Sukses

12 Contoh Alat Musik Harmonis yang Wajib Diketahui, Lengkap Definisinya

Alat musik harmonis adalah sebuah alat musik yang umumnya digunakan untuk memainkan sebuah harmoni yang ada pada suatu lagu.

Liputan6.com, Jakarta Contoh alat musik harmonis perlu anda pelajari bagi penyuka musik. Harmonis adalah  gabungan nada-nada yang secara bersama-sama membentuk musik itu sendiri. Contoh alat musik harmonis adalah sebagai alat musik melodis.

Contoh alat musik harmonis lebih banyak menghasilkan nada dibandingkan dengan jenis alat musik lainnya. Secara umum, alat musik harmonis adalah sebuah alat musik yang umumnya digunakan untuk memainkan sebuah harmoni yang ada pada suatu lagu.

Dengan kata lain, contoh alat musik harmonis dapat memainkan tiga nada atau lebih secara bersamaan. Fungsi utama dari contoh alat musik harmonis adalah untuk memperindah sebuah lagu dengan cara mengiringi dari sebuah melodi serta musik.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai contoh alat musik harmonis yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (10/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Contoh Alat Musik Harmonis Tradisional

1. Angklung

Tak hanya terkenal di dalam negeri saja, namun nyatanya angklung juga cukup populer hingga mancanegara. Alat musik khas Jawa Barat ini terbuat dari bambu yang berbentuk silinder dengan jumlah 2 atau lebih dengan berbagai ukuran. Pada dasarnya angklung hanya menghasilkan 1 nada saja. Namun, angklung biasa dimainkan secara bersama-sama untuk menghasilkan nada yang berbeda sehingga membentuk harmoni.

Contoh alat musik harmonis telah dikenal luas karena banyaknya pertunjukan musik angklung yang dipertontonkan luar negeri oleh anak bangsa. Angklung sendiri menjadi contoh alat musik harmonis yang menjadi warisan Indonesia.

2. Bonang

Bonang merupakan salah satu alat musik tradisional khas Jawa yang terbuat dari bahan logam. Jika dilihat sepintas, bonang mirip seperti gong, hanya saja dalam ukuran yang lebih kecil. Contoh alat musik harmonis ini dimainkan menggunakan 2 tongkat dilapisi kain. Pemain bonang kemudian memukul bonang bersamaan atau bergantian untuk menghasilkan nada. Biasanya, bonang ini sendiri biasanya dimainkan bersamaan dengan alat musik lain dalam satu kesatuan berupa gamelan, gendang, atau gong.

3. Sasando

Alat musik khas dari tanah timur ini sangat unik. Menggunakan bambu yang berbentuk silinder dan juga daun lontar yang dipadukan dengan senar atau dawai yang berjumlah 28 hingga 58. Contoh alat musik harmonis ini merupakan alat musik dawai yang bisa dimainkan dengan cara dipetik.

4. Celempung

Contoh alat musik harmonis yang berikutnya adalah celempung. Celempung sendiri merupakan alat musik tradisional yang biasa dimainkan dalam pertunjukan gamelan Jawa. Cara memainkan alat musik ini yaitu dipetik. Celempung ini memiliki 11 senar untuk menghasilkan nada yang indah.

3 dari 4 halaman

Contoh Alat Musik Harmonis Modern

5. Recorder

Recorder adalah alat musik harmonis yang banyak diajarkan kepada siswa saat di bangku sekolah. Alat musik ini sekilas memang mirip dengan suling, tetapi jumlah dan letak lubangnya sangat berbeda. Recorder memiliki 7 lubang yang berada di bagian atas hingga bawah.

6. Piano

Piano termasuk ke dalam salah satu contoh alat musik harmonis yang sering digunakan dalam berbagai instrumen lagu maupun kegiatan musik lainnya. Untuk Anda yang menyukai musik instrumental, pasti sudah tidak asing lagi dengan alat musik yang satu ini. Piano sendiri terdiri dari papan suara dengan keyboard di mana senar baja dipetik. Piano sendiri merupakan instrumen pertama yang memiliki sistem palu untuk suara yang kuat dan lembut.

7. Gitar

Gitar adalah salah satu contoh alat musik harmonis modern yang dikategorikan sebagai alat musik dawai dan melodis. Adapun cara memainkan gitar adalah dengan dipetik menggunakan jari tangan atau plectrum. Contoh alat musik harmonis ini sering kita jumpai dalam pertunjukan musik pop, jazz, rock, dan masih banyak yang lainnya.

8. Harpa

Harpa adalah alat musik yang menggunakan senar dan cara memainkannya adalah dengan menekan senar pada salah satu tangan, sedangkan tangan lainnya bertugas memetik senar. Contoh alat musik harmonis ini memiliki ukuran yang tinggi dan besar, serta pada umumnya berwarna emas.

Harpa sendiri memiliki banyak senar untuk menghasilkan nada. Biasanya harpa sering digunakan dalam musik orkestra. Para pemain harpa, biasanya menggunakan jari tangan untuk menghasilkan nada yang indah. Tiga bagian utama dalam harpa adalah papan suara, leher, dan senar.

4 dari 4 halaman

Contoh Alat Musik Harmonis Modern

9. Biola

Biola adalah alat musik yang sudah sangat terkenal di berbagai belahan dunia karena bentuknya yang unik dan dapat menghasilkan suara yang sangat indah. Apalagi alat musik ini juga bisa dimainkan secara tunggal tanpa adanya alat musik lain.

10. Pianika

Pianika adalah alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup dan ditekan. Alat musik ini memang menyerupai piano, tetapi dengan ukuran yang lebih kecil sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana.

11. Harmonika

Harmonika merupakan salah satu contoh alat musik harmonis yang dimainkan dengan cara ditiup. Alat musik ini memiliki lubang isap yang berfungsi untuk menghasilkan suara. Harmonika merupakan alat musik tradisional yan berasal dari China dan dikenal dengan sebutan Sheng. Biasanya alat musik ini digunakan untuk bermain musik pop, rock, country, blues, dan lain-lain.

12. Cello

Cello adalah salah satu contoh alat musik harmonis yang dimainkan dengan cara digesek. Contoh alat musik harmonis ini masih satu keluarga dengan biola. Biasanya contoh alat musik harmonis ini seringkali digunakan dalam musik orkestra maupun musik modern sesuai kebutuhan. Ukuran Cello ini rata-rata lebih kecil daripada kontra bass.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.