Sukses

11 Makanan Penambah Tekanan Darah Rendah pada Ibu Hamil

Makanan penambah tekanan darah rendah pada ibu hamil harus dilihat kandungan nutrisinya.

Liputan6.com, Jakarta Makanan penambah tekanan darah rendah pada ibu hamil bisa menjadi solusi saat mengalaminya. Tekanan darah rendah merupakan salah satu keluhan yang umum dialami ibu hamil. Hal ini ditandai dengan berbagai gejala seperti pusing, mual, sulit konsentrasi, wajah tampak pucat, haus yang berlebihan, kelelahan hingga jantung berdebar-debar. 

Tekanan darah rendah saat hamil biasanya disebabkan oleh adanya perubahan hormon dan peningkatan aliran darah ke janin. Selain itu, tekanan darah rendah pada ibu hamil juga bisa disebabkan oleh anemia, dehidrasi, kurangnya asupan nutrisi, infeksi, dan pengaruh obat yang dikonsumsi.

Makanan penambah tekanan darah rendah pada ibu hamil harus dilihat kandungan nutrisinya. Berbagai nutrisi seperti vitamin B12, asam folat, hingga makanan yang mengandung banyak air sangat berguna untuk menambah tekanan darah rendah pada ibu hamil.

Tekanan darah normal adalah 120 mmHg pada garis atas atau sistolik, dan di atas 80 mmHg pada garis bawah atau diastolik. Ibu hamil bisa dikatakan mengalami darah rendah jika tekanan darahnya ≤ 90/60 mmHg.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (1/9/2020) tentang makanan penambah tekanan darah rendah pada ibu hamil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Bayam dan Semangka

Bayam

Makanan penambah tekanan darah rendah pada ibu hamil yang pertama adalah bayam. Bening bayam merupakan salah satu masakan yang sering kamu jumpai. Dibuat sayur bening saja, bayam sudah bisa menjadi masakan yang lezat.

Ternyata, bayam juga mengandung natrium sebesar 4 mg dalam 100 gram bayam, jumlah yang kecil memang. Tapi, bayam juga mengandung cukup banyak air, yaitu sebesar 92%. Sehingga, bayam bisa dimanfaatkan untuk mengontrol tekanan darah.

Bayam juga mengandung lutein, serat, asam folat, dan vitamin E. Vitamin E dalam bayam dapat bertindak sebagai antioksidan yang dapat membantu tubuh melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel.

Semangka

Semangka merupakan salah satu buah dengan kandungan air tertinggi. Kandungan air dalam satu buah semangka bisa mencapai 92%. Karena itulah semangka termasuk ke dalam makanan penambah tekanan darah rendah pada ibu hamil yang baik.

Selain itu, semangka juga mengandung likopen, yaitu salah satu antioksidan yang membantu tubuh melawan radikal bebas dan mencegah kanker. Buah lain yang juga mengandung kadar air tinggi adalah jeruk sebanyak 91%, blewah dengan kandungan air sebanyak 90%, nanas dan jeruk mengandung 87% air, serta apel dan pir mengandung 84% air.

3 dari 6 halaman

Lemon dan Mentimun

Lemon

Lemon juga menjadi salah satu buah yang dianjurkan sebagai makanan penambah tekanan darah rendah pada ibu hamil. Buah ini kaya akan air sehingga membantu mencegah dari dehidrasi yang dapat membuat tekanan darah kamu semakin rendah.

Selain itu, lemon juga kaya akan vitamin C dan antioksidan, yang dapat membantu mengatur sirkulasi darah dan menjaga tekanan darah.

Mentimun

Mentimun dapat dengan mudah ditemukan sebagai lalapan, acar, dalam rujak, gado-gado, dan sebagainya. Timun merupakan salah satu buah yang juga mengandung kadar air tinggi. Dalam satu buah timun bisa mengandung air sebanyak 96%, sehingga menjadi salah satu makanan penambah tekanan darah rendah pada ibu hamil.

Jadi, mulai sekarang kamu harus memakan imun yang telah disediakan untuk makan. Bagi penderita hipotensi, timun dapat membantu mencukupi kebutuhan air sehingga dapat membantu mengontrol tekanan darah kamu.

 

4 dari 6 halaman

Tomat dan Telur

Tomat

Tomat juga merupakan salah satu makanan penambah tekanan darah rendah pada ibu hamil yang tidak kalah baik untuk kesehatan. Dengan kandungan begitu banyak air, yaitu sebesar 94%, tomat dapat menjaga tubuh kamu tetap terhidrasi dan membantu mengontrol tekanan darah.

Telur

Selain buah dan sayur, ternyata telur juga sangat baik untuk penderita darah rendah. Makanan yang tinggi vitamin B12 seperti telur sangat disarankan untuk penderita tekanan darah rendah. Hal ini karena, kekurangan vitamin B12 sering kali memicu anemia, yang merupakan salah satu penyebab umum tekanan darah rendah.

5 dari 6 halaman

Buah Bit dan Wortel

Buah Bit

Makanan penambah tekanan darah rendah pada ibu hamil berikutnya adalah buah bit. Buah yang berwarna merah ini ternyata mempunyai banyak khasiat. Buah bit dapat digunakan sebagai penambah darah, selain itu buah bit juga dapat membantu dalam mengontrol tekanan darah.

Dalam 100 gram buah bit mengandung natrium sebesar 36 mg dan kalium sebesar 330 mg. Kamu bisa mendapatkan manfaat buah bit dengan cara membuatnya menjadi jus atau menambahkan buah bit dalam masakan.

Wortel

Wortel yang biasa dibuat sebagai salah satu bahan pada sup ternyata juga merupakan makanan untuk enambah tekanan darah rendah pada ibu hamil. Kandungan natrium yang cukup tinggi dalam wortel dapat membuat rasa masakan menjadi lebih lezat.

Wortel mengandung 70 mg natrium per 100 gram. Selain itu, wortel juga mengandung air sebesar 87%, karena inilah wortel juga baik untuk penderita darah rendah.

6 dari 6 halaman

Seledri, Buah Olahan, dan Makanan Asin

Seledri

Makanan penambah tekanan darah rendah pada ibu hamil selanjutnya adalah seledri. Seledri biasanya ditambahkan dalam setiap masakan, untuk mempercantik tampilan masakan atau juga sebagai penambah rasa.

Seledri memang bisa dipakai untuk memperkuat rasa masakan, karena mengandung natrium tinggi. Daun seledri mengandung 96 mg natrium per 100 gram, sedangkan batang seledri mengandung 75 mg natrium per 100 gram. Selain itu, seledri juga mengandung air sebesar 95% dan juga mengandung folat, vitamin A, vitamin C, dan vitamin K.

Buah Olahan

Buah-buahan yang diolah mempunyai kadar natrium yang cukup tinggi. Sehingga, kamu bisa mengonsumsi buah yang diolah untuk membantu meningkatkan tekanan darah. Beberapa contoh buah-buahan yang diolah adalah buah dalam kaleng, buah kering (seperti kismis), buah yang dibuat keripik, dan lain-lain.

Makanan Asin

Makanan yang asin, seperti makanan kalengan, ikan asin, dan hidangan yang ditambahkan garam. Jumlah asupan garam yang disarankan untuk orang dengan darah rendah adalah 4,5 hingga 5 gram per hari. Makanan penambah tekanan darah rendah pada ibu hamil ini bisa kamu konsumsi secara teratur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.