Sukses

7 Penyebab Kuku Kuning dan Cara Mengatasinya yang Tepat

Penyebab kuku kuning bisa jadi merupakan tanda adanya penyakit tertentu.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab kuku kuning bisa beragam, mulai dari masalah yang ringan hingga kondisi yang cukup serius. Warna kuning pada kuku bisa disebabkan oleh penggunaan cat kuku atau kuteks, hingga adanya masalah kesehatan pada tubuh.

Normalnya, kuku yang sehat memiliki warna bening dan putih. Setiap perubahan pada kuku seperti perubahan warna, penebalan, atau kerusakan harus dievaluasi oleh dokter kulit. Semakin cepat kamu menemukan penyebab perubahan warna pada kuku, semakin cepat pula kamu bisa mengobatinya.

Penyebab kuku kuning bisa jadi merupakan tanda adanya penyakit tertentu. Oleh karena itu, kamu perlu memeriksakan diri ke dokter jika mengalami kondisi ini, terutama jika diikuti dengan gejala lainnya. Selain itu, memiliki kuku kuning tentunya dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (28/8/2020) tentang penyebab kuku kuning.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penyebab Kuku Kuning

Penggunaan Kuteks

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penyebab kuku kuning bisa disebabkan oleh penggunaan cat kuku atau kuteks. Mengenakan pewarna kuku atau kuteks secara teratur, terutama yang berwarna gelap dapat menodai kuku dan menyebabkan perubahan warna.

Hal ini terjadi karena pewarna dalam kuteks akan berinteraksi dengan kuku dan menyebabkan perubahan warna kuning atau bahkan kerapuhan. Jadi hindari penggunaan cat kuku terlalu sering. Selain itu, pembersih kuteks yang mengandung aseton juga dapat memperburuk warna kekuningan pada kuku.

Infeksi Jamur

Penyebab kuku kuning selanjutnya adalah infeksi jamur. Saat jamur menyerang, biasanya terjadi penebalan pada kuku. Namun, tidak hanya itu, jamur juga bisa menimbulkan perubahan warna pada kuku, yaitu membuat kuku menjadi berwarna kuning. Bahkan, penebalan pada kuku bisa membuat kuku lepas.

Hal ini terjadi karena kurang terjaganya kebersihan kuku. Jadi, agar kuku tidak menguning, jagalah kebersihan kuku secara teratur, dan pastikan alat-alat yang digunakan untuk menggunting kuku atau mempercantik kuku selalu dalam keadaan bersih.

Kurang Asupan Vitamin dan Mineral

Kekurangan vitamin dan mineral dapat memengaruhi pertumbuhan kuku, dan dalam beberapa kasus bisa menyebabkan perubahan warna kuning. Penyabab kuku kuning ini bahkan juga dapat membuat kuku menjadi terlihat kering, rapuh, dan memiliki bentuk yang tidak beraturan.

3 dari 5 halaman

Penyebab Kuku Kuning

Kuku Terlalu Panjang

Penyebab kuku kuning selanjutnya adalah karena terlalu panjang dan tidak pernah dipotong. Ketika kuku terpisah dari dasarnya, kondisi ini disebut sebagai onikolisis, yaitu sebuah ruang yang berkembang di bawah kuku yang dapat menyebabkan warna kuku menjadi kuning atau buram. Cara mengatasinya dengan memotong bagian kuku yang sudah memanjang. Tersebut Hal ini karena kuku yang tidak menempel pada kulit jari memungkinkan mikroorganisme tumbuh.

Merokok

Penyebab kuku kuning selanjutnya adalah karena merokok. Menurut American Academy of Dermatology, kuku dan jari yang menguning adalah tanda bahwa kamu adalah perokok atau terbiasa merokok. Kondisi ini disebabkan oleh paparan dari asap tembakau.

Penyakit Kuning

Penyebab kuku kuning selanjutnya adalah penyakit kuning. Jika kuku berwarna kuning disebabkan karena adanya penyakit kuning, maka kamu perlu segera memeriksakannya ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Biasanya, penyakit kuning akan diikuti dengan gejala-gejala lainnya, seperti kulit dan selaput mata berubah menjadi kuning, feses memiliki warna yang pucat, serta urine memiliki warna kuning gelap. Pengobatan penyakit kuning sendiri akan didasarkan pada penyebabnya.

Penyakit Tertentu

Beberapa penyakit tertentu juga dapat menjadi penyebab kuku kuning. Seiring dengan menguningnya kuku, kamu juga mungkin mengalami masalah lain seperti gangguan pernapasan, sinusitis kronis, dan kaki bengkak. Penyakit tiroid juga dapat menyebabkan masalah kuku seperti menguning, menebal, dan hancurnya tepi kuku. Begitupun dengan diabetes.

Selain itu, penyebab kuku kuning juga bisa menjadi pertanda dari sindrom kuku kuning, yaitu suatu sindrom yang ditandai dengan 3 gejala, yaitu kuku kuning, ganguan pernapasan, dan limfadema.

4 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Kuku Kuning

Cara mengatasi kuku kuning tentunya harus disesuaikan dengan penyebab kuku kuning yang terjadi padamu. Namun, jika berbagai cara ini masih belum dapat mengatasi kuku kuning, maka kamu harus memeriksakan diri ke dokter. Berikut beberapa cara mengatasi kuku kuning yang bisa diterapkan:

Pastikan Kuku Tetap Kering

Seperti telah dikatakan sebelumnya, kuku yang basah dan tak dikeringkan dengan benar bisa menjadi tempat tinggal berbagai bakteri penyebab jamur. Sebaiknya gunakan sarung tangan karet ketika mencuci piring atau baju agar terhindar dari bahan kimia yang bisa merusak kuku.

Gunakan Soda Kue

Masih berkaitan dengan penyebab kuku kuning karena infeksi jamur, kamu juga bisa mengatasinya dengan soda kue. Soda kue memiliki sifat basa, sehingga dapat menghentikan pertumbuhan jamur dan akhirnya membuat kuku berwarna lebih cerah.

Caranya dengan merendam kaki yang memiliki keluhan kuku kuning di dalam air hangat yang telah dicampur dengan soda kue. Lalu lakukan beberapa kali hingga masalah kuku kuning mereda.

Potong Kuku Secara Teratur

Memotong kuku secara rutin juga bisa membuat kuku tampak lebih sehat dan bersih. Hindari mengelupas dan memotong bagian kutikula karena bagian tersebut berfungsi sebagai pelindung kuku. Jika kamu memotong bagian yang satu ini, maka kemungkinan terjadinya infeksi pun akan makin tinggi.

Tea Tree Oil

Selain dengan soda kue, kuku kuning yang disebabkan oleh infeksi jamur atau bakteri juga dapat diatasi dengan tree tea oil. Tinggal mencampurkan satu atau dua tetes minyak pohon teh dengan minyak kelapa atau minyak zaitun, lalu oleskan ke kuku yang menguning.

5 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Kuku Kuning

Hindari Kebiasaan Menggigit Kuku

Kebiasaan menggigit kuku juga bisa menyebabkan kerusakan pada kuku dan juga gigi. Tak hanya itu menggigit kuku juga berpotensi menyebabkan masuknya kuman berbahaya yang dapat menginfeksi tubuh kamu.

Mengonsumsi Makanan Bernutrisi

Zat besi, seng, vitamin C, dan biotin telah terbukti secara klinis dapat menjaga kesehatan dan kekuatan kuku. Kamu bisa menemukan kombinasi zat gizi tersebut pada telur, ikan (terutama ikan salmon), daging, biji-bijian, kacang-kacangan, dan ubi jalar.

Gunakan Hidrogen Peroksida

Cara mengatasi kuku kuning karena penggunaan cat kuku berlebihan bisa menggunakan hydrogen peroksida. Bahan ini dapat menghilangkan noda dari cat kuku yang terserap ke dalam kuku. Caranya mudah, masukkan hidrogen peroksida ke dalam air hangat dan rendam kuku. Kamu juga bisa menambahkan sedikit soda kue ke dalam air tersebut untuk hasil yang lebih baik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini