Sukses

Cara Cek Bansos Kemensos, Pendaftaran, dan Manfaatnya

Cara cek bansos dan cara daftar bansos dari Kemensos dilakukan secara online.

Liputan6.com, Jakarta - Cara cek bansos (bantuan sosial) Kemensos (Kementerian Sosial), bisa dilakukan dengan mudah melalui situs website resmi kemensos.go.id secara online. Bantuan sosial berupa uang tunai maupun non-tunai dari pemerintah merupakan stimulus yang baik untuk memperbaiki pertumbuhan ekonomi.

Bansos dari Kemensos bisa didapatkan oleh warga masyarakat Indonesia yang sudah daftar bansos Kemensos. Jika hasil dari cara cek bansos Kemensos menunjukkan data bukan penerima manfaat, jangan ragu mulai mengajukan usulan baru sebagai penerima manfaat bantuan sosial tersebut.

Cara daftar bansos Kemensos ini sedikit berbeda dengan cara cek bansos, karena prosesnya harus dilakukan melalui aplikasi dan harus membuat akun terlebih dahulu. Usulan sebagai penerima bansos dilakukan secara online dengan menginput data diri sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP) serta melakukan verifikasi atas kebenaran data yang diinput.

Berikut Liputan6.com ulas cara cek bansos Kemensos, cara daftar bansos Kemensos, dan manfaat bansos Kemensos lebih mendalam, Rabu (7/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Cek Bansos Kemensos dan Penjelasannya

Memahami cara cek bansos Kemensos bisa dilakukan melalui situs website resmi di kemensos.go.id secara online. Melakukan cara cek bansos ini guna mengetahui siapa saja yang berhak menerima bantuan sosial yang dikucurkan oleh pemerintah.

Bansos dari Kemensos bisa didapatkan oleh warga masyarakat Indonesia yang sudah daftar bansos Kemensos. Begini cara cek bansos Kemensos secara online melalui situs website resmi kemensos.go.id, perhatikan langkah-langkahnya:

1. Melakukan pengecekan penerima bansos dari Kemensos, mulailah dengan menyiapkan koneksi internet yang stabil. Proses cara cek bansos Kemensos, bisa dilakukan melalui ponsel maupun laptop/PC.

2. Buka situs website resmi kemensos.go.id dengan mencari menu cek bansos. Agar lebih mudah, pengecekan penerima bansos bisa dilakukan dengan copy-paste link website cek bansos Kemensos di cekbansos.kemensos.go.id atau klik di sini.

3. Apabila sudah berhasil masuk ke laman situs cek bansos Kemensos, kemudian masukkan data provinsi, Kabupaten, kecamatan dan desa/kelurahan berdasarkan KTP.

4. Lanjutkan cara cek bansos Kemensos dengan memasukkan nama penerima manfaat atau penerima bansos yang sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

5. Penyelesaiannya, masukkan sejumlah delapan atau 8 kode berupa huruf (yang dipisahkan spasi) yang ada dalam kotak kode.

6. Ketika mendapati kode berupa huruf tidak muncul atau peserta cara cek bansos Kemensos kesulitan membacanya, bisa klik ikon untuk bisa mendapatkan kode barunya.

7. Selesaikan pencarian data atau cara cek bansos Kemensos ini dengan klik tombol cari data, secara otomatis sistem akan mencari nama penerima manfaat yang sesuai wilayah sebagaimana diinput sebelumnya.

8. Cara cek bansos dari Kemensos selesai.

3 dari 4 halaman

Cara Daftar Bansos Kemensos dan Penjelasannya

Nama yang tidak berhasil ditemukan dan tidak tercatat sebagai penerima di situs website resmi Kemensos RI, itu artinya tidak akan mendapat bantuan sosial dari pemerintah. Solusi bagi yang belum terdaftar sebagai penerima manfaat bansos, bisa daftar bansos Kemensos secara resmi.

Memahami cara daftar bansos Kemesos, bisa dilakukan oleh siapa saja. Prosesnya bisa dilakukan melalui aplikasi Cek Bansos di situs unduh resmi, seperti Play Store dan App Store. Pastikan koneksi internet lancar dan tempat penyimpanan ponsel atau laptop cukup untuk mengunduh aplikasinya.

Begini cara daftar bansos Kemensos secara online melalui aplikasi Cek Bansos, perhatikan langkah-langkahnya:

1. Melakukan pendaftaran sebagai penerima bansos Kemensos, dimulai dengan membuka aplikasi Cek Bansos yang sudah diinstal sebelumnya.

2. Cara daftar bansos Kemensos, lakukan dengan klik Buat Akun Baru agar usulan penerima bansos bisa diproses oleh Kemensos.

3. Kemudian, lakukan pengisian data diri yang dibutuhkan berupa Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor Kartu Keluarga (KK), dan data lain di KTP.

4. Agar proses input data bisa dikonfirmasi kebenarannya, peserta harus melalui cara daftar bansos Kemensos dengan foto KTP tampak depan dan swafoto dengan KTP sebagaimana dijelaskan.

5. Selesaikan pembuatan akun sebelum daftar bansos Kemensos dengan klik buat akun baru dan langsung pilih menu daftar usulan > klik tambah usulan.

6. Cara daftar bansos Kemensos bagian inti, isikan data diri calon penerima atau mereka yang ingin diusulkan menjadi penerima manfaat.

7. Proses pendaftaran untuk penerima bansos dari Kemensos selesai dan tunggu beberapa menit sampai data yang diusulkan akan muncul.

4 dari 4 halaman

Manfaat Bansos bagi Masyarakat Indonesia

Memahami cara cek bansos dan daftar bansos dari Kemensos ini penting agar penyaluran manfaat bantuan sosial bisa dimaksimalkan. Apa sebenarnya manfaat bansos bagi masyarakat Indonesia?

Melansir dari situs website resmi Indonesia Baik, manfaat bansos bagi masyarakat Indonesia ada dua yang perlu dipahami baik-baik. Ini penjelasan dari manfaat bansos tersebut:

1. Masyarakat Indonesia yang menerima bansos akan secara otomatis meningkatkan daya belinya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Ini manfaat bansos bagi masyarakat Indonesia yang akan berdampak pada peningkatan konsumsi dan memberikan dampak baik pada pertumbuhan ekonomi.

2. Keadaan masyarakat Indonesia yang sudah mendapat bantuan sosial oleh Kemensos, baik itu tunai maupun non-tunai akan sangat berdampak pada terjadinya resesi. Itu artinya manfaat bansos bagi masyarakat, mampu menurunkan angka pengangguran, menaikkan penjualan ritek, dan menghindari terjadinya kontraksi di pendapatan manufaktur.

Menghimpun data dari Indonesia Baik, pemerintah pusat sudah memberikan banyak bantuan seperti bansos tunai, bantuan langsung tunai (BLT) desa, subsidi listrik gratis 450 watt, 50 persen diskon listrik pengguna 900 watt.

Kemudian, pemerintah memberikan stimulus bagi pengusaha kecil dan menengah. Stimulus ini diberikan melalui perbankan. Kemudian, pemerintah meluncurkan bansos produktif untuk 13 juta UMKM.

Pemerintah pun memberikan bantuan lewat kartu prakerja untuk 10 orang pegawai di-PHK lewat program kartu Prakerja. Kemudian modal kerja darurat dalam bentuk uang tunai Rp2.4 juta kepada 15.7 juta pekerja di luar program Prakerja.

Beserta bantuan untuk pekerja sebesar Rp600 ribu yang berasal dari data pekerja di BPJS Ketenagakerjaan hingga pemberian gaji ke-13. Bantuan dari pemerintah sebenarnya masih ada banyak lagi, ini sebagian bantuan yang berhasil memberikan stimulus baik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.