Sukses

11 Manfaat Melati Untuk Kesehatan dan Kecantikan, Dapat Mengatasi Insomnia

Liputan6.com, Jakarta Melati merupakan salah satu bunga yang cukup terkenal di Indonesia. Bunga melati tidak hanya indah, tetapi juga memiliki aroma yang harum, sehingga bunga ini banyak digunakan sebagai tanaman hias di rumah-rumah. Manfaat melati bukan hanya untuk olahan teh, namun memiliki khasiat bagi kesehatan juga kecantikan. 

Dilansir dari situs Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Pemerintah Kabupaten Buleleng, bunga melati memiliki berbagai khasiat, salah satu diantaranya adalah indole, linalcohol, asetat benzylic, alcohol benzylic, jasmon, antioksidan dan epigallocething gallate. Berbagai kandungan tersebutlah yang menjadi sumber manfaat melati bagi kesehatan tubuh.

Di seluruh dunia terdapat kurang lebih 200 jenis melati. Akan tetapi, di Indonesia sendiri, terdapat kurang lebih 9 jenis melati yang telah dibudidayakan. Jenis bunga melati yang sering dijumpai adalah bunga melati putih atau Jasmimum Sambac. Selain aroma yang harum, manfaat melati juga digunakan untuk pengobatan tradisional. 

Berikut ini manfaat melati untuk kecantikan juga kesehatan yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (28/7/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Manfaat Melati

1. Mengatasi Insomnia

Manfaat melati yang pertama, dapat membantu untuk mengatasi insomnia. Dikutip dari Journal of Health Research, dengan mengonsumsi teh bunga melati ataupun menggunakan minyak bunga melati mampu memberikan efek sedatif yang membantu merilekskan saraf yang tegang. Karena senyawa sedatif yang terkandung di dalam bunga melati ini dapat membantu mengatasi insomnia, serta dapat menyenyakkan tidur seseorang.

2. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat melati selain mengurangi insomnia, dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Dilansir dari healthline, dengan mengonsumsi teh melati yang dilakukan secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan jantung serta mencegah berbagai penyakit jantung yang berbahaya. Menurut penelitian teh melati yang kaya akan kandungan polifenol, membantu mencegah kolesterol jahat (LDL) teroksidasi. 

3. Membantu Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat melati berikutnya membantu meningkatkan fungsi otak. Dikutip dari sumber yang sama, dengan mengonsumsi teh bunga melati, maka kandungan kafein yang ada di dalam teh bunga melati mampu menstimulasi sistem saraf seseorang juga membantu tubuh merasa lebih rileks.

Kandungan kafein tersebut juga bisa meningkatkan aktivitas otak dan melepaskan berbagai neurotransmiter yang meningkatkan suasana hati seperti dopamin dan serotonin yang membuat tubuh terasa lebih waspada juga energik. 

3 dari 5 halaman

Manfaat Melati

4. Menjaga Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Manfaat melati memiliki khasiat dalam menjaga kesehatan juga kecantikan kulit. Bunga melati sendiri memang sudah terkenal manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan kulit manusia.

Kandungan antioksidan di dalam bunga melati juga membantu menjaga kelembapan kulit. Mengutip dari Merdeka.com, bunga melati dapat membantu untuk membuka pori-pori kulit yang tertutup serta melembapkan. 

5. Baik untuk Kesehatan Pencernaan

Manfaat melati untuk  kesehatan tubuh, salah satunya dapat melancarkan sistem pencernaan. Mengutip dari Indigo Herbs, khasiat antioksidan yang dimiliki oleh bunga melati dapat memberikan berbagai manfaat. Antioksidan dalam bunga melati serta  enzim-enzim pencernaan juga membantu dalam meningkatkan penyerapan nutrisi serta menjaga kesehatan usus.

Selain itu, bunga melati juga bisa membantu perkembangan bakteri baik dalam pencernaan dan juga ditemukan dapat membantu membunuh bakteri-bakteri yang berbahaya bagi tubuh. 

4 dari 5 halaman

Manfaat Melati

6. Baik untuk Kesehatan Gastrointestinal

Manfaat melati berikutnya, dapat membantu menjaga kesehatan gastrointestinal. Sumber yang sama juga menyebutkan bahwa penelitian terbaru yang dilakukan, menemukan bahwa ekstrak bunga melati cukup efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri Escherichia coli, Staphylococcus aureus dan Bacillus cereus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak bunga melati dengan konsentrasi 25%, 50%, 75% dan 100% berpengaruh dalam menghambat pertumbuhan bakteri jahat. 

7. Membantu Mengurangi Depresi

Manfaat melati sangat baik untuk mengurangi depresi juga stres pada seseorang. Bunga melati terkenal akan aromanya yang harum, dan bisa membantu seseorang untuk mengurangi rasa stres dan depresi serta memperbaiki mood seseorang. Mengutip dari sebuah penelitian yang terbit dalam Journal of Health Research, bunga melati memang memberikan efek pada perasaan dan aktivitas otak seseorang. 

Selain itu, penelitian lain juga menemukan bahwa penggunaan minyak bunga melati dalam pijat aromaterapi dapat membantu meningkatkan laju pernapasan, saturasi oksigen dalam darah, dan tekanan darah, yang membuat para peserta penelitian merasa lebih waspada. 

8. Obati Jerawat

Salah satu manfaat melati, dapat mengobati Jerawat. Jerawat merupakan masalah  yang sangat umum terjadi pada semua orang. jerawat yang muncul juga dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri. Manfaat melati untuk atasi jerawat sebetulnya mudah untuk diaplikasikan, karena hanya dengan membuatnya menjadi masker wajah. 

5 dari 5 halaman

Manfaat Melati

9. Haluskan Kulit

Manfaat melati untuk kecantikan, dapat membuat kulit menjadi lebih halus. Kulit halus juga sehat sangat menunjang penampilan sehari-hari. Di era sekarang, tersedia berbagai perawatan kulit kecantikan yang menggunakan bunga melati. Bunga melati sendiri juga dapat mampu menghaluskan kulit tubuh. Cukup mengolahnya menjadi lulur, hanya perlu menghaluskan bunga melati dan dicampur dengan minyak zaitun. 

10. Baik untuk Kesehatan Reproduksi

Manfaat melati juga berperan baik untuk kesehatan reproduksi. Mengutip dari situs Indigo Herbs, minyak dari bunga melati telah lama digunakan untuk membantu perempuan melewati kehidupan reproduksi mereka.

Bunga melati memiliki kemampuan untuk menyeimbangkan hormon yang terbukti meredakan gejala-gejala PMS serta menopause. Selain itu, minyak ini juga dapat membantu untuk mengatur siklus menstruasi dan meredakan rasa sakit yang diderita selama masa menstruasi. Minyak bunga melati juga digunakan untuk membantu memperlancar proses persalinan. 

11. Jaga Kelembapan Kulit Kepala

Manfaat melati dapat menjaga kelembapan kulit kepala. Masalah kulit kepala seperti ketombe dan lainnya akan mudah hinggap di kulit kepala jika kita tidak menjaga agar tetap lembap. Ekstrak melati dapat menjaga kelembapan di kulit kepala, selain itu ekstrak melati juga dapat menjaga kulit kepala tetap terhidrasi sekaligus mencegah rambut rontok dan ketombe.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS