Sukses

Asmaul Husna al-Khabir Artinya Yang Maha Mengenal, Begini Cara Meneladaninya

al-Khabir artinya Allah SWT tidak ada yang luput dari mengawasi segalanya.

Liputan6.com, Jakarta Memahami al-Khabir artinya salah satu dari 99 nama-nama terbaik lagi indah Allah SWT dalam Asmaul Husna. al-Khabir artinya Yang Maha Mengenal atau Mengetahui. al-Khabir artinya sifat Allah SWT selalu memperhatikan dan tidak ada yang luput dari pengawasannya.

Melansir dari Al-Qur’an Indonesia, pada Kamis (17/3/2022) asmaul husna al-Khabir artinya berasal dari akar kata kh-b-r dalam bahasa Arab Klasik diartikan sebagai: mengetahui, atau sadar makna sejati dari sesuatu hal, memahami kebenaran dari sesuatu hal, mengetahui rahasia bathin dari sesuatu untuk dibuktikan, dicoba, ditest oleh pengalaman (hasil dari pengetahuan bathin).

Dalam buku berjudul Cerita 99 Asmaul Husna untuk Anak oleh Abdullah Zaedan, cara meneladani asmaul husna al-Khabir artinya Yang Maha Mengenal dikisahkan dari ketampanan Nabi Yusuf AS yang membuat Zulaikha tergoda oleh bisikan setan. Bagaimana kisah selengkapnya?

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang arti asmaul husna al-Khabir, contoh ayat dalam Al-Qur’an, dan cara meneladaninya, Kamis (17/3/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Asmaul Husna al-Khabir Artinya Yang Maha Mengenal

Memahami al-Khabir adalah salah satu nama terbaik lagi indah Allah SWT dari 99 asmaul husna lainnya. Asmaul husna al-Khabir artinya Yang Maha Mengenal atau Mengetahui Segalanya. al-Khabir artinya Allah SWT selalu memperhatikan dan tidak ada yang luput dari pengawasannya.

Melansir dari Al-Qur’an Indonesia, asmaul husna al-Khabir artinya berasal dari akar kata kh-b-r dalam bahasa Arab Klasik diartikan sebagai: mengetahui, atau sadar makna sejati dari sesuatu hal, memahami kebenaran dari sesuatu hal, mengetahui rahasia bathin dari sesuatu untuk dibuktikan, dicoba, ditest oleh pengalaman (hasil dari pengetahuan bathin).

“Allah adalah al-Khabiir. Yang mengetahui kebenaran, Dia yang memiliki pengetahuan yang luas terhadap makna dan kualitas segala hal. Dia mengetahui dan mengerti rahasia yang paling tersembunyi. Al Khabeer adalah Dia yang tahu semua kebenaran di semua situasi,” dijelaskan.

Hal yang sama dijelaskan dalam buku berjudul Sejenak Mengenal Asma & Sifat Allah oleh Salih bin Abdul Aziz As-Sindi, asmaul husna al-Khabir artinya zat yang Maha Mengetahui perkara yang tersembunyi.

3 dari 4 halaman

Cara Meneladani Asmaul Husna al-Khabir Artinya Yang Maha Mengenal

Bagaimana cara meneladani asmaul husna al-Khabir artinya Yang Maha Mengenal? Teladan tentang sifat Allah SWT al-Khabir artinya Yang Maha Mengenal dikisahkan dalam cerita Nabi Yusuf AS dan Zulaikha.

Dalam buku berjudul Cerita 99 Asmaul Husna untuk Anak oleh Abdullah Zaedan, cara meneladani asmaul husna al-Khabir artinya Yang Maha Mengenal dikisahkan dari ketampanan Nabi Yusuf AS yang membuat Zulaikha tergoda oleh bisikan setan. Zulaikha mulai berusaha menarik perhatian Nabi Yusuf saat itu.

Nabi Yusuf menyadari ibu angkatnya tersebut telah terjerumus dalam godaan setan. Nabi Yusuf pun dengan tegas menolak Zulaikha karena takut berbuat kesalahan. Melihat seperti itu, Zulaika pun marah hingga membuat Nabi Yusuf lari dari kamar.

Hal ini membuat Nabi Yusuf difitnah Zulaikha dan masuk penjara. Nabi Yusuf justru bersyukur berada dalam penjara karena ia bisa menghindari Zulaikha. Ia percaya bahwa Allah SWT selalu mengetahui perbuatan makhluk-Nya, sesuai dengan asmaul husna al-Khabir artinya Yang Maha Mengetahui.

 

4 dari 4 halaman

Contoh Asmaul Husna al-Khabir Artinya Yang Maha Mengetahui

1. Asmaul Husna al-Khabir artinya dalam Al-Qur’an surat al-Isra ayat 30:

“Sungguh, Tuhanmu melapangkan rezeki bagi siapa yang Dia kehendaki dan membatasi (bagi siapa yang Dia kehendaki); sungguh, Dia Maha Mengetahui, Maha Melihat hamba-hamba-Nya.”

2. Asmaul Husna al-Khabir artinya dalam Al-Qur’an surat al-An’am ayat 18:

“Dan Dialah yang berkuasa atas hamba-hamba-Nya. Dan Dia Mahabijaksana, Maha Mengetahui.”

3. Asmaul Husna al-Khabir artinya dalam Al-Qur’an surat  al-Hujurat ayat 13:

“Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Mahateliti.”

4. Asmaul Husna al-Khabir artinya dalam Al-Qur’an surat al-Hasyr ayat 18:

“Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan.”

5. Asmaul Husna al-Khabir artinya dalam Al-Qur’an surat at-Taubah ayat 16:

“… dan Allah maha teliti terhadap apa yang kamu kerjakan.”

6. Asmaul Husna al-Khabir artinya dalam Al-Qur’an surat al-Mulk ayat 14:

“Sejatinya yang menciptakan itu sangat mengetahui. Dan Dia adalah yang Maha lembut dan Maha Mengetahui.”

7. Asmaul Husna al-Khabir artinya dalam Al-Qur’an surat an-Nisa ayat 135:

"Wahai orang-orang yang beriman, jadilah kamu orang yang benar-benar penegak keadilan, menjadi saksi karena Allah biarpun terhadap dirimu sendiri atau ibu bapa dan kaum kerabatmu. Jika ia kaya ataupun miskin, maka Allah lebih tahu kemaslahatannya.

Maka janganlah kamu mengikuti hawa nafsu karena ingin menyimpang dari kebenaran. Dan jika kamu memutar balikkan (kata-kata) atau enggan menjadi saksi, maka sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui segala apa yang kamu kerjakan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.