Sukses

Mengenali Tujuan Hidup, Ketahui Cara Menentukannya di Usia Muda

Tujuan hidup tiap orang berbeda-beda.

Liputan6.com, Jakarta Tujuan hidup kerap kali menjadi pertanyaan setiap manusia. Orang-orang bertanya-tanya tentang tujuan hidup karena sejumlah alasan berbeda. Kehadiran manusia di dunia pasti memiliki tujuan.

Tujuan hidup biasanya terdiri dari tujuan utama yang memotivasi hidup. Setiap orang harus memiliki tujuan hidup, sekecil apapun itu. Sebagian besar manusia pasti pernah bertanya-tanya apa gunanya hidup. Mengapa kamu disini? Tentang apakah hidup sebenarnya? Singkatnya, apa tujuan hidup? 

Tujuan hidup dapat memandu keputusan hidup, memengaruhi perilaku, membentuk tujuan, menawarkan arah, dan menciptakan makna kehidupan. Di usia muda, orang kerap kali mempertanyakan tujuan hidup. Cara menentukan tujuan hidup bisa jadi suatu hal yang cukup rumit.

Berikut ulasan mengenai tujuan hidup, cara menemukannya, contoh, dan cara memperjuangkannya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(21/09/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal tujuan hidup

Tujuan hidup merupakan arah yang memandu keputusan hidup, memengaruhi perilaku, membentuk tujuan, dan menciptakan makna kehidupan. Bagi sebagian orang, tujuan terhubung dengan panggilan, pekerjaan yang bermakna dan memuaskan.

Bagi orang lain, tujuan mereka terletak pada tanggung jawab mereka kepada keluarga atau teman mereka. Yang lain mencari makna melalui spiritualitas atau kepercayaan agama. Beberapa orang mungkin menemukan tujuannya diungkapkan dengan jelas dalam semua aspek kehidupan ini.

Tujuan akan menjadi unik untuk semua orang. Apa yang kamu identifikasi sebagai tujuan mungkin berbeda dari yang lain. Terlebih lagi, tujuan hidup berubah sebagai tanggapan terhadap prioritas dan pengalaman.

3 dari 5 halaman

Bentuk-bentuk tujuan hidup

Menjadi bahagia

Salah satu kesimpulan paling jelas yang mungkin diperjuangkan dalam hidup adalah kebutuhan untuk bahagia. Sayangnya, orang sering kali tidak tahu persis apa kebahagiaan itu, dan karenanya, sulit untuk menemukan kebahagiaan. Untuk mengetahui bagaimana menemukan kebahagiaan, dan apakah itu merupakan tujuan hidupmu, pertama-tama kamu perlu menemukan apa arti kebahagiaan bagimu.

Setelah memiliki gambaran yang sangat jelas tentang apa itu kebahagiaan, kamu dapat mulai mengejarnya dan melihat apakah itu menjawab pertanyaan besarmu tentang tujuan hidup.

Meninggalkan warisan

Dalam dunia yang sangat kompetitif, meninggalkan warisan sering kali secara tersirat dikemukakan sebagai kebajikan tertinggi. Warisan tak melulu uang, ini bisa berupa ilmu, pemikiran, atau kenangan.

Meninggalkan warisan adalah salah satu cara agar seseorang merasa dihargai di masyarakat dan dikenang setelah mereka pergi. Warisan bisa dimulai dari hal kecil seperti memulai sebuah keluarga atau menularkan ilmu yang bermanfaat.

Mencintai orang lain

Semua filosofi dan agama besar telah mendukung pentingnya cinta. Cinta tampaknya menjadi agen penyembuhan untuk penderitaan manusia dan sesuatu yang menghubungkan manusia lintas waktu dan budaya.

Ketika seseorang mampu mencintai orang lain tanpa syarat, ia melihat lingkungannya secara alami menjadi tempat yang lebih stabil dan damai. Ini membuat lensa yang digunakan untuk melihat dunia menjadi lebih positif dan produktif.

4 dari 5 halaman

Bentuk-bentuk tujuan hidup

Membuat perbedaan yang positif

Membuat perbedaan yang positif mungkin tampak seperti tujuan yang klise dan mengecewakan. Tetapi ketika kamu berusaha melakukannya pada tingkat praktis, maknanya terjadi, karena kamu melihat hasil kerjamu secara real time.

Membuat perbedaan positif tidak perlu sesuatu yang besar. Perubahan kecil yang terlihat seringkali lebih bermanfaat secara pribadi.

Mendapatkan berbagai pengalaman

Cara lain agar dapat menemukan tujuan dalam hidup adalah memiliki rangkaian pengalaman yang kaya dan memuaskan. Makna kehidupan diciptakan ketika merayakan anugerah pengalaman manusiawi melalui panca indera.

Perjalanan, hiburan, cinta, hubungan, makanan enak, dan pengalaman baru adalah semua cara yang bisa dilakukan untuk makna hidup.

Menemukan sesuatu yang cukup penting untuk membenarkan penderitaan

Penderitaan adalah bagian hidup yang tak terhindarkan, dan bisa dimaklumi. Ini membuat banyak orang mempertanyakan tujuan dan makna hidupnya.

5 dari 5 halaman

Cara memperjuangkan tujuan hidup

Ciptakan Lingkungan yang Mendukung

Apapun tujuan hidupmu, temui atau ciptakan lingkungan yang sesuai untuk mendukung pencapaian tujuan. Berusahalah sebaik mungkin, agar orang-orang dan lingkungan di sekitarmu tidak menimbulkan kendala.

Mulailah Bekerja

Tentukan tanggal untuk mulai mencapai tujuan hidup. Setelah menentukan kapan harus memulai, segera laksanakan rencanamu.

Berusaha Mencapai Tujuan Secara Konsisten

Setelah memulai, kunci keberhasilan dalam mencapai tujuan hidup terletak pada kegigihan dan konsistensi. Proses ini harus dijalani langkah demi langkah dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Oleh sebab itu, kamu harus terus selalu berusaha dalam berproses.

Jagalah Motivasi

Penting juga untuk menjaga motivasi. Sebab konsistensi adalah hal yang sangat penting. Adanya tujuan antara yang bisa tercapai sangatlah penting untuk mendukung motivasi. kamu akan tetap antusias dan berkomitmen jika berhasil melakukan prosesnya.

Catatlah Progres yang Sudah Tercapai

Agar tetap termotivasi, selalu catat progress dan membacanya secara teratur. Tergantung pada tujuan dan preferensi, kamu bisa menggunkan aplikasi, jurnal atau kalender.

Tujuan sering kali berubah seiring terjadinya berbagai peristiwa dalam kehidupan. Berusahalah mempertimbangkan kembali tujuanmu secara sadar dan teratur, alih-alih secara tidak sadar ingin mencapai tujuan yang pernah kamu tentukan beberapa tahun yang lalu. Revisi adalah hal yang wajar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.