Sukses

24 Objek Wisata di Bogor Terbaru dan Paling Populer, Tawarkan Nuansa Alam Indah

Objek wisata di Bogor yang wajib untuk dikunjungi, menawarkan nuansa alam indah dan menarik.

Liputan6.com, Jakarta Objek wisata di Bogor jadi destinasi favorit berlibur. Salah satu ikon kota Bogor yang selalu ramai dikunjungi adalah Puncak. Tempat wisata satu ini hampir setiap hari tidak pernah sepi pengunjung, karena suasananya yang sejuk dan pemandangan alam yang masih asri, menjadikan salah satu objek wisata di Bogor ini selalu menarik perhatian wisatawan. 

Bogor merupakan kota hujan yang indah juga memesona. Tempat yang menawan  serta berhawa sejuk ini telah berkembang menjadi kawasan wisata dengan sederet keunikan. Bukan hanya kawasan puncaknya yang layak dikunjungi, namun masih ada puluhan objek wisata di Bogor lainnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. 

Objek wisata di Bogor juga menjadi pilihan menarik saat liburan akhir pekan. Selain dikenal sebagai pusat perbelanjaan, kota yang mendapat julukan Kota Hujan ini juga memiliki berbagai macam wisata yang bisa dikunjungi,  mulai dari wisata alam, budaya, hingga kuliner. 

Berikut ini objek wisata di Bogor yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (15/8/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Objek Wisata di Bogor

1. Leuwi Lieuk

Objek wisata di Bogor berikutnya yang harus dikunjungi adalah Leuwi Lieuk. Tempat ini tergolong masih baru, namun tak kalah indah dari Green Canyon Pangandaran atau Angel's Billabong-nya Bali. Berlokasi di Kampung Wangun Cileungsi, Karang Tengah. Untuk mencapai Leuwi Lieuk, pengunjung harus berenang dari Leuwi Cepet, kemudian trekking sekitar 5 menit, sudah bisa menikmati segala keindahan yang ada di sini.

2. Bukit Alesano

Bukit Bintang-nya Bogor ini merupakan salah satu objek wisata yang menawarkan sensasi berkemah di ketinggian bukit. Tempat yang dikelilingi pemandangan kota Bogor ini tampak seperti taburan bintang di malam hari. Sunrise dan pemandangan yang terdapat di Gunung Salak-Gede Pangrango juga terlihat dari puncak Alesano nampak indah dan cantik. Kamu hanya perlu menyumbang dengan sukarela untuk menikmati segala keindahan destinasi wisata Bogor ini.

3. Cianten Bakukung

Cianten Bakukung juga merupakan objek wisata di Bogor yang menawarkan alam dengan udara yang sejuk, pemandangan yang hijau serta nuansa alamnya yang bikin nyaman. Lokasinya tempat ini berada di kaki gunung Halimun. Tidak hanya udara sejuk pegunungan yang bisa kamu nikmati, akan tetapi pemandangan kebun teh yang hijau juga indah bisa dinikmati 

4. Gunung Batu Jonggol

Objek wisata di Bogor selanjutnya adalah Gunung Batu. tempat yang merupakan sebuah gunung ini terdapat di Desa Sukaharja, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat. Gunung ini termasuk gunung kecil yang jadi spot favorit untuk mendaki. Gunung Batu memiliki puncak yang memberikan pemandangan alam yang indah.

5. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango adalah objek wisata di Bogor, dengan suasana pegunungan sejuk juga indah. Di sin pengunjung akan menemukan berbagai macam flora dan fauna unik. Yang  menjadi ikon utama dari Taman Nasional Gunung Pangrango adalah Edelweis Jawa atau dalam bahasa latinnya sering disebut Anaphalis javanica. Taman nasional ini juga merupakan yang paling tua karena telah diresmikan sejak tahun 1980.

3 dari 6 halaman

Objek Wisata di Bogor

6. Curug Ciherang dan Jembatan Kayu Gantung

Objek wisata di Bogor selanjutnya, ada Gardu pandang di ketinggian bukit dengan pemandangan sekitar yang indah bisa ditemui di kawasan wisata Curug Ciherang. Di salah satu destinasi wisata Bogor ini, juga dibangun rumah pohon dan jembatan kayu gantung, sehingga pengunjung bisa menikmati keindahan alam sekitar.

7. Curug Cikuluwung

Curug Cikuluwung juga merupakan salah satu objek wisata di Bogor yang menjadi destinasi indah untuk dikunjungi. Saat berada di sini, kamu akan disajikan nuansa alam yang sangat indah, serta kolam air yang jernih dan berwarna kebiruan, dan tebing batu menjulang dan hawa sejuk yang menyegarkan akan menemanimu saat liburan di Curug Cikuluwung. Pengunjung juga bisa menikmati sejuknya air di sini, atau sekadar bersantai menghabiskan waktu..

8. Curug Bidadari

Curug Bidadari atau Air Terjun Bidadari juga merupakan objek wisata di Bogor yang sudah cukup terkenal serta banyak dikunjungi oleh wisatawan. Lokasi Curug Bidadari berada di Desa Bojongkoneng, Sentul City, Bogor, Jawa Barat. Memiliki ketinggian kurang lebih 70 meter, air dari curug ini berasal dari mata air hutan lindung di daerah tersebut. Untuk menambah keistimewaan lokasi wisata alam ini, pihak pengelola sudah menambahkan water park tepat berada di bawah air terjun. Water park ini memiliki luas kurang lebih 6.000 meter persegi serta dilengkapi dengan pasir putih yang menawan sejauh mata memandang. 

9. Curug Love

Destinasi wisata Bogor selanjutnya adalah Curug Love. Lokasi curug yang berada di tengah persawahan dan perkebunan milik warga ini setiap sisinya dikelilingi bukit. Berada di antara batuan yang terkikis oleh abrasi sungai, lanskap dinding bukit yang mengagumkan menambah nilai eksotis destinasi wisata Bogor ini. Ada yang menyebut curug ini sebagai Grand Canyon mini di Bogor.

10. Curug Cibaliung

Selain Taman Wisata Gunung Pancar, Karang Tengah juga memiliki objek wisata alam berupa curug cantik. Inilah Curug Cibaliung yang memiliki air biru jernih dan sejuk. Belum banyak wisatawan yang mengetahui akan keberadaan curug ini sebagai salah satu destinasi wisata Bogor yang murah.

 

 

4 dari 6 halaman

Objek Wisata di Bogor

11. Taman Safari Indonesia

Objek wisata di bogor salah satunya adalah Taman Safari. Tempat yang memiliki sekitar 2500 koleksi satwa dari hampir seluruh penjuru dunia termasuk satwa langka seperti harimau benggala, jerapah, singa, orang utan, gajah, anoa, komodo dan lain sebagainya. Taman Safari merupakan destinasi wisata Bogor yang sangat populer dan menjadi kebanggaan Indonesia. Taman Safari berlokasi di Jl. Raya Puncak No. 601, Cibeureum, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Taman Safari bahkan sudah berstandar Internasional. Saat berada di sini pengunjung bisa berkeliling menggunakan mobil pribadi atau bus yang sudah disediakan pengelola Taman Safari. Pengunjung juga bisa berinteraksi langsung dengan semua jenis binatang dengan memberi makan hewan-hewan tersebut.

12. Taman Wisata Gunung Pancar

Objek wisata di bogor selanjutnya sangat cocok bagi pengunjung yang ingin merasakan piknik di tengah alam, salah satunya Taman Wisata Gunung Pancar. Tempat ini sebagai destinasi wisata bogor yang lumayan murah. Taman Wisata Gunung Pancar ini merupakan bumi perkemahan di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Selain untuk berkemah, pemandangannya cantik yang tersaji juga sering diburu untuk selfie kekinian atau foto pre-wedding. 

13. Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara merupakan salah satu objek wisata di bogor, dengan taman indah tematik pertama di Indonesia. Ada lebih dari 2.000 spesies anggrek yang dibudidaya di taman ini. Di destinasi wisata Bogor juga tersedia taman-taman dengan tema tertentu. Taman Mediterania ini memiliki koleksi kaktus dan tanaman yang bisa tumbuh di hamparan pasir putih. Selain itu, ada juga Taman Bali yang bernuansa seperti di Bali, Taman Mawar dengan bunga mawar berbagai warna, Taman Air dengan berbagai jenis bunga teratau, Taman Jepang, Taman Prancis, serta Taman Labirin yang bisa pengunjung jelajahi saat berada di sini.

14. Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari juga merupakan salah satu destinasi wisata keluarga yang terkenal di Bogor, Jawa Barat. Taman Buah Mekarsari merupakan salah satu pusat pelestarian keanekaragaman hayati serta buah-buahan tropika terbesar di dunia. Agrowisata seluasa 264 hektare ini dilengkapi dengan aneka sarana wisata yang siap memuaskan pengunjung. Di sini pengunjung bisa berkeliling kebun buah-buah tropis yang dikembangkan dengan baik. Tidak hanya wisata perkebunan buah, di wisata Taman Buah Mekarsari juga dilengkapi wisata air, taman bermain anak, juga tempat tinggal berbagai satwa dan edukasi alam.

15. Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas merupakan salah satu objek wisata di Bogor. Tempat wisata ini berada di Sindanglaya, Cipanas, Cianjur. Kebun Raya ini terkenal dengan pohon sakuranya memiliki daya tarik tersendiri. Bunga yang identik dengan warna pink ini sudah ditanam sejak 1971 guna memperkaya taman tematik yang ada di Kebun Raya Cibodas. Kurang lebih ada 435 pohon bunga Sakura, dapat kamu temukan di taman yang dikelilingi oleh panorama Gunung Gede-Pangrango. 

5 dari 6 halaman

Objek Wisata di Bogor

16. Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu

Penangkaran Rusa Cariu Bogor juga bisa menjadi tujuan menarik di destinasi wisata Bogor. Di sini pengunjung tidak hanya bisa melihat puluhan rusa tetapi juga bisa berinteraksi langsung. Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu​ merupakan taman penangkaran hewan rusa yang dikelola oleh Perhutani.

17. Agrowisata Gunung Mas

Objek wisata di Bogor selanjutnya yang memiliki pemandangan indah datang dari hamparan perkebunan teh. Selain kebun teh, ada juga penginapan di dalamnya, sehingga pengunjung bisa menemukan area perkemahan, gantole, dan berkuda di dalam kawasan agrowisata ini. Agrowisata Gunung Mas ini berada di antara Masjid At-Ta’awun dan Taman Safari Indonesia. Di sini kamu akan diajak berkeliling kebun teh dan melihat proses pemetikan daun teh.

18. Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Objek wisata di Bogor selanjutnya ada di daerah Parung. Tempat ini juga menawarkan sensasi berendam air panas di infinity pool alami. Airnya yang mengandung belerang dan garam, sangat baik untuk kesehatan serta kecantikan kulit. Di Tirta Sanita juga tersedia kolam rendam privat dan berbagai jenis terapi. Terapi lintah dan fish pedicure pun ada. Bagi anak-anak tersedia  area outbond dan permainan seperti becak mini dan perahu. 

19. Paralayang Bukit Gantole

Objek wisata di Bogor yang satu ini cocok buat pengunjung yang suka dengan olahraga ekstrem. Di Bukit Gantole Puncak Bogor kamu bisa paragliding, hingga mengudara sambil berswafoto. Bukit Gantole menawarkan pengalaman yang berbeda untuk menikmati indahnya alam. Pengunjung juga bisa terbang menggunakan gantole dari ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut, namun akan didampingi oleh seorang instruktur berpengalaman dengan menggunakan perlengkapan yang aman dan terjamin. 

20. Bukit Kapur Ciampea

Bagi kamu yang ingin mendapatkan foto dengan latar perbukitan yang indah, Bukit Kapur Ciampea bisa menjadi pilihan. Objek wisata di Bogor ini juga menyajikan pemandangan alam yang indah. Dari puncaknya, kamu bisa melihat pemandangan kota Bogor dari ketinggian. Bahkan menikmati sunrise yang sangat indah di bukit ini. Lokasinya yang berada di Jalan Raya Cikampek, Bojong Rangkas, Ciampea, Ciaruteun Ilir, Kec. Cibungbulang, Bogor, membuat tempat ini mudah untuk diakses pengunjung. 

6 dari 6 halaman

Objek Wisata di Bogor

21. Highland Park Resort

Objek wisata di Bogor selanjutnya ini suguhkan glamping, serta konsep berkemah ala hotel berbintang yang saat  sedang marak di Indonesia. Berlokasi di Curug Nangka, Kp. Sinarwangi, Taman Sari, Highland Park Resort menawarkan sensasi menginap dengan latar pemandangan Gunung Salak. Mereka juga menyediakan fasilitas berupa tenda-tenda ala Mongolia, juga berbagai wahana permainan antara lain kolam renang, perosotan, karaoke, foot reflexology, futsal, dan flying fox.

22. Warso Farm

Objek wisata di Bogor selanjutnya merupakan tempat yang wajib untuk dikunjungi. Di sini wisatawan bisa mencicipi buah durian yang baru dipanen, juga buah naga yang siap untuk dipetik. Lokasi tempat wisata Bogor ini adalah Desa Cihideung, Cipelang, Kecamatan Cijeruk.  

23. Little Venice Kota Bunga

Objek wisata di Bogor selanjutnya, juga sangat cocok dikunjungi wisatawan yang ingin menikmati nuansa Eropa di kota kanal Venesia. Little Venice Bogor adalah salah satu tempat wisata yang adalah bagian dari Wisata Kota Bunga. Wisatawan bisa mendayung gondola di kanal-kanal buatan yang persis dengan Venesia asli sambil menikmati pemandangan. 

24. Jungleland Adventure Theme Park

Jungleland juga bisa dikatakan sebagai Dufan-nya Bogor. Theme park ini dibangun di lahan seluas 35 hektar, serta dilengkapi dengan 31 wahana permainan yang tidak bakal bikin bosan. Fasilitas yang tersedia, dilengkapi dengan pemandangan indah membuat siapa saja betah untuk berkunjung ke tempat wisata ini. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.