Sukses

Fasilitas RS Gigi dan Mulut Ladokgi TNI-AL Makin Komplit

Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Lembaga Kedokteran Gigi (Ladokgi) TNI Angkatan Laut R.E. Martadinata hari ini resmi beroperasi.

Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Lembaga Kedokteran Gigi (Ladokgi) TNI Angkatan Laut R.E. Martadinata hari ini resmi beroperasi. Apa saja fasilitas yang diandalkan di tempat ini?

Kepala Ladokgi TNI-AL R.E. Martadinata, drg. Bambang Haryoto, Sp. Ort Laksmana Pertama TNI mengatakan bahwa tak ada perbedaan yang mencolok antara fasilitas lama dan baru. Ladokgi tetap menjadi lembaga pendidikan, pelatihan, penelitian, serta pengembangan. Pun dengan lima departemen yang ada, masih tetap ada.

"Departemennya itu kan departemen klinik, penunjang klinik, kedokteran gigi militer, likbang, dan salah satu departemen klinik berubah nama menjadi rumah sakit gigi dan mulut. Nanti ke depannya, kepala departemen tersebut, menjadi kepala rumah sakit," kata Bambang Haryoto saat konferensi Peresmian RSGM Ladokgi TNI-AL R.E. Martadinata di Jalan Farmasi Nomor 1, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, Rabu (12/2/2014)

Selain itu, lanjut Bambang, selain sebagai sarana pelayanan umum, RSGM akan menjadi lembaga pendidikan. Di mana nantinya, akan ada Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) untuk strata 1. "Itu masih dalam tahap merintis, dan rencananya," kata dia lagi menambahkan.

Pelayanan di RSGM Ladokgi TNI-AL R. E Martadanata

Menurut drg. Bambang Haryoto, fasilitas dan pelayanan yang ada di rumah sakit itu telah mengalami peningkatan demi pelayanan kesehatan yang maksimal bagi personel TNI/TNI Angkatan Laut beserta keluarganya maupun masyarakat umum yang membutuhkan pelayanan kesehatan rumah sakit.

Ragam fasilitas yang disediakan antara lain:

Konservasi gigi

Memberikan pelayanan terhadap pasien yang mengalami kerusakan gigi akibat karies atau lainnya agar gigi tetap berfungsi dengan baik.

Periodonti

Unit pelayanan perawatan dan keindahan gigi agar dapat bertahan dengan baik di dalam mulut karena didukung oleh jaringan penyangganya yang sehat.

Bedah mulut dan maksilofasial

Unit pelayanan ini lingkup tugasnya mengerjakan tindakan bedah terhadap penyakit atau kelainan yang terjadi di daerah rongga mulut dan sekitarnya

Ortodonti

Unit pelayanan ortodonti memberikan pelayanan terhadap pasien yang mengalami kelainan oklusi, memperbaiki fungsi, dan estetika.

Prostodonti dan Maksilofasial Protesa

Unit pelayanan ini lingkup tugasnya mengerjakan tindakan bedah terhadap penyakit atau kelainan yang terjadi di daerah rongga mulut dan sekitarnya.

Kesehatan gigi anak

Unit pelayanan kedokteran gigi anak memberikan perawatan secara komprehensif terhadap pasien usia anak-anak dan pasien anak-anak berkebutuhan khusus.

Laboratorium teknik gigi

Melayani pembuatan gigi tiruan dari bahan akrilik, crown and bridge, metal frame denture, dan plastis denture dengan peralatan canggih didukung ahli yang berpengalaman.

"Penambahan fasilitas pelayanan seperti intalasi gawat darurat, ruang kamar operasi, ruang kamar perawatan, dan ruang sentral sterilisasi diharapkan dapat memberi kontribusi yang maksimal bagi peningkatan pelayanan kesehatan yang lebih berkualitas, khususnya pada kesehatan gigi dan mulut," kata dia menjelaskan.



















(Adt/Abd)

Baca juga:

Ladokgi Resmi Berubah Jadi RS Gigi & Mulut RE Martadinata

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.