Sukses

Hidup Ini Adalah Kesempatan, Lagu yang Sarat Makna Mendalam

Hidup Ini adalah Kesempatan adalah lagu yang diciptakan dan dipopulerkan oleh Herlin Pirena.

Liputan6.com, Jakarta Hidup Ini adalah Kesemapatan adalah lagu yang diciptakan dan dipopulerkan oleh Herlin Pirena. Lagu yang dirilis pada 2017 ini menjadi salah satu singel Herlin Pirena dari albumnya berjudul Pujilah Tuhan Hai Jiwaku.

Lagu Hidup Ini adalah Kesempatan sarat akan makna mendalam mengenai kehidupan. Sebagai umat kristen, tentunya sudah tidak asing dengan lagu ini. Lagu Hidup Ini adalah Kesempatan diciptakan oleh Pendeta Wilhelmus Latumahina, beliau dikenal sebagai Ketua Umum Persatuan Masyarakat Kristen Indonesia Timur (PMKIT).

Meskipun lagu ini terdengar sederhana, namun makna dari lirik lagu Hidup Ini adalah Kesempatan merupakan selama Tuhan masih memberi umur kehidupan kepada kita, pakailah hidup ini untuk setia kepada-Nya. Jangan hanya sibuk dengan urusan dunia yang sementara.

Untuk lebih rinci, berikut ini ulasan mengenai makna lagu Hidup Ini adalah Kesempatan yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (11/10/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal Pencipta Lagu Hidup Ini Adalah Kesempatan

Lagu Hidup Ini adalah Kesempatan diciptakan oleh Pendeta Wilhelmus Latumahina dan dipopulerkan oleh Herlin Pirena. Pendeta Wilhelmus Latumahina lulus kuliah dari perguruan tinggi Pajak, kemudian melanjutkan karir di Departemen Pajak. Bahkan, Pendeta Wilhelmus Latumahina sempat menjadi kepala cabang di sana.

Awal mula, kehadiran lagu dengan judul Hidup Ini adalah Kesempatan berawal pada 2004. Tepatnya saat anak sulung dari Pendeta Wilhelmus Latumahina dipanggil Tuhan lewat musibah kecelakaan lalu lintas. Kemudian, diwaktu yang sangat sedih tersebut, Pendeta Wilhelmus Latumahina duduk dalam keheningan kemudian merenung akan kehidupan. Untuk itu, terciptalah lagu Hidup Ini adalah Kesempatan yang penuh akan sarat makna mendalam bagi pendengarnya.

3 dari 5 halaman

Lirik Lagu Hidup Ini Adalah Kesempatan

Berikut ini lirik lagu Hidup Ini Adalah Kesempatan yang dapat Anda ketahui, yaitu:

Hidup ini adalah kesempatan

Hidup ini untuk melayani Tuhan

Jangan sia-sia, waktu yang Tuhan 'bri

Hidup ini hanya sementara

 

Sekuntum bunga di pagi hari

Mekar indah harum, di padang yang hijau

Demikian Tuhan mendandani rumput

Gugur bunga bila panas terik

 

Oh Tuhan, pakailah hidupku

Selagi aku masih kuat

Satu saat aku, 'tak berdaya

Hidup ini sudah jadi berkat

 

Oh Tuhan, pakailah hidupku

Selagi aku masih kuat

Satu saat aku 'tak berdaya

 

Hidup ini sudah jadi berkat

Hidup ini sudah jadi berkat (sudah jadi berkat)

Hidup ini sudah jadi berkat

(Hidup ini sudah menjadi berkat)

4 dari 5 halaman

Makna dalam Lagu Hidup Ini Adalah Kesempatan

Setiap bait lirik lagu Hidup Ini adalah Kesempatan menyimpan pesan terdalam bagi pendengarnya yang bukan hanya sebuah kata-kata saja, namun juga motivasi hidup untuk kita yang masih diberi kehidupan. Lewat lagu ini, Pendeta Wilhelmus memberi kesadaran, jika di dalam tiap orang terbaptis sudah melekat predikat sebagai pelayan.

Saat mendengar lagu Hidup Ini adalah Kesempatan yang paling membekas yaitu ajakan  yang tentunya sangat kuat perihal pilihan melayani Tuhan. kesediaan melayani adalah bentuk rasa syukur seseorang yang bersangkutan atas karya besar Allah di dalam diri Yesus Kristus yang sudah merelakan diri datang ke dunia, melayani, mengalami derita disiksa, mati, serta bangkit dari alam maut.

Tak hanya itu, melelui lagu Hidup Ini adalah Kesempatan, kita sebagai manusia disadarkan untuk mengingat kematian. Sebab pada akhirnya semua manusia akan kembali kepada-Nya, dan kehidupan manusia ada di dalam sebuah rentang waktu. Jika ditarik garis besar, banyak orang yang sudah diberi kesempatan untuk hidup lebih lama. Ada juga orang yang diberikan kesempatan hidup dengan waktu sangat sebentar. Hal ini sebenarnya bukan tentang berapa lama waktu yang Tuhan beri ke manusia, akan tetapi bagaimana sebagai seorang manusia dapat memanfaatkan waktu tersebut sebaik-baiknya. Untuk itu, jangan sia-siakan kesempatan hidup yang Tuhan berikan kepada kita. Persiapkan semuanya sebelum menghadap kepada-Nya.

5 dari 5 halaman

Cara Bijak Menggunakan Waktu dalam Kehidupan

Berikut ini beberapa cara bijak dalam memanfaatkan atau menggunakan waktu dalam kehidupan, diantaranya:

1. Tetapkan Tujuan yang Realistis

Cara bijak memanfaatkan waktu dalam hidup yang pertama adalah dengan menetapkan tujuan yang realistis. Orang yang bijak tidak membiarkan apa yang diinginkan hati mengendalikan hidupnya, khususnya yang tidak realistis atau yang mustahil dipenuhi. Orang tersebut akan belajar merasa puas dengan apa yang memang bisa ia capai​.

2. Tentukan Prioritas

Untuk memanfaatkan waktu dalam kehidupan, coba untuk menentukan prioritas sebelum mulai menjalankan sebuah kesibukan. Terutama jika memang beban dari kegiatan yang akan digunakan cukup banyak. Patikan untuk menentukan prioritas di awal agar tidak kelabakan saat menjalankannya.

3. Sisihkan Waktu untuk Kebutuhan Rohani

Cara bijak dalam menggunakan waktu dalam hidup adalah dengan menyisihkan waktu untuk kebutuhan rohani. Dengan menyisihkan waktu untuk kebutuhan rohani, akan membuat kita semakin bahagia dan dapat menemukan ketenangan dalam hidup. Dengan begitu, Anda akan lebih bijak menggunakan hari-hari dalam kehidupan Anda.

4. Jangan Lupa dengan Lingkungan Sekitar

Pernahkan saking sibuknya dengan sebuah kegiatan, hingga membuat lupa orang sekitar? Pasalnya, masalah waktu tidak hanya masalah diri sendiri. Ada orang di sekitar yang juga butuh kehadiran Anda secara fisik. Kendati di masa yang serba maju ini, kehadiran langsung masih menjadi sesuatu yang penting. Jadi, jangan lupa luangkan waktu untuk keluarga dan sahabat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini