Sukses

Ciri-Ciri Gymnospermae, Siklus Hidup, Jenis, dan Contohnya

Gymnospermae adalah tumbuhan berbiji terbuka.

Liputan6.com, Jakarta Ciri-ciri Gymnospermae penting diketahui dalam mempelajari biologi. Dalam ilmu biologi terdapat sejumlah klasifikasi tumbuhan. Salah satu klasifikasi ini adalah tumbuhan berbiji yang masih dibagi lagi menjadi dua klasifikasi, biji terbuka dan biji tertutup.

Tumbuhan berbiji terbuka inilah yang disebut dengan Gymnospermae. Ciri-ciri Gymnospermae memiliki karakteristik sendiri sebagai tumbuhan. Ciri-ciri Gymnospermae bisa dilihat dari bentuk biji, karakteristik tanaman, dan tempatnya hidup. 

Ciri-ciri Gymnospermae memberi kekhasan tersendiri bagi tumbuhan berbiji terbuka. Menegetahui ciri-ciri Gymnospermae bisa memperluas pengetahuan tentang alam khususnya tumbuhan di sekitar. Ciri-ciri Gymnospermae ini bisa diamati langsung dari tumbuhannya.

Berikut ciri-ciri Gymnospermae dan jenis-jenisnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(1/04/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mengenal Gymnospermae

Gymnospermae adalah sekelompok tumbuhan yang menghasilkan biji yang tidak terkandung di dalam ovarium atau buah. Gymnospermae berasal dari bahasa Yunani, gymnos artinya telanjang dan sperma berarti benih. Istilah gymnospermae secara harfiah berarti "biji telanjang."

Ini karena pada tumbuhan Gymnospermae, biji tidak terbungkus oleh buah. Tumbuhan Gymnospermae mengembangkan benihnya di permukaan sisik dan daun yang sering tumbuh membentuk kerucut atau bentuk batang. Tidak seperti angiospermae, gymnospermae tidak menghasilkan bunga atau buah.

Gymnospermae berlimpah di bioma hutan beriklim sedang dan hutan boreal. Spesies Gymnospermae biasanya dapat mentolerir kondisi lembap atau kering. Saat ini, ada lebih dari seribu spesies gymnospermae yang termasuk dalam empat divisi utama: Coniferophyta, Cycadophyta, Ginkgophyta, dan Gnetophyta.

3 dari 6 halaman

Siklus hidup Gymnospermae

Gymnospermae berkembang biak dengan perubahan generasi, yang berarti siklus reproduksinya memiliki fase haploid dan diploid. Benih terbuka ke udara dan langsung dibuahi dengan penyerbukan. Dalam siklus hidup gymnospermae, tanaman bergantian antara fase seksual dan fase aseksual.

Produksi gamet terjadi pada fase seksual atau siklus generasi gametofit. Spora diproduksi dalam fase aseksual atau generasi sporofit. Dalam gymnospermae, sporofit tumbuhan dikenali sebagai bagian terbesar dari tumbuhan itu sendiri, termasuk akar, daun, batang, dan kerucut. Sel - sel sporofit tumbuhan bersifat diploid dan mengandung dua set kromosom lengkap . Sporofit bertanggung jawab untuk produksi spora haploid melalui proses meiosis .

Gametofit tumbuhan menghasilkan gamet jantan dan betina yang bersatu pada penyerbukan untuk membentuk zigot diploid baru. Zigot matang menjadi sporofit diploid baru, sehingga menyelesaikan siklusnya. Gymnospermae menghabiskan sebagian besar siklus hidupnya dalam fase sporofit, dan generasi gametofit sepenuhnya bergantung pada generasi sporofit untuk bertahan hidup.

4 dari 6 halaman

Ciri-ciri Gymnospermae

Berikut ciri-ciri Gymnospermae secara umum:

1. Letak bakal bijinya terbuka dan tida terlindungi oleh daun buah.

2. Biasanya punya akar tunggang meskipun ada juga yang berakar serabut.

3. Daun kaku, kecil, tebal, dan berbentuk seperti jarum, tapi ada juga yang berbentuk tipis dan melebar seperti daun melinjo.

4. Tidak memiliki bunga sejati, tapi hanya punya alat perkembangbiakan yang disebut sporofil.

5. Gamet jantan dan betina tersusun dalam strobilus atau runjung, ada yang berumah satu dan ada yang berumah dua.

6. Pembuahan yang terjadi pada tumbuhan berbiji terbuka adalah pembuahan tunggal, yaitu peleburan antara sel kelamin jantan dan sel kelamin betina akan menghasilkan zigot, kemudian berkembang menjadi embrio.

7. Tumbuhan biji terbuka terdiri dari 3 ordo, yaitu Cycadinae, Gnetinae dan Coniferae.

8. Biji gymnospermae duduk terbuka di permukaan struktur seperti daun yang disebut bracts.

9. Gymnospermae sering ditemukan di hutan beriklim sedang dan bioma hutan boreal.

10. Siklus reproduksinya memiliki fase haploid dan diploid.

5 dari 6 halaman

Jenis tumbuhan Gymnospermae dan contohnya

Tumbuhan Gymnospermae diklasifikasikan dalam empat divisi utama. Ini meliputi Coniferophyta, Cycadophyta, Ginkgophyta, dan Gnetophyta. Masing-masing divisi terdiri dari banyak spesies tumbuhan dengan ciri-ciri Gymnospermae sebagai karakteristik utama.

Coniferophyta

Tumbuhan ini kerap disebut juga sebagai tumbuhan runjung. Kebanyakan tumbuhan runjung selalu hijau dan termasuk beberapa pohon terbesar, tertinggi dan tertua di bumi. Contoh tumbuhan runjung termasuk pinus, sequoia, cemara, hemlock, dan cemara.

Ciri-ciri Gymnospermae Coniferophyta yang paling utama adalah adanya konifer atau runjung. Konifer menampung struktur reproduksi tumbuhan runjung jantan dan betina. Ciri runjung lain yang mudah diidentifikasi adalah daunnya yang seperti jarum. Pinus misalnya, memiliki daun seperti jarum tunggal atau daun jarum di sepanjang batangnya.

Cycadophyta

Tumbuhan yang termasuk dalam klasifikasi Gymnospermae Cycadophyta adalah tumbuhan sikas. Sikas ditemukan di hutan tropis dan daerah subtropis. Pohon sikas biasanya berupa batang tunggal, gemuk, silindris, berkayu dan mahkota daun majemuk hijau yang besar, keras dan kaku.

Tanaman cemara ini memiliki struktur daun seperti bulu dan batang panjang yang menyebarkan daun besar ke batang kayu yang tebal. Sekilas, sikas mungkin mirip pohon palem, tapi mereka sama sekali tidak berhubungan.

6 dari 6 halaman

Jenis tumbuhan Gymnospermae dan contohnya

Ginkgophyta

Divisi Ginkgophyta terdiri dari satu spesies hidup, Ginkgo biloba. Ginkgo menyerupai angiospermae dimana batang kayunya bercabang sering dan tidak teratur dan memiliki daun lebar, yang berbentuk kipas dengan urat bercabang dikotomi.

Saat ini, tanaman ginkgo yang tumbuh secara alami hanya ada di China. Ginkgo dapat hidup selama ribuan tahun dan memiliki ciri daun gugur berbentuk kipas yang menguning di musim gugur. Ginkgo tumbuh subur di daerah yang diterangi matahari dengan baik yang menerima banyak air dan memiliki banyak drainase tanah.

Meskipun sekarang dibudidayakan secara luas di seluruh dunia, Ginkgo adalah spesies yang terancam punah, karena populasi alaminya telah berkurang menjadi sebagian kecil dari pegunungan di Cina tenggara.

Gnetophyta

Divisi Gnetophyta memiliki tiga famili di tiga ordo: Ephedraceae, Gnetaceae, dan Welwitschiaceae. Keluarga Ephedraceae terdiri dari sekitar 65 spesies semak dalam satu genus, Ephedra. Gnetaceae memiliki sekitar 30 spesies dalam genus Gnetum, banyak di antaranya adalah pohon atau tumbuhan merambat. Welwitschiaceae terdiri dari satu spesies yang dikenal sebagai tumboa (Welwitschia mirabilis).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.