Wisata Imogiri menawarkan destinasi alam berupa perbukitan dan sungai yang asri. Kamu bisa mengunjungi destinasi hits seperti Puncak Sosok, Hutan Pinus Pengger, Puncak Becici, hingga Desa Wisata Sriharjo.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (10/10/2022) tentang wisata Imogiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Wisata Imogiri

Desa Wisata Sriharjo

Wisata Imogiri yang pertama yaitu Desa Wisata Sriharjo. Desa Wisata Sriharjo menawarkan pesona alam yang membuat wisatawan betah untuk datang ke desa ini. Selain itu, desa ini juga memiliki pemandangan alam berupa sawah, perbukitan, hingga sungai Oyo. Berlibur di Desa Wisata Sriharjo, kamu bisa melakukan berbagai kegiatan menyenangkan seperti bersepeda di sore dan pagi hari.

Kali Oyo

Kali Oyo merupakan hidden gem wisata Imogiri yang wajib kamu kunjungi. Kali Oyo yang berlokasi di Selopamioro, Imogiri, Bantul ini menawarkan pemandangan alam dan perbukitan yang memukau dan bikin kamu terpikat. Airnya yang jernih ditambah suara kicauan burung di pagi hari menambah keasrian kali Oyo. Wisata Imogiri ini cocok buat kamu yang ingin melepas penat. Di Kali Oyo masih banyak bebatuan besar yang semakin menambah keasrian sungai.

Makam Raja-Raja Mataram

Makam Raja-Raja Mataram di Imogiri bisa menjadi destinasi wisata budaya. Raja-raja Keraton Jogja dan Keraton Solo dimakamkan di sini. Wisata Imogiri ini cukup terkenal sebagai destinasi wisata budaya yang unik.

3 dari 5 halaman

Wisata Imogiri

Seribu Batu Songgo Langit

Wisata Imogiri yang tidak boleh dilewatkan adalah kawasan perbukitan, yaitu Seribu Batu Songgo Langit. Berada di kawasan perbukitan, kamu akan mendapatkan pemandangan hutan pinus yang indah dari atas bukit ini. Selain pemandangan yang menawan, kamu juga akan disuguhi spot foto berupa rumah hobbit, rumah kayu, hingga panggung kayu.

Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan merupakan salah satu wisata Imogiri yang wajib dikunjungi oleh pencinta alam. Hal ini tentunya karena tempat ini menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan. Apalagi bila kamu berkunjung pada pagi hari. Di sini banyak sekali spot fotogenik yang bisa dieksplorasi. Untuk masuk ke hutan pinus, kamu hanya akan dikenakan tarif parkir.

Kebun Buah Mangunan

Kebun buah Mangunan juga menawarkan eksotisme alam berupa pegunungan, hutan, dan sungai yang mengular dengan cantiknya. Untuk mencapai bukit, kamu harus menempuh perjalanan kurang lebih 15 menit, kemudian turun lagi. Tarif tempat wisata Imogiri ini cuma Rp 5.000 saja.

4 dari 5 halaman

Wisata Imogiri

Grojogan Lepo

Wisata Imogiri berikutnya adalah Grojogan Lepo. Saat berada di sini, pengunjung bisa bermain air sambil menikmati udara sejuk pedesaan. Tempat ini juga memiliki air terjun mini dan kolam renang alami yang sangat indah. Grojogan Lepo menjadi rekomendasi menarik untuk liburan keluarga, karena  airnya yang tak terlalu dalam, sehingga anak-anak juga bisa berenang dan sekadar bermain air di sini. Selain itu, jernihnya air bisa membuat pikiran menjadi segar dan tenang. 

Puncak Becici

Puncak Becici merupakan salah satu wisata Imogiri yang sayang dilewatkan. Kawasan Puncak Becici banyak ditumbuhi pohon pinus. Dari puncak ini, kamu bisa menyaksikan keindahan Jogja dari ketinggian. Di sebelah utara kamu dapat melihat Candi Prambanan, bagian selatan terlihat garis lurus yang merupakan Pantai Selatan. Kamu juga dapat melihat Gunung Merapi dan Gunung Sindoro di sebelah utara.

Bukit Watu Mabur

Tebing Watu Mabur menjadi daya tarik wisata dengan keindahan panorama alam berlatar pegunungan yang luas. Kesejukannya menjadi daya tarik tersendiri bagi kamu yang ingin mencari ketenangan. Selain itu, bagi kamu yang ingin mengambil gambar, ada spot foto instagramable yang tidak boleh dilewatkan.

5 dari 5 halaman

Wisata Imogiri

Puncak Sosok

Puncak Sosok adalah wisata Imogiri yang juga tak kalah indah dengan destinasi lainnya. Pemandangan lampu kota di malam hari menjadi daya tarik utama tempat ini. Selain itu, pemandangan senjanya juga tak kalah memesona. Kamu juga bisa menyantap makanan dan minuman di area kuliner Puncak Sosok ini. 

Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung berlokasi di dusun Kediwung, desa Mangunan, kecamatan Dlingo, Bantul. Bukit ini juga mendapatkan julukan negeri di atas awan, karena jika kamu ke sini di pagi hari maka kamu akan mendapatkan pemandangan awan yang masih menggumpal dan kabut tipis yang memesona. Selain itu, di wisata Imogiri ini juga ada gardu pandang yang menjadi spot untuk berswafoto. Bukit Panguk Kediwung menjadi alternatif yang tepat untuk menikmati sunrise ataupun sunset selain pantai.

Hutan Pinus Pengger

Wisata Imogiri yang selanjutnya adalah Hutan Pinus Pengger. Di sini terdapat berbagai spot foto instagramable yang tentunya akan memanjakan kamu yang suka berfoto. Pada pagi hari kamu bisa menikmati sejuknya udara hutan pinus sembari berfoto. Sementara di malam hari, kamu akan mendapatkan view hamparan lampu kota yang menarik.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS