Sukses

Google Ciptakan Lensa Kontak yang Bisa Kontrol Gula Darah

Google kini menciptakan lensa kontak yang dapat memonitor gula darah dalam tubuh

Setelah sukses menciptakan kacamata canggih (google glass), Google kini menciptakan lensa kontak yang dapat memonitor gula darah dalam tubuh dengan sensor kecil didalamnya. Hal ini membuat penderita diabetes tak perlu lagi repot mengganti jarum dan melakukan prosedur menyakitkan.

Seperti dikutip laman Mirror, Minggu (19/1/2014) cara kerja lensa kontak yang pintar ini untuk mengetahui gula darah adalah dengan membaca air mata di permukaan mata setiap detik.

Menurut penciptanya, Brian Otis lensa kontak ini dikembangkan dari penggunaan tes gula darah yang mengharuskan seseorang ditusuk jarinya. "Orang-orang masih harus menusuk jarinya. Padahal ini mengganggu dan menyakitkan. Akibatnya, banyak yang malas cek gula darah."

Dengan antena yang lebih tipis dari rambut, lensa kontak ini juga bisa mengirim hasil analisisnya melalui wireless yang disambungkan ke smartphone atau perangkat yang terhubung lainnya.

Sementara itu, ahli diabetes dari Inggris, Simon O'Neill menyatakan kegembiraannya terhadap investasi kesehatan dalam teknologi yang mungkin dapat mengurangi potensi penderita diabetes.

(Fit/Igw)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini