Sukses

6 Tujuan Utama Permainan Sepak Bola, Ketahui Aturannya

Liputan6.com, Jakarta Tujuan utama permainan sepak bola adalah untuk meraih kemenangan serta mencetak gol ke gawang lawan. Setiap tim yang ikut bertanding pasti menginginkan kemenangan, serta mempertahankan gawangnya sendiri agar tidak kemasukan gol. Selama 2 x 45 menit, dua tim akan berusaha semaksimal mungkin untuk menang dengan saling memasukkan bola ke gawang lawan.

Tujuan utama permainan sepak bola juga berkaitan dengan strategi, serta kekuatan fisik. Dengan kemampuan mengolah bola, juga  faktor-faktor lainnya yang berpengaruh dalam meraih kemenangan.

Tujuan utama permainan sepak bola juga dapat mengalahkan tim lawan. Tim yang lebih banyak mencetak gol dalam 90  menit permainan akan menjadi pemenangnya. Oleh sebab itu, sangat penting untuk memahami peraturan yang ada dalam sepak bola.

Berikut ini tujuan utama permainan sepak bola yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (3/8/2022). 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Mengenal Permainan Sepak Bola

Sebelum mengenal lebih jauh tentang tujuan utama permainan sepak bola, penting mengetahui apa itu sepak bola terlebih dahulu. 

Sepak bola memang semakin meluas juga semakin mendunia. Olahraga dengan strategi tidak hanya sebatas  kompetisi lagi, akan tetapi ajang saling mempererat hubungan antarnegara di dunia.

Pengertian sepak bola menurut Encyclopedia Britannica (2015) adalah jenis olahraga yang dilakukan oleh dua regu, yang masing-masing regu tersebut memiliki 11 anggota yang berusaha memasukkan bola ke gawang lawan. Teknik ini hanya diperbolehkan menggunakan kaki dalam memainkan olahraga, kecuali kiper yang diperbolehkan menangkap bola menggunakan tangannya.

Selain pengertian menurut Encyclopedia, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian sepak bola adalah suatu permainan yang beregu di lapangan, dengan menggunakan bola sepak dari dua kelompok yang berlawanan , di mana masing-masing terdiri atas sebelas pemain dan berlangsung selama 2 x 45 menit.

3 dari 4 halaman

Tujuan Utama Permainan Sepak Bola

1. Tujuan utama permainan sepak bola adalah untuk mencetak gol.

Mengutip dari Rules of Sport, tujuan utama permainan sepak bola adalah untuk mencetak lebih banyak gol daripada tim lawan. Paling tidak tim dapat memasukkan bola ke dalam gawang lawan selama 90 menit waktu bermain. 

2. Tujuan utama permainan sepak bola adalah mampu meraih kemenangan.

Setiap tim yang bertanding, tentu saja berharap bisa meraih tujuan permainan sepak bola ini. Hal ini berlaku bagi cabang olahraga sepak bola, di mana masing-masing tim rutin melakukan latihan supaya bisa mencapai kemenangan.

3. Tujuan utama permainan sepak bola selanjutnya dapat melatih kecerdasan otak.

Hal ini karena permainan sepak bola dikenal sebagai salah satu jenis olahraga yang penuh dengan strategi. Oleh karena itu, setiap pemain selalu dituntut untuk menguasai berbagai teknik sepak bola. 

4. Tujuan utama permainan sepak bola juga mampu menciptakan solidaritas antar pemain bahkan lawan.

Karena hampir setiap cabang olahraga bertujuan untuk melatih kekompakan dan menciptakan solidaritas. 

5. Tujuan utama permainan sepak bola adalah meraih prestasi.

Setiap atlet pasti memiliki keinginan untuk meraih prestasi agar bisa mengharumkan nama dirinya, daerah, bahkan negara. Walaupun begitu, dalam permainan sepak bola terlebih dahulu kamu harus menguasai berbagai teknik juga keterampilan yang ada pada olahraga tersebut.  

6. Tujuan utama permainan sepak bola yang terakhir adalah mampu menjaga kesehatan tubuh.

Permainan sepak bola cukup berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Hal ini karena banyak sekali gerakan permainan sepak bola yang baik untuk kesehatan, diantaranya dapat melancarkan peredaran darah, meregangkan otot, dan menjaga kesehatan jantung. 

4 dari 4 halaman

Peraturan Sepak Bola

Durasi 

Waktu yang diperlukan adalah 90 menit serta dimainkan dalam dua babak. Setiap babak hanya berlangsung selama 45 menit, sedangkan untuk  waktu istirahat diberikan sekitar 15 menit. Jika skor seri atau sama, maka akan diberlakukan perpanjangan waktu 2×15 menit.

Kick off

Kick off merupakan aturan yang dilakukan ketika memulai pertandingan pada setiap babak atau setelah terjadinya gol.

Gol 

Gol dinyatakan sah ketika bola masuk serta melewati garis gawang. Keputusan sah atau tidaknya sebuah gol ada di tangan wasit.

Offside 

Offside terjadi ketika pemain menerima umpan bola, sedangkan posisinya lebih dekat ke gawang lawan ketimbang operannya.

Bola Keluar

Apabila bola keluar melewati garis lapangan, maka pemain akan melakukan lemparan ke dalam atau throw in.

Tendangan sudut 

Tendangan sudut juga dilakukan ketika bola keluar dan melewati garis gawang. Sesuai namanya, tendangan ini dilakukan di pojok lapangan, dekat dengan gawang dan dilakukan oleh pihak lawan.

Penalti 

Penalti terjadi ketika pemain yang sedang bertahan melakukan pelanggaran di wilayah penjaga gawang. Tendangan ini juga dilakukan oleh tim lawan sehingga memiliki peluang untuk mencetak gol. Penalti juga biasa dilakukan ketika permainan berakhir seri/imbang.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS